RETRACTED: MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBASIS MEDIA PASIR BERWARNA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP ANGKA 1-10
DOI:
https://doi.org/10.26740/inklusi.v1n2.p129-145Keywords:
Direct learning, number concept, autism children.Abstract
Menyusul penilaian yang ketat dan hati-hati, telah dipertimbangkan penarikan dari artikel yang diterbitkan dalam JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi) yang berjudul "Model Pembelajaran Langsung Berbasis Media Pasir Berwarna Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Angka 1-10" Volume 1, Nomor 2, hlm. 129-145, Oktober 2018, DOI: 10.26740/inklusi.v1n2.p105-116. Artikel ini telah ditemukan melanggar peraturan JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi) dan telah ditarik kembali, artikel tersebut ditemukan melakukan publikasi ganda, Tim Redaksi menyelidiki dan menemukan bahwa makalah sudah diterbitkan dalam Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya: Jurnal Pendidikan Khusus Volume 9, dokumen dan isinya telah dihapus dari JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), dan harus dilakukan upaya untuk menghapus semua referensi ke artikel ini.
References
American Psychiatric Association. 2013. Diagnostic and Statistical Manual For Mental Disorder 5th ed DSM V. Arlington: American Psychiatric Publishing
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raya Grafindo Persada
Azwandi, Yosfan. 2008. Mengenal dan Menmbantu Penyandang Autis. Jakarta: Rineka Cipta
Budianto dan Handarini. 2011. Modul: Peningkatan Kompetensi Guru Siswa Autism Spectrum Disorders Dengan Pendekatan Positive Partnerships. Surabaya: Pemerintah Provinsi Jawa Timur
Copley, Juanita. 2001. The Young Child And Mathematics. National Association For The Education Of Young Children
Dananjaya, Utomo. 2012. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa
Danuatmaja, Bonny. 2005. Terapi Anak Autis Di Rumah. Jakarta: Puspa Swara
Delphie, Bandi. 2009. Matematika Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Klaten: PT. Intan Sejati
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2013, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
Departemen Pendidikan Nasional, Pusat Bahasa. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas
Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pembelajaran Fisik/Motorik Di TK. Jakarta: Direktorat Pembinaan TK
Djamarah. 2008. Hakikat Belajar. Bandung: Pustaka Setia
Faizah, Nur. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Terhadap Keterampilan Mengenal Warna Dasar Siswa Autis Di SLB Al-Falah Sembayat Gresik. Tersedia Pada: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/13749 (diakses tanggal 3 Oktober 2016)
Handojo. 2006. Autisma: Petunjuk Praktis dan Pedoman Materi Untuk Mengajar Anak Normal, Autis dan Perilaku lain. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer
Hariwijaya. 2009. PAUD Melejitkan Potensi Anak Dengan Pendidikan Sejak Dini. Yogyakarta: Mahadika Publicity
Jihad, Asep Dan Abdul Haris. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo
Kardi, Soeparman Dan Nur, 2000. Pengajaran Langsung. Surabaya: UNESA University Press
Kurikulum Pendidikan Luar Biasa. 2006. Standart Kompetensi Dan Kompetensi Dasar SDLB-C. Jakarta. Depdikbud
Lakshita, Nattaya. 2012. Panduan Simple Mendidik Anak Autis. Jogyakarta: Javalitera
Olivia, Femi. 2008. Gembira Belajar Dengan Mind Maping. Jakarta: Elex Media Koputindo
Parent Guide. 2010. Serunya Bermain Pasir!, (Online), (http://www.parents.co.id /dsp_content.php?kat=6&pg=atg&&emonth=08&eyear=2010, diakses tanggal 28 Februari 2016)
Peeters, Theo. 2004. Autisme. Jakarta: Dian Rakyat
Safaria, Triantoro. 2005. Autisme : Pemahan Baru Untuk Hidup Bermakna Bagi Orang Tua. Yogyakarta: Graha Ilmu
Saleh, Samsubar. 1996. Statistik Non Parametrik, Edisi Ke-2. Yogyakarta: BPPE
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sudono, Anggani. 2000. Sumber Belajar Dan Alat Permainan. Jakarta: Grasindo
Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta
Sujarwanto. 2005. Terapi Okupasi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Dirjen Dikti
Sunu, Christoper. 2012. Panduan Memecahkan Masalah Autism Unlocking. Yogyakarta: Lintang Terbit
Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group
Peeters, Theo. 2012. Panduan Autisme Terlengkap. Jakarta: PT. Dian Rakyat
Tajudin. 2008. Peningkatan Pemahaman Bilangan Pada Anak Melalui Alat Peraga Pesona Bilangan. Jakarta: TKI Al-Izhar Pondok Labu
Thobroni, M Dan Mustofa A. 2003. Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media
Tim Kreatif Cikal Aksara. 2011. Latihan Lengkap Matematika TK A Dan TK B. Jakarta: Cikal Aksara
Tim Penyusun. 2014. Panduan Penulisan Dan Penilaian Skripsi Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: Unesa University Press
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka
Winkel. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Virgawati, Vita. 2015. Pengaruh Pengguanaan Pasir Berwarna Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Perkembangan Kognitif (Pengenalan Sains) Anak Usia 3-4 Tahun Di PAUD Permata Bunda Kabupaten Sragen. Tersedia pada: http://lib.unnes.ac.id/22603/1/1601410019-s.pdf (diakses tanggal 26 Februari 2016)
Yatim, Faisal. 2007. Autisme Suatu Gangguan Jiwa Pada Anak-Anak. Jakarta: Pustaka Populer Obor
Yuniarti, Fitria. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Bermedia Papan Flanel Terhadap Hasil Belajar Matematika Penjumlahan Kesamping Pada Siswa Tunarungu Kelas 1 Di SDLB-B Karya Mulia I Surabaya. Tersedia Pada: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/8668 (diakses tanggal 3 Oktober 2016)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.