Hubungan Dukungan Sosial Orantua dan Perkembangan Emosional Terhadap Proses Berfikir Anak Autis

Authors

  • Ike Peny Rendani Universitas Negeri Surabaya
  • Annisa Fatmawati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/inklusi.v4n2.p153-163

Keywords:

Perkembangan Emosional, Dukungan Sosial, Proses Berfikir, Autis

Abstract

                                                Abstrak

Dukungan sosial orangtua terhadap anak berkebutuhan khusus sangat diperlukan terutama anak dengan spektrum autis yang memiliki masalah berfikir, hal ini di manfaatkan untuk anak agar mampu berfikir dengan baik dengan menaikan minat anak terhadap hal-hal yang disukainya. Tujuan dari penelitihan ini mendeskripskian dukungan sosial orangtua dan perkembangan emosional terhadap proses berfikir anak autis. Metode penelitihan kualitif ini menggunakan metode observasi dan wawancara di SLB Autis Harapan Jaya Gresik, Hasil dukungan sosial yang diberikan orangtua berupa kasih sayang, arahan dan bimbingan akan cukup meminimalisir hambatan anak, termasuk emosional dan proses berfikirnya.

 Kata kunci: Perkembangan Emosional, Dukungan Sosial,  Proses Berfikir, Autis

 

Abstract

Social support provided by parents to children with special needs is very much needed, especially children with the autistic spectrum who have thinking problems, this is used for children to be able to think well by increasing children's interest in the things they like. The purpose of this study is to describe parental social support and emotional development of the thinking process of autistic children. This qualitative research method uses observation and interviews at SLB Autism Harapan Jaya Gresik. The results of social support provided by parents in the form of love, direction and guidance will be sufficient to minimize children's barriers, including emotional and thought processes.

 Keywords: Emotional Development, Social Support, Thinking Process, Autism

 

Author Biographies

Ike Peny Rendani, Universitas Negeri Surabaya

Fakultas Ilmu Pendidikan, Pendidikan Luar Biasa

Annisa Fatmawati, Universitas Negeri Surabaya

Fakultas Ilmu Pendidikan, Pendidikan Luar Biasa

References

Azwar, Saifudin. 2003. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ellah Siti Chalidah. 2005. Terapi permainan bagi anak yang memerlukan layanan pendidikan khusus, Sumber: Dikdasmen Depdiknas

Darmadi, Kaswan. 1996. Meningkatkan Kemampuan Menulis Panduan untuk Mahasiswa dan Calon Mahasiswa.Yogyakarta: ANDI Yogyakarta

Goleman, Daniel. 2003. Emotional Intelligence. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Hallahan, Daniel P. and Kauffman, James M. 2011. Handbook of Special. Education. New York : Routledge Taylor and Francis Group

Lazarus, R. S. 1991. Emotion and adaptation. Oxford University Press.

Lutthfiyah dan Fitrah Muh. 2017. Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: Jejak Publisher

Peeters, Theo. 2004. Autisme : Hubungan Pengetahuan Teoritis dan Intervensi Pendidikan Bagi Penyandang Autis. Jakarta : PT. Dian Rakyat

Sarafino. 1994. Health Psychology Biopsychosocial Interaction. USA : John Wiley & Sons

Sujiono,Bambang Dan Yuliani Nurani Sujiono. 2005. Menu Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Yayasan Citra Pendidikan Indonesia

Yuwono, J. 2009. Memahami Anak Autistik. Bandung: CV Alfabet

Downloads

Published

2021-06-17

How to Cite

Rendani, I. P., & Fatmawati, A. (2021). Hubungan Dukungan Sosial Orantua dan Perkembangan Emosional Terhadap Proses Berfikir Anak Autis. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 4(2), 153–163. https://doi.org/10.26740/inklusi.v4n2.p153-163

Issue

Section

Articles
Abstract views: 443 , PDF Downloads: 764