Implementasi Pendidikan Inklusi Sebagai Wujud Pembelajaran Dalam Keberagaman Di SDN Batok Bali

Penulis

  • Nicky Nurcahyani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Syafa Nurul Sakinah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Eka Tiara Aryanti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Firman Robiansyah Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26740/inklusi.v6n2.p123-132

Abstrak

Pendidikan inklusi merupakan wujud pendidikan tanpa diskriminatif yang memberikan kesempatan kepada anak berkebutuhan khusus untuk memperoleh pendidikan yang sama dan menjadikan sekolah sebagai tempat yang nyaman bagi anak untuk mengenyam pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguraikan proses pelaksanaan pendidikan inklusi dan implikasi pendidikan inklusi dalam mewujudkan pembelajaran dalam keberagaman di sekolah. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Batok Bali yang menyelenggarakan pendidikan inklusi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pendidikan inklusi di SDN Batok Bali dilakukan seperti halnya proses pembelajaran pada umumnya, dengan menggunakan kurikulum pendidikan nasional. Hanya saja pada siswa berkebutuhan khusus diberikan kegiatan belajar tambahan setelah pulang sekolah serta adanya lembar assessment yang diberikan kepada wali murid untuk membantu guru dalam merancang program pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Hasil kusioner yang disebarkan kepada 6 responden menunjukkan 93% guru menjawab dengan tepat dan 7% guru menjawab tidak tepat. Hal tersebut menunjukkan adanya implikasi dari pendidikan inklusi dalam mewujudkan pembelajaran dalam keberagaman di SDN Batok Bali.

Kata Kunci: Keberagaman, Pembelajaran, Pendidikan Inklusi

Diterbitkan

2024-08-16

Cara Mengutip

Nurcahyani, N., Nurul Sakinah, S., Tiara Aryanti, E., & Robiansyah, F. (2024). Implementasi Pendidikan Inklusi Sebagai Wujud Pembelajaran Dalam Keberagaman Di SDN Batok Bali. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 6(2), 123–132. https://doi.org/10.26740/inklusi.v6n2.p123-132

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 282 , PDF Downloads: 169