MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN E-MODULE AKUNTANSI TERINTEGRASI NILAI KARAKTER

Main Article Content

Destri Sambara Sitorus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan e-module akuntansi terintegrasi nilai karakter untuk meningkatkan tanggung jawab dan hasil belajar siswa Sekolah Menegah Kejuruan (SMK). Hal ini dilatarbelakangi oleh adanya kesenjangan antara kompetensi lulusan SMK dengan tuntutan dunia kerja serta implementasi dari kurikulum 2013 yang dimenuntut pengintegrasian nilai-nilai karakter pada tiap mata pelajaran. Data mengenai tanggung jawab siswa diperoleh melalui angket dan data mengenai hasil belajar siswa diperoleh melalui tes. Data mengenai tanggung jawab siswa dianalisis secara deskriptif naratif dan data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan uji independent sample t test. Hasil analisis angket menunjukkan bahwa tingkat tanggung jawab siswa kelas eksperimen berada pada kategori sangat baik dan tingkat tanggung jawab siswa kelas kontrol berada pada kategori baik. Hasil uji t didapat nilai sig 0,014 < 0,05 sehingga terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sitorus, D. S. (2020). MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN E-MODULE AKUNTANSI TERINTEGRASI NILAI KARAKTER. JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 8(1), 93–104. https://doi.org/10.26740/jepk.v8n1.p93-104
Section
Articles
Author Biography

Destri Sambara Sitorus, Satya Wacana Christian University

Economic Education, Faculty of Teacher Training and Education, Satya Wacana Christian University

References

Bilaik, M., Bogan, M., Fadel, C., & Horvatova, M. (2015). Character education for the 21st century: what should students learn? Boston, Massachusetts: Center for Curriculum Redesign.

Gholar, C. (2004). Character Education: Creating a Framework for Excellence. Urban Programs Resource Network.

Harrington, N.G., Giles, S.M., & Hoyle, R.H. (2001). Evaluation of the all stars character education and problem behaviour prevention program: effects on mediator and outcome variables for middle school students. Health Education & Behaviour, 28(50, 533-546.

Jaya, I.M., Sadia, I.W., Arnyana, I.B.P. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran biologi bermuatan pendidikan karakter dengan setting guide inquiry untuk meningkatkan karakter dan hasil belajar siswa SMP. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesa, 4, 1-12.

Kurniawan, H.E., Sarwanto & Cari (2013). Pengembangan modul IPA SMP berbasis problem based learning terintegrasi pendidikan karakter pada materi getaran dan gelombang. Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika, 38-59.

LaRocque, N.I.A. (2015). Summary of Indonesias education sector assessment ADB papers on Indonesia. Philippines: Asians Development Bank.

Nugrahani, F. (2017). The development of film-based literray materials which support character education. Cakrawala Pendidikan, 36(3), 472-486.

Skaggs, G., & Bodenhorn, N. (2006). Relationship between implementing character education, student behaviour, and student achievement. Journal of Advanced Academics, 18(1), 333-345.

Spisak, D. (2015). Soft skills: the foundation for academic and career success. Green Bay, WI: Career Education Review.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Supriyadi, E., Zamtinah., Soenarto, S., Hatmojo, Y.I. (2019). A character-based assessment model for vocational high schools. Cakrawala Pendidikan, 32(2), 269-281.

Widayanti, E.Y. (2009). Keefektifan Model Susan Loucks-Horsley untuk Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sains di Tingkat Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Wilujeng, I., Setiawan, A., & Liliasari. (2010). Kompetensi IPA terintegrasi melalui pendekatan keterampilan proses mahasiswa S-1 pendidikan IPA. Cakrawala Pendidikan, 3(3), 150-163.

Wolla, S. (2017). Evaluating the effectiveness of an online module for increasing financial literacy. Social Studies Research and Practice, 12(2), 154-167.

Woo, T.K. (2011). Developing quality learning materials for effective teaching and learning in an ODL envionment: Making the jump from print modules to online modules. Asian Association of Open Universities Journal, 6(6), 51-58.

Zamroni. (2011). Dinamika Peningkatan Mutu. Yogyakarta: Gavin Kalam Utama.