DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MEMILIH PROGRAM LINTAS MINAT EKONOMI
Main Article Content
Abstract
Banyaknya peminat program lintas minat ekonomi di Sekolah Menengah Atas membuktikan bahwa ilmu ekonomi dewasa ini semakin digemari. Hal ini menarik untuk dibahas, untuk mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakanginya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh minat, motivasi, keluarga, guru dan teman sebaya terhadap keputusan siswa jurusan IPA memilih program lintas minat ekonomi di SMA Negeri 4 Makassar. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang memprogram lintas minat ekonomi dengan jumlah 80 orang siswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS Versi 21.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel minat, motivasi, keluarga, guru dan teman sebaya secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih program lintas minat ekonomi. Secara parsial terdapat pengaruh signifikan antara minat, guru dan teman sebaya terhadap keputusan memilih program lintas minat ekonomi. Motivasi dan keluarga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan memilih program lintas minat ekonomi.
Downloads
Article Details
References
Abarro JO. 2016. Factors Affecting Career Track and Strand Choices of Grade 9 Students in the Division of Antipolo and Rizal, Philippines. International Journal of Scientific and Research Publications, 6(6), 51-53.
Afriska, AE. 2015. Pengaruh Minat dan Motivasi Siswa Terhadap Keputusan Memilih Program Lintas Minat Ekonomi SMAN 1 Binangun Kabupaten Cilacap. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Bandura A. 1989. Human Agency in Social Cognitive Theory. American Psychologist, 44, 1175-1184.
Devianti R. 2015. Kontribusi Dukungan Orangtua, Teman Sebaya, dan Guru Bimbingan dan Konseling terhadap Minat Siswa pada Jurusan yang Ditempati di SMA. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 3(2), 22-30.
Guay F, Senecal C, Gauthier L, Ferne C. 2003. Predicting Career Indecision: A Self-Determination Theory Perspective. Journal of Counseling Psychology, 50(2), 165-177.
Handoko TH. 2011. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: Penerbit BPFE.
Istifarani, F. 2016. Pengaruh Dukungan Keluarga Terhadap Pengambilan Keputusan Karir Siswa Kelas X Di Smk Negeri 1 Depok. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(1), 1-11.
Istiqomah P. 2017. Faktor yang Mempengaruhi Minat Siswa dalam Pemilihan Mata Pelajaran Keterampilan Hidup Mandiri Tata Busana Kelas X di MAN Godean Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Koech J, Bitok J, Rutto D, Koech S, Okoth JO, Korir B, Nngala H. 2016. Factors Influencing Career Choices Among Undergraduate Students in Public Universities in Kenya: A Case Study of University of Eldoret. International Journal of Contemporary Applied Sciences, 3(2), 50-63.
Lent RW, Brown SD, Hackett G. 1994. Toward a Unifying Social Cognitive Theory of Career and Academic Interest, Choice, and Performance. Journal of Vocational Behavior, 45, 79-122.
Papalia ED. 2009. Human Development: Perkembangan Manusia. Jakarta: Salemba Humanika.
Pascual N. 2014. Factors Affecting High School Students Career Preference: A Basis for Career Planning Program. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research, 16(1), 1-14.
Puspitasari A, Patrikha FD. 2018. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pemilihan Universitas Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 22 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, dan Keuangan, 2(1), 1-10.
Rufaidah A. 2015. Pengaruh Intelegensi dan Minat Siswa terhadap Putusan Pemilihan Jurusan. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 139-146.
Suriyani KW. 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Jurusan Akuntansi Program S1 di Universitas Pendidikan Ganesha. Ekuitas Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2), 51-61.
Syafaruddin, Anzizhan, 2004. Sistem Pengambilan Keputusan Pendidikan. Jakarta: Penerbit PT. Grasindo.
Woolfolk, A. 2009. Educational Psychology: Active Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.