Sikap dan Kompetensi Guru Pada Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar

Authors

  • Yunita Putri Faculty of Psychology Universitas Islam Bandung
  • Stephani Raihana Hamdan Faculty of Psychology Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.26740/inklusi.v4n2.p138-152

Keywords:

Sikap Inklusi, Kompetensi Guru, Pendidikan Inklusi, Sekolah Dasar.

Abstract

Pemerintah Kota Bandung mengeluarkan kewajiban bagi seluruh sekolah baik negeri maupun swasta untuk dapat menjalankan program pendidikan inklusi. Adanya program pendidikan inklusi ini membuat guru-guru yang berada di Sekolah Dasar Negeri menganggap bahwa pendidikan inklusi menyulitkan karena guru harus dapat memahami kondisi anak berkebutuhan khusus sedangkan mayoritas guru yang mengajar di sekolah dasar negeri ini hanya bergelar PGSD. Namun, hal tersebut tidak terjadi di salah satu sekolah dasar negeri di Kota Bandung, yaitu Sekolah Dasar Negeri Percobaan X yang menjalankan program pendidikan inklusi dari tahun 2017. Di sekolah ini terdapat guru-guru yang memiliki sikap positif terhadap pendidikan inklusi yang diwajibkan oleh Pemerintah Kota Bandung dimana guru merasa terbantu dengan adanya program pendidikan inklusi. Guru-guru tersebut juga mau memanfaatkan media lain sebagai bahan ajar untuk siswa berkebutuhan khusus di kelasnya. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan uji korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang cukup antara sikap terhadap pendidikan inklusi dengan kompetensi pada guru.

Author Biography

Stephani Raihana Hamdan, Faculty of Psychology Universitas Islam Bandung

Lecturer of Faculty of Psychology 

Departement of Developmental and Educational Psychology 

References

Acharya, B. 2010. Questionnaire Design. Central Department of Population Studies Tribhuvan University.

Alkharusi Hussain, S. A. 2012. Educational Assessment Attitudes, Competence, Knowledge, and Practices: An Exploratory Study of Muscat Teachers in the Sultanate of Oman. Muscat; Sultan Qaboos University.

Chakravati, D. 2015. Journal of Marketing Research. American Marketing Association.

Chris Forlin, C. E. 2011. The Sentiments, Attitudes, and Concerns about Inclusive Education Revised (SACIE-R) Scale for Measuring Pre-Service Teachers' Perceptions about Inclusion. Exceptionality Education International; Hongkong, Canada, India, United States.

Damayanti T, & Hamdan, S. 2016. Deskripsi Tentang Kompetensi Conten Guru Didalam Proses Pembelajaran Inklusi Pada Guru Sd Negeri Di Kota Bandung. Bandung; Universitas Islam Bandung, Fakultas Psikologi.

de Boer, A. P. 2011. Regular Primary Schoolteachers Attitudes Towards Inclusive Education: A Review of The Literature . Departement of Special Education. University of Groningen, The Netherlands. Pedagogical Inclusive .

Elisa, S. 2013. Sikap Guru Terhadap Pendidikan Inklusi Di Tinjau Dari Faktor Pembentuk Sikap. Surabaya: Universitas Airlangga Fakultas Psikologi dan Pendidikan.

Muzdalifah, F, & Billah H. Z. 2017. Pengaruh Efikasi Guru Terhadap Sikap Guru Terhadap Pendidikan Inklusi di SD Negeri Inklusif Di Jakarta. Jakarta; Universitas Negeri Jakarta.

Firdaus, E. 2010. Pendidikan Inklusi dan Implementasi di Indonesia. Bandung; Universitas Pendidikan Indonesia.

Garnida, D. 2009. Studi Tentang Peran Dan Fungsi Sistem Dukungan Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Di Kota Bandung. Bandung; Departemen Pendidikan Nasional Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-Kanak.

Garnida, D. 2015. Pengantar Pendidikan Inklusif. Bandung PT Refika Aditama.

H, N. 2012. Psikometri (Aplikasi dalam Penyusunan Instrumen Pengukuran Perilaku). Bandung; Universitas Islam Bandung.

Ineke M Pit-et Cate, M. M.-S. 2018. Promoting Inclusive Education: The Role of Teacher Competence and Attitudes. Insights into Learning Disabilities 15 (1), 49-63.

Latifah, E. 2015. Persepsi Orang Tua Reguler Terhadap Pendidikan Inklusif Di Sdn Bulukerto 2 Batu. Malang; Universitas Muhammadiyah Malang.

Mahat, M. 2008. The Development Of A Psychometrically-Sound Instrument To Measure Teachers' Multidimensional Attitudes Toward Inclusive Education. Monash University; International Journal Of Special Education.

Maulipaksi D, L. A. 2017. Sekolah Inklusi dan Pembangunan SLB Dukung Pendidikan Inklusi. Jakarta; Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Movkebaieva Zulfija, O. I. 2013. The Professional Competence Of Teachers In Inclusive Education. Kazakhastan; Kazakh National Pedagogical University.

Norwich, E. A. 2002. Teachers Attitudes Towards Integration/Inclusion. A Review Of The Literature United Kingdom; University of Bath University of Exeter.

Nurmatari, A. 2015. Ridwan Kamil Mewajibkan Sekolah di Bandung Terima Siswa Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Detiknews https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-3053463/ridwan-kamil-wajibkan-sekolah-di-bandung-terima-siswa-berkebutuhan-khusus.

O.B Bamigboye, O. B. 2013. Nigeria University Of Agriculture. Nigeria; University Of Agriculture.

Padmasari, D. F. 2012. Analisis Kebijakan Pendidikan Inklusif Bagi Anak Hiperaktif Di Sekolah Dasar Kabupaten Magetan. Malang; Universitas Muhammadiyah Malang.

Rudiyati, S. 2011. Potret Sekolah Inklusif di Indonesia. Seminar Umum œMemilih Sekolah Yang Tepat Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Dosen Jurusan PLB FIP UNY.

Rustanti, Y. M. 2017. Analisis Kompetensi Pedagogik Pada Guru Kelas Di Sekolah Dasar Negeri Dadaprejo 1 Batu. Malang; University of Muhammadiyah Malang.

Safira, A. 2016. Pendidikan Inklusi. Jakarta: Binus University Faculty Of Humanities. http://eprints.ums.ac.id/48120/2/BAB%20I.pdf.

Setianingsih, E. S. 2018. Penerimaan Dan Sikap Guru Terhadap Keberadaan ABK DiSekolah. Semarang;Universitas PGRI Semarang.

Sidiq, Z. R. 2017. Pembelajaran Kebutuhan Pendidikan Khusus. Bandung; Universitas Pendidikan Indonesia.

Sofiah Bastari S, W. R. Tanpa Tahun. Gambaran Sekolah Inklusif Di Indonesia Tinjauan Sekolah Menengah Pertama. Jakarta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan.

Syafii, R. 2012. Evaluasi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusif Kota Tasikmalaya. Bandung; Universitas Pendidikan Indonesia.

Widdy, N. P. 2016. Kompetensi Guru Berdasarkan Jenis Kelamin, Usia, Pengalaman Mengajar dan Tingkat Pendidikan. Yogyakarta; Universitas Sanata Dharama.

Wiyono, B. 2011. Pendidikan Inklusif (Bunga Sampai Pemikiran Educational For All). Malang; Universitas Negeri Malang, Program Studi Bimbingan dan KonselingDe Porter, Bobbi dan Hernacki, Mike. 1992. Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Penerbit Kaifa.

Downloads

Published

2021-06-17

How to Cite

Putri, Y., & Hamdan, S. R. (2021). Sikap dan Kompetensi Guru Pada Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 4(2), 138–152. https://doi.org/10.26740/inklusi.v4n2.p138-152

Issue

Section

Articles
Abstract views: 3043 , PDF Downloads: 4304