Efektivitas Multimedia Interaktif Berbasis Saintifik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SD Inklusif
DOI:
https://doi.org/10.26740/inklusi.v3n1.p53-59Keywords:
multimedia interaktif, saintifik, inklusif & interactive multimedia, scientific, inclusiveAbstract
Abstract
This study aims to examine the effectiveness of scientific-based interactive multimedia in improving student learning achievement in inclusive elementary schools. This study uses a quantitative approach with a quasi-experimental method with the subject of grade II students of SD Muhammadiyah Ambarketawang 2 Yogyakarta. Data collection techniques used in this study were questionnaires, interviews, and observations. Analysis of the data used is the t test with a significance level of 0.05. The results showed that (1) there were differences in student achievement between those who use and do not use scientific-based interactive multimedia in learning. (2) Scientific based interactive multimedia is effective in improving student learning achievement. This is shown from the results of field trials obtained t-score of 0.009 with Sig. 0.05. It shows that there is a significant increase in student achievement between before and after learning using scientific-based interactive multimedia. The difference in learning achievement by using scientific-based interactive multimedia, can be used as information and material considerations about the use of media in accordance with student characteristics so that students are expected to learn more easily and can improve student learning achievement.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas multimedia interaktif berbasis saintifik dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di sekolah dasar inklusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan subjek siswa kelas II SD Muhammadiyah Ambarketawang 2 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket, wawancara, dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji t dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan prestasi belajar siswa antara yang menggunakan dan tidak menggunakan multimedia interaktif berbasis saintifik dalam pembelajaran. (2) Multimedia interaktif berbasis saintifik efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukan dari hasil uji coba lapangan yang diperoleh skor uji-t 0,009 dengan Sig. 0,05. Hal itu menunjukkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar siswa yang signifikan antara sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan multimedia interaktif berbasis saintifik. Adanya perbedaan prestasi belajar dengan menggunakan multimedia interaktif berbasis saintifik, dapat dijadikan informasi dan bahan pertimbangan tentang pemanfaatan media yang sesuai dengan karakteristik siswa sehingga diharapkan siswa lebih mudah dalam belajar dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
References
Arum, W., S., A. 2005. Perspektif Pendidikan Luar Biasa dan Implikasinya Bagi Penyiapan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Direktorat Dikti.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
BPSDMPK. 2013. Panduan Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Dirjen Dikdasmen. (2003). Surat Edaran Dirjen Dikdasmen No.380/C.C6/MN/2003, tentang Pendidikan Inklusif.
Komalasari, M. D., & Pamungkas, B. 2019. Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian dan Pembagian Menggunakan Multimedia Interaktif Berbasis Multisensoris Pada Siswa Berkesulitan Belajar. Elementary School (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an, 6 (1).
Sukadari & Komalasari, M.D. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Nilai Karakter UPY œKarakterku untuk Meningkatkan Karakter Mahasiswa UPY. G-COUNS. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2 (1).
Susanti, L. 2016. Implementasi Kurikulum 2013 Pada Anak Tunagrahita di SLB AC. Jurnal Pendidikan Khusus, 8(2).
Zakiyah, Z. 2015. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Pada Anak Tunanetra Kelas I. Jurnal Pendidikan Khusus, 7(3).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

