RETRACTED: MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBASIS MEDIA PASIR BERWARNA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP ANGKA 1-10

Authors

  • Putrie Mei Atika

DOI:

https://doi.org/10.26740/inklusi.v1n2.p129-145

Keywords:

Direct learning, number concept, autism children.

Abstract

Menyusul penilaian yang ketat dan hati-hati, telah dipertimbangkan penarikan dari artikel yang diterbitkan dalam JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi) yang berjudul "Model Pembelajaran Langsung Berbasis Media Pasir Berwarna Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Angka 1-10" Volume 1, Nomor 2, hlm. 129-145, Oktober 2018, DOI: 10.26740/inklusi.v1n2.p105-116. Artikel ini telah ditemukan melanggar peraturan JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi) dan telah ditarik kembali, artikel tersebut ditemukan melakukan publikasi ganda, Tim Redaksi menyelidiki dan menemukan bahwa makalah sudah diterbitkan dalam Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya: Jurnal Pendidikan Khusus Volume 9, dokumen dan isinya telah dihapus dari JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), dan harus dilakukan upaya untuk menghapus semua referensi ke artikel ini.

References

Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya

American Psychiatric Association. 2013. Diagnostic and Statistical Manual For Mental Disorder 5th ed DSM V. Arlington: American Psychiatric Publishing

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raya Grafindo Persada

Azwandi, Yosfan. 2008. Mengenal dan Menmbantu Penyandang Autis. Jakarta: Rineka Cipta

Budianto dan Handarini. 2011. Modul: Peningkatan Kompetensi Guru Siswa Autism Spectrum Disorders Dengan Pendekatan Positive Partnerships. Surabaya: Pemerintah Provinsi Jawa Timur

Copley, Juanita. 2001. The Young Child And Mathematics. National Association For The Education Of Young Children

Dananjaya, Utomo. 2012. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa

Danuatmaja, Bonny. 2005. Terapi Anak Autis Di Rumah. Jakarta: Puspa Swara

Delphie, Bandi. 2009. Matematika Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Klaten: PT. Intan Sejati

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2013, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Departemen Pendidikan Nasional, Pusat Bahasa. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas

Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pembelajaran Fisik/Motorik Di TK. Jakarta: Direktorat Pembinaan TK

Djamarah. 2008. Hakikat Belajar. Bandung: Pustaka Setia

Faizah, Nur. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Terhadap Keterampilan Mengenal Warna Dasar Siswa Autis Di SLB Al-Falah Sembayat Gresik. Tersedia Pada: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/13749 (diakses tanggal 3 Oktober 2016)

Handojo. 2006. Autisma: Petunjuk Praktis dan Pedoman Materi Untuk Mengajar Anak Normal, Autis dan Perilaku lain. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer

Hariwijaya. 2009. PAUD Melejitkan Potensi Anak Dengan Pendidikan Sejak Dini. Yogyakarta: Mahadika Publicity

Jihad, Asep Dan Abdul Haris. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo

Kardi, Soeparman Dan Nur, 2000. Pengajaran Langsung. Surabaya: UNESA University Press

Kurikulum Pendidikan Luar Biasa. 2006. Standart Kompetensi Dan Kompetensi Dasar SDLB-C. Jakarta. Depdikbud

Lakshita, Nattaya. 2012. Panduan Simple Mendidik Anak Autis. Jogyakarta: Javalitera

Olivia, Femi. 2008. Gembira Belajar Dengan Mind Maping. Jakarta: Elex Media Koputindo

Parent Guide. 2010. Serunya Bermain Pasir!, (Online), (http://www.parents.co.id /dsp_content.php?kat=6&pg=atg&&emonth=08&eyear=2010, diakses tanggal 28 Februari 2016)

Peeters, Theo. 2004. Autisme. Jakarta: Dian Rakyat

Safaria, Triantoro. 2005. Autisme : Pemahan Baru Untuk Hidup Bermakna Bagi Orang Tua. Yogyakarta: Graha Ilmu

Saleh, Samsubar. 1996. Statistik Non Parametrik, Edisi Ke-2. Yogyakarta: BPPE

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sudono, Anggani. 2000. Sumber Belajar Dan Alat Permainan. Jakarta: Grasindo

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta

Sujarwanto. 2005. Terapi Okupasi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Dirjen Dikti

Sunu, Christoper. 2012. Panduan Memecahkan Masalah Autism Unlocking. Yogyakarta: Lintang Terbit
Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group

Peeters, Theo. 2012. Panduan Autisme Terlengkap. Jakarta: PT. Dian Rakyat

Tajudin. 2008. Peningkatan Pemahaman Bilangan Pada Anak Melalui Alat Peraga Pesona Bilangan. Jakarta: TKI Al-Izhar Pondok Labu

Thobroni, M Dan Mustofa A. 2003. Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media
Tim Kreatif Cikal Aksara. 2011. Latihan Lengkap Matematika TK A Dan TK B. Jakarta: Cikal Aksara

Tim Penyusun. 2014. Panduan Penulisan Dan Penilaian Skripsi Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: Unesa University Press

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka

Winkel. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Virgawati, Vita. 2015. Pengaruh Pengguanaan Pasir Berwarna Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Perkembangan Kognitif (Pengenalan Sains) Anak Usia 3-4 Tahun Di PAUD Permata Bunda Kabupaten Sragen. Tersedia pada: http://lib.unnes.ac.id/22603/1/1601410019-s.pdf (diakses tanggal 26 Februari 2016)

Yatim, Faisal. 2007. Autisme Suatu Gangguan Jiwa Pada Anak-Anak. Jakarta: Pustaka Populer Obor

Yuniarti, Fitria. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Bermedia Papan Flanel Terhadap Hasil Belajar Matematika Penjumlahan Kesamping Pada Siswa Tunarungu Kelas 1 Di SDLB-B Karya Mulia I Surabaya. Tersedia Pada: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/8668 (diakses tanggal 3 Oktober 2016)

Downloads

Published

2018-04-30

How to Cite

Atika, P. M. (2018). RETRACTED: MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBASIS MEDIA PASIR BERWARNA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP ANGKA 1-10. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 1(2), 129–145. https://doi.org/10.26740/inklusi.v1n2.p129-145

Issue

Section

Articles
Abstract views: 598 , PDF Downloads: 200