Dukungan Orangtua Terhadap Prestasi Anak Tunanetra Di Sekolah Inklusi
DOI:
https://doi.org/10.26740/inklusi.v3n1.p40-47Keywords:
Parental Support, Achievement Children with Visually Impairment, Inclusive School, Dukungan Orangtua, Prestasi Anak Tunanetra, Sekolah InklusiAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan hal hal yang membuat siswa tunanetra dapat berprestasi di sekolah inklusi adalah karena adanya dukungan orang tua sejak tahap awal pendidikannya, itu tidak hanya prestasi akademik tetapi juga prestasi non akademik. Bahkan orang tuanya masih tidak menyangka dengan semua prestasinya yang telah diraih anaknya. Empat pertanyaan penelitian terkait dengan aspek dukungan spiritual yang diajukan terkait dengan penelitian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, subjek penelitian ini adalah orang tua siswa tunanetra dan informasi tambahan berasal dari siswa tunanetra itu sendiri, untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah dukungan orang tua sangat berpengaruh terhadap prestasinya di sekolah inklusi sejak jenjang pendidikan di taman kanak-kanak.
References
Castro, M., Epósito-Casas, E., López-MartÃn, E., Lizasoain, L., Navarro-Asencio, E., & Gaviria, J. L. (2015). Parental involvement on student academic achievement: A meta-analysis. Educational research review, 14, 33-46.
De Verdier, K., & Ek, U. (2014). A longitudinal study of reading development, academic achievement, and support in Swedish inclusive education for students with blindness or severe visual impairment. Journal of Visual Impairment & Blindness, 108(6), 461-472.
Hidayati, Nurul (2011). œDukungan Sosial Bagi Keluarga Anak Berkebutuhan KhususJurnal perkembangan. Vol 13. No. 01. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Gresik
Irdamurni, R. (2015). Pendidikan Inklusif (Sebagai Solusi dalam Mendidik Anak Istimewa). Bekasi: Paeda.
Iswari, M. (2008). Pengembangan kemandirian anak berkebutuhan khusus.
McDonnall, M. C., Cavenaugh, B. S., & Giesen, J. M. (2012). The relationship between parental involvement and mathematics achievement for students with visual impairments. The Journal of Special Education, 45(4), 204-215.
Mulyadi, S., Rahardjo, W., & Basuki, A. H. (2016). The role of parent-child relationship, self-esteem, academic self-efficacy to academic stress. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 217, 603-608
Rahmi, A. (2017). Hubungan dukungan sosial dengan penerimaan ibu bekerja yang memiliki anak berkebutuhan Khusus. Jurnal Riset Psikologi, 2016(1).
Setiarani, S., & Suchyadi, Y. (2018). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Tuna Netra Berprestasi Usia Sekolah Dasar. JPPGuseda| Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 1(01), 15-18.
Shella, S., & Dariyo, A. (2018). Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Keterlibatan Orangtua Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar. Journal Psikogenesis, 4(1), 1-11.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.