Pengembangan Media Modul Digital Interaktif Pembelajaran Braille Berbasis Inklusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.26740/inklusi.v5n1.p006-012Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan tahapan proses pengembangan media modul digital interaktif pembelajaran braille. Penelitian ini menghasilkan produk modul digital interaktif pembelajaran braille yang dapat digunakan dalam pembelajaran braille oleh mahasiswa baik mahasiswa normal maupun mahasiswa berkebutuhan khusus. Penelitian pengembangan ini berdasarkan dari cara pengembangan Borg and Gall (1983), dan hanya dilakukan sampai lima tahap, yakni: 1) Research and information collecting (mencari dan mengumpulkan data), 2) Planning (perencanaan), 3) Develop preliminary form of product (mengembangkan bentuk produk awal), 4) Preliminary field testing (uji coba lapangan awal), 5) Main product revision (revisi hasil uji coba lapangan awal). Metode pengumpulan data berupa skala likert digunakan dalam penelitian ini. Validasi media dilakukan oleh ahli pembelajaran braille dan satu ahli media pembelajaran. Hasil validasi dari ahli materi pembelajaran braille memperoleh skor dengan presentase sebesar 88% dan validasi dari ahli media pembelajaran memperoleh skor sebesar 90%, Hal ini menunjukkan kategori sangat valid, dan modul digital interaktif pembelajaran braille dinyatakan layak dan dapat digunakan. Hasil implementasi kepada mahasiswa dengan memberikan angket memperoleh prosentase sebesar 92%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media modul digital interaktif pembelajaran braille sangat baik digunakan.
Kata Kunci: modul digital, interaktif, braille
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.

