Penerapan Metode Picture Exchange Communication System (PECS) Terhadap Keterampilan Komunikasi Anak Spektrum Autisme

Authors

  • Qibti 'Inayatul Arfi Universitas Negeri Surabaya
  • Febrita Ardianingsih Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/inklusi.v4n2.p126-137

Keywords:

anak spektrum autisme, metode PECS, keterampilan komunikasi anak spektrum autisme.

Abstract

                                                            Abstrak

Anak spektrum autisme merupakan salah satu individu yang memiliki hambatan keterampilan komunikasi dan membutuhkan suatu metode untuk meningkatkan keterampilan komunikasinya. Metode Picture Exchange Commununication System (PECS) merupakan salah satu best practice untuk mengembangkan keterampilan komunikasi anak spektrum autism. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan metode Picture Exchange Commununication System (PECS) terhadap keterampilan komunikasi anak spektrum autisme. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan desain berupa penelitian survei. Sampel penelitian terdiri atas 38 guru, terapis, atau orang yang berkompeten dalam pengembangan keterampilan komunikasi anak spektrum autisme di wilayah Provinsi Jawa Timur melalui penyebaran kuisioner menggunakan google form. Uji validitas dan reliabilitas menggunakan SPSS, sedangkan data penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: guru dan terapis di Jawa Timur yang telah menerapkan metode PECS sebesar 79%. Sebagian besar guru dan terapis tersebut sudah menerapkan PECS fase ke-1 sampai fase ke-6 sesuai tahapanannya dan merasa PECS sesuai dengan anak spektrum autism serta dapat meningkatkan keterampilan komunikasinya. 

Kata Kunci: anak spektrum autisme, metode PECS, keterampilan komunikasi anak spektrum autisme.

  

                                                               Abstract

Children with autism spectrum are one of the individuals who have communication skills barriers and need a method to improve their communication skills. The Picture Exchange Communication System (PECS) method is one of the best practices for developing communication skills for children with autism spectrum. This study aims to describe the application of the Picture Exchange Communication System (PECS) method to the communication skills of children with autism spectrum. This type of research is quantitative descriptive with a survey research design. The research sample consisted of 38 teachers, therapists, or people who are competent in developing communication skills for autism spectrum children in East Java Province through the distribution of questionnaires using google forms. Test the validity and reliability using SPSS, while the research data were analyzed quantitatively using percentages. The results showed that: 79% of teachers and therapists in East Java had applied the PECS method. Most of the teachers and therapists have implemented PECS phase 1 to phase 6 according to their stages and feel that PECS is suitable for children on the autism spectrum and can improve their communication skills.

Keywords: autism spectrum, PECS methods, communication skills of autism spectrum.

Author Biography

Febrita Ardianingsih, Universitas Negeri Surabaya

Fakultas Ilmu Pendidikan, Pendidikan Luar Biasa

References

Alsayedhassan, B., Banda, D. R., & Griffin-Shirley, N. (2016). A Review of Picture Exchange Communication Interventions Implemented by Parents and Practitioners. Child and Family Behavior Therapy, 38(3), 191208. https://doi.org/10.1080/07317107.2016.1203135

Amka, A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Reguler. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 1(1), 1. https://doi.org/10.21070/madrosatuna.v1i1.1206

Asep Sunandar, A., Sunandar, A., Indreswari, H., Efendi, M., Dian Firdiana, A., & Lailiyah, N. (2019). The Use of Visual Support of PECS and Schedule Based on the Characteristics of Student with Autism. 382(Icet), 559564. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.140

Daroni, G. A., Solihat, G., & Salim, A. (2018). Manajemen Pendidikan Khusus di Sekolah Luar Biasa Untuk Anak Autis. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 196204. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i2.p196-204

Goa, L., & Derung, T. N. (2017). Komunikasi Ekspresif Dengan Metode Pecs Bagi Anak Dengan Autis. Jurnal Nomosleca, 3(2). https://doi.org/10.26905/nomosleca.v3i2.2037

Hartati, M. S., & Hardiansyah. (2019). Role of Parents in the Success of Children Autism. Al-Bidayah¯: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, XI(2).

Heryati, E., & Ratnengsih, E. (2017). PENGGUNAAN METODE PECS (Picture Exchange Communication System) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK AUTIS. Pedagogia, 15(1), 30. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v15i1.6558

Hu, X., & Lee, G. (2019). Effects of PECS on the Emergence of Vocal Mands and the Reduction of Aggressive Behavior Across Settings for a Child With Autism. Behavioral Disorders, 44(4), 215226. https://doi.org/10.1177/0198742918806925

Jurgens, A., Anderson, A., & Moore, D. W. (2019). Maintenance and generalization of skills acquired through picture exchange communication system (PECS) training: a long-term follow-up. Developmental Neurorehabilitation, 22(5), 338347. https://doi.org/10.1080/17518423.2018.1503619

Koesdiningsih, T., Basoeki, L., Febriyana, N., & Maramis, M. M. (2019). Hubungan Penggunaan Visual Support Terhadap Perbaikan. 7, 7784. https://doi.org/10.20473/jbe.v7i12019.

Marhamah. (2019). Pola Komunikasi anak autis¯: studi etnografi komunikasi pada keterampilan interaksi anak autis di Sekolah Cinta Mandiri Lhokseumawe. Jurnal Al-Bayan, 25(1), 134.

Putri, C. R. R., Hastuti, W. D., & Adi, E. P. (2018). The Influence the Picture Exchange Communication System Method toward The Communication Ability of Autistic Child. Journal of ICSAR, 2(2), 180185. https://doi.org/10.17977/um005v2i22018p180

Rega, A., Somma, F., & Simeoli, R. (2018). a Review of Scientific Studies on the Effectiveness of Speech-Generating Devices To Stimulate Communication in People With Autism. ICERI2018 Proceedings, 1(November), 51605165. https://doi.org/10.21125/iceri.2018.2182

Ritonga, S. A., & Hasibuan, E. J. (2016). Komunikasi Interpersonal Guru Dan Siswa Dalam Mengembangkan Bakat Dan Kreativitas Anak Autis Di Slb Taman Pendidikan Islam (Tpi). JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 2(2). https://doi.org/10.31289/simbollika.v2i2.1030

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (23rd ed.). Alfabeta.

Vistasari, R., & Patria, B. (2019). Program PECS (Picture Exchange Communication System) untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Terstruktur pada Anak Autis. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 5(1), 94. https://doi.org/10.22146/gamajpp.48590

Wasiah, M. (2018). Pengaruh penggunaan metode pecs terhadap kemampuan komunikasi anak autis di yayasan nanda delisha rumah abk kabupaten bondowoso. 7582.

Wiggins, L. D., Rice, C. E., Barger, B., Soke, G. N., Lee, L. C., Moody, E., Edmondson-Pretzel, R., & Levy, S. E. (2019). DSM-5 criteria for autism spectrum disorder maximizes diagnostic sensitivity and specificity in preschool children. Social Psychiatry and Psychiatric Epidemiology, 0(0), 0. https://doi.org/10.1007/s00127-019-01674-1

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah¯: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 1723. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100

Downloads

Published

2021-06-17

How to Cite

Arfi, Q. ’Inayatul, & Ardianingsih, F. (2021). Penerapan Metode Picture Exchange Communication System (PECS) Terhadap Keterampilan Komunikasi Anak Spektrum Autisme. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 4(2), 126–137. https://doi.org/10.26740/inklusi.v4n2.p126-137

Issue

Section

Articles
Abstract views: 1644 , PDF Downloads: 1207