Strategi Campaign Melalui Seni Campursari œSiswo Laras Budoyo sebagai Upaya Mengembangkan Kepedulian Masyarakat bagi Pendidikan Khusus di Kabupaten Bojonegoro

Authors

  • Sutras Sutras SLB Negeri Kalirejo. Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.26740/inklusi.v3n1.p11-19

Keywords:

Kompetensi Manajerial, Strategi Campaign, Seni Campursari Managerial Competence, Campaign Strategy, Art of Campursari

Abstract

Abstract

Public awareness of the importance of education must continue to be increased including education care for Children with Special Needs. The negative public perception of the ability of Children with Special Needs must also be changed to a positive perception so that children with special needs have the opportunity to improve their competence.The purpose of research "Campaign Strategy through the Art of Campursari" Siswo Laras Budoyo "As an Effort to Develop Community Awareness for Special Education in Bojonegoro District" 1) increase public awareness of the importance of schools for special needs students, 2) increase public confidence in the quality of Kalirejo State SLB. Activities will be carried out from October 2018 to January 2019 in four districts namely Ngraho, Margomulyo, Tambakrejo, and Ngambon.

 

The results of this activity are 1) Increased public awareness of the importance of schools for children with special needs, previously 12 respondents increased to 36 respondents so there was an increase doubled and recorded 13 registrants of new student candidates for the 2019/2020 school year, 2) Increased public confidence in the quality of Kalirejo SLBN, previously 12 respondents increased to 30 respondents so there was an increase of about 1.5 times.






Abstrak

Kepedulian masyarakat terhadap pentingnya pendidikan harus terus ditingkatkan termasuk kepedulian pendidikan bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Persepsi negative masyarakat terhadap kemampuan Anak Berkebutuhan Khusus juga harus dirubah menjadi persepsi yang positif sehingga anak berkebutuhan khusus mempunyai kesempatan untuk meningkatkan kompetensi dirinya.

Tujuan  penelitianœStrategi Campaign Melalui Seni Campursari œSiswo Laras Budoyo Sebagai Upaya Mengembangkan Kepedulian Masyarakat Bagi Pendidikan Khusus di kabupaten Bojonegoro untuk, 1) meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya sekolah bagi ABK, 2) meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kualitas SLB Negeri Kalirejo. Kegiatan dilakukan mulai bulan Oktober tahun 2018 sampai Januari 2019 di empat kecamatan yaitu Ngraho, Margomulyo, Tambakrejo, dan Ngambon.

Hasil dari kegiatan ini adalah 1) Peningkatan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya sekolah bagi anak berkebutuhan khusus, sebelumnya 12 responden meningkat menjadi 36 responden sehingga ada peningkatan dua kali lipat dan tercatat 13 pendaftar calon peserta didik baru tahun pelajaran 2019/2020, 2) Peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap kualitas SLBN Kalirejo, sebelumnya 12 responden meningkat menjadi 30 responden sehingga ada peningkatan sekitar 1,5 kali lipat.


 

Author Biography

Sutras Sutras, SLB Negeri Kalirejo. Bojonegoro

Kepala SLB Negeri Kalirejo. Bojonegoro

References

<p>Anonim. (2011)  <em>Kepimpinan Pembelajaran</em>,  Bahan ajar diklat calon kepala sekolah LPMP Provinsi Jawa Timur.</p><p>Anonim. (2011) <em>Kewirausahaan</em>,  Bahan ajar diklat kepala sekolah LPMP Provinsi Jawa Timur.   </p><p>Ardiansyah, M.A. (2011), <em>Kepemimpinan Transformasional</em><em></em></p><p>Arief Rahman. (2015) <em>Guru</em>, Penerbit Erlangga, Jakarta.</p><p>Chairul Anwar, M.Pd.(2017), <em>Teori-teori Pendidikan Klasik Hingga Kontemporer</em>, IRCiSoD, Yogjakarta.</p><p>Erwin Widiasworo. (2017), <em>Strategi &amp; Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas</em>, Ar-ruzz Media, Yogyakarta.</p><p>Hudi Winarso (dekan Fakultas Kedokteran Universitas Ciputra Surabaya) Jawa Post 11 Januari 2018)</p><p>Khoiri,  dkk.(2012) . <em>Laporan diklat calon kepala sekolah Kabupaten Bojonegoro.</em><em></em></p><p>Moh. Sholeh Hamid, S.Pd. (2011), <em>Metode Edutainment</em>, Diva Press, Yogjakarta.</p><p>Mohammad Asrori, M.Pd. (2008), <em>Psikologi Pembelajaran</em>, CV. Wacana Prima, Bandung.</p><p>Permendiknas No. 13 tahun 2017 tentang <em>Standar Kepala Sekolah/Madrasah</em></p><p>Permendibud No. 6 Tahun 2018 tentang <em>Penugasan guru sebagai Kepala Sekolah</em></p><p>Permendibud No. 15 Tahun 2018 tentang <em>Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah.</em></p><p>Soetjiningsih (1995), <em>Tumbuh Kembang Anak</em>, Penerbit Buku Kedokteran, Jakarta.<em></em></p><p>Sutjihati Somantri (2006), <em>Psikologi Anak Luar Biasa</em>, PT. Refika Aditama. Bandung.</p><p>Sugiyono (2008), <em>Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R &amp; D</em>, Alfabeta, Bandung.</p><p>Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang <em>Sistem Pendidikan Nasional</em>.</p><p>Yustiono, E. (2011) <em>Kepemimpinan Transformasional</em>.<a href="http://www.stialanbandung.ac.id">http://www.stialanbandung.ac.id</a>. Online, tanggal 28 Juni 2016</p><p><a href="http://kabar-pendidikan.blogspot.com">http://kabar-pendidikan.blogspot.com</a>. Online,tanggal 28 Juni 2016.</p><p><a href="http://www.bojonegorokab.go.id/demografi">http://www.bojonegorokab.go.id/demografi</a> diunduh tanggal 28 Desember 2017</p><p><a href="https://nasional.tempo.co/">https://nasional.tempo.co/</a><strong> </strong>Diunduh jumat 29 Desember 2017</p><p><a href="http://rahmanuchiil.blogspot.com/2017/01/pengertian-musik-campur-sari.html">http://rahmanuchiil.blogspot.com/2017/01/pengertian-musik-campur-sari.html</a> diunduh Jumat 21 Pebruari 2019 pukul 09.00 WIB</p><p><a href="https://id.wikipedia.org/wiki/Kampanye">https://id.wikipedia.org/wiki/Campaign</a> diunduh Senin, 4 Maret 2019 pukul 06.00 WIB</p><p><a href="http://www.kemdikbud.goid">www.kemdikbud.go.id</a><span style="text-decoration: underline;">. Diunduh 4 Januari 2018</span>)</p>

Downloads

Published

2019-10-25

How to Cite

Sutras, S. (2019). Strategi Campaign Melalui Seni Campursari œSiswo Laras Budoyo sebagai Upaya Mengembangkan Kepedulian Masyarakat bagi Pendidikan Khusus di Kabupaten Bojonegoro. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 3(1), 11–19. https://doi.org/10.26740/inklusi.v3n1.p11-19

Issue

Section

Articles
Abstract views: 386 , PDF Downloads: 287