Dukungan Orangtua Terhadap Prestasi Anak Tunanetra Di Sekolah Inklusi

Authors

  • Bunga Shashilya Tanjung Universitas Negeri Padang
  • Mega Iswari Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.26740/inklusi.v3n1.p40-47

Keywords:

Parental Support, Achievement Children with Visually Impairment, Inclusive School, Dukungan Orangtua, Prestasi Anak Tunanetra, Sekolah Inklusi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan hal hal yang membuat siswa tunanetra dapat  berprestasi di sekolah inklusi adalah karena adanya dukungan orang tua sejak tahap awal pendidikannya, itu tidak hanya prestasi akademik tetapi juga prestasi non akademik. Bahkan orang tuanya masih tidak menyangka dengan semua prestasinya yang telah diraih anaknya. Empat pertanyaan penelitian terkait dengan aspek dukungan spiritual yang diajukan terkait dengan penelitian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, subjek penelitian ini adalah orang tua siswa tunanetra dan informasi tambahan berasal dari siswa tunanetra itu sendiri, untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah dukungan orang tua sangat berpengaruh terhadap prestasinya di sekolah inklusi sejak jenjang pendidikan di taman kanak-kanak.

Author Biographies

Bunga Shashilya Tanjung, Universitas Negeri Padang

Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan

Mega Iswari, Universitas Negeri Padang

Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan

References

Astuti, P. (2018). œDukungan Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Tunagrahita Sedang Di Sekolah Dasar Slb C Ruhui Rahayu Samarinda.

Castro, M., Epósito-Casas, E., López-Martín, E., Lizasoain, L., Navarro-Asencio, E., & Gaviria, J. L. (2015). Parental involvement on student academic achievement: A meta-analysis. Educational research review, 14, 33-46.

De Verdier, K., & Ek, U. (2014). A longitudinal study of reading development, academic achievement, and support in Swedish inclusive education for students with blindness or severe visual impairment. Journal of Visual Impairment & Blindness, 108(6), 461-472.

Hidayati, Nurul (2011). œDukungan Sosial Bagi Keluarga Anak Berkebutuhan KhususJurnal perkembangan. Vol 13. No. 01. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Gresik
Irdamurni, R. (2015). Pendidikan Inklusif (Sebagai Solusi dalam Mendidik Anak Istimewa). Bekasi: Paeda.

Iswari, M. (2008). Pengembangan kemandirian anak berkebutuhan khusus.

McDonnall, M. C., Cavenaugh, B. S., & Giesen, J. M. (2012). The relationship between parental involvement and mathematics achievement for students with visual impairments. The Journal of Special Education, 45(4), 204-215.

Mulyadi, S., Rahardjo, W., & Basuki, A. H. (2016). The role of parent-child relationship, self-esteem, academic self-efficacy to academic stress. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 217, 603-608

Rahmi, A. (2017). Hubungan dukungan sosial dengan penerimaan ibu bekerja yang memiliki anak berkebutuhan Khusus. Jurnal Riset Psikologi, 2016(1).

Setiarani, S., & Suchyadi, Y. (2018). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Tuna Netra Berprestasi Usia Sekolah Dasar. JPPGuseda| Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 1(01), 15-18.

Shella, S., & Dariyo, A. (2018). Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Keterlibatan Orangtua Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar. Journal Psikogenesis, 4(1), 1-11.

Downloads

Published

2019-10-25

How to Cite

Tanjung, B. S., & Iswari, M. (2019). Dukungan Orangtua Terhadap Prestasi Anak Tunanetra Di Sekolah Inklusi. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 3(1), 40–47. https://doi.org/10.26740/inklusi.v3n1.p40-47

Issue

Section

Articles
Abstract views: 2687 , PDF Downloads: 3209