Implementasi Pendidikan Inklusi Sebagai Wujud Pembelajaran Dalam Keberagaman Di SDN Batok Bali
DOI:
https://doi.org/10.26740/inklusi.v6n2.p123-132Abstrak
Pendidikan inklusi merupakan wujud pendidikan tanpa diskriminatif yang memberikan kesempatan kepada anak berkebutuhan khusus untuk memperoleh pendidikan yang sama dan menjadikan sekolah sebagai tempat yang nyaman bagi anak untuk mengenyam pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguraikan proses pelaksanaan pendidikan inklusi dan implikasi pendidikan inklusi dalam mewujudkan pembelajaran dalam keberagaman di sekolah. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Batok Bali yang menyelenggarakan pendidikan inklusi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pendidikan inklusi di SDN Batok Bali dilakukan seperti halnya proses pembelajaran pada umumnya, dengan menggunakan kurikulum pendidikan nasional. Hanya saja pada siswa berkebutuhan khusus diberikan kegiatan belajar tambahan setelah pulang sekolah serta adanya lembar assessment yang diberikan kepada wali murid untuk membantu guru dalam merancang program pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Hasil kusioner yang disebarkan kepada 6 responden menunjukkan 93% guru menjawab dengan tepat dan 7% guru menjawab tidak tepat. Hal tersebut menunjukkan adanya implikasi dari pendidikan inklusi dalam mewujudkan pembelajaran dalam keberagaman di SDN Batok Bali.
Kata Kunci: Keberagaman, Pembelajaran, Pendidikan Inklusi
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract views: 282
,
PDF Downloads: 169










