Pengaruh Strategi Concrete-Representational-Abstract (CRA) Terhadap Pemahaman Konsep Bangun Datar pada Peserta Didik Tunagrahita Ringan Kelas 4 SDLB di SLB Negeri Pembina Yogyakarta

Penulis

  • Aulia Rahmi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26740/inklusi.v6n2.p100-110

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan dengan strategi Concrete Representational Abstract (CRA) dalam pembelajaran matematika tentang bangun datar; yaitu konsep dan bentuk persegi, persegi panjang dan lingkaran bagi peserta didik tunagrahita tingan. Subjek penelitian adalah 2 orang perempuan dan 1 orang laki-laki peserta didik tunagrahita ringan kelas IV-A. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Hasil penelitia menunjukkan bahwa setelah penelitian ini dilaksanakan terdapat peningkatan pemahaman dan hasil belajar peserta didik, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata tes yang diperoleh peserta didik mengalami peningkatan di setiap siklusnya. Nilai rata-rata pre-test 63, siklus pertama 83, siklus kedua 83, dan post test 87. Dengan demikian penggunakan strategi CRA dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar peserta didik kelas IV-A SLB Negeri Pembina Yogyakarta pada pelajaran matematika. Penguasaan kelas dan penerapan strategi CRA pada kegiatan belajar mengajar menjadi salah satu faktor penting keberhasilan pembelajaran.

Diterbitkan

2024-08-16

Cara Mengutip

Rahmi, A. . (2024). Pengaruh Strategi Concrete-Representational-Abstract (CRA) Terhadap Pemahaman Konsep Bangun Datar pada Peserta Didik Tunagrahita Ringan Kelas 4 SDLB di SLB Negeri Pembina Yogyakarta. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 6(2), 100–110. https://doi.org/10.26740/inklusi.v6n2.p100-110

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 110 , PDF Downloads: 154