PENGEMBANGAN PENDEKATAN KREATIF INOVATIF UNTUK MENINGKATAN JIWA KEWIRAUSAHAAN

Main Article Content

Selly Rahmawati
Tri Siwi Nugrahani

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangan pendekatan kreatif inovatif dalam meningkatkan jiwa kewirausahaan serta untuk mengetahuai keefektifan pendekatan tersebut dalam meingkatkan jiwa kewirausahaan. Latar belakang penelitian ini adalah karena pembelajaran pendidikan kewirausahaan yang telah dilaksanakan hanya menekankan pada aspek kognitifnya saja. Selaian itu rendahnya minat mahasiswa dalam mengikuti hibah PKM dan KBMI juga menjadi salah satu indikasi bahwa jiwa kewirausahaan mahasiswa kurang.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D atau penelitian pengembangan yang menggunakan model four D yaitu define, desig, develop dan dessiminate. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalan analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan independent sample t-test.

Hasil penelitian ini adalah 1) Pengembangan pendekatan kreatif inovatif untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan dilaksanakan dengan four D yaitu define, design, develop dan desseminate; 2)Pendekatan kreatif inovatif sangat efektif untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rahmawati, S., & Nugrahani, T. S. (2019). PENGEMBANGAN PENDEKATAN KREATIF INOVATIF UNTUK MENINGKATAN JIWA KEWIRAUSAHAAN. JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 7(2), 129–144. https://doi.org/10.26740/jepk.v7n2.p129-144
Section
Articles

References

Agus Syam, Haedar Akib, Muchtar Yunus, Sitti Hasbiah. 2018. Determinants of Entrepreneurship Motivation for Students at Educational Institution and Education Personnel in Indonesia. Journal of Entrepreneurship Education. United kingdom: london, Vol: 21 Issue: 2, p 1-12

 

Departemen Pendidikan Nasional, Dirjen Dikti, 2004. œPeningkatan Kualitas Pembelajaran, Depdiknas Dirjen Dikti.

 

Dieter Bogenhold and Jarna Heinonen and Elisa Akola. 2013. Entrepreneurship and Independent Professionals: Why do Professionals not meet with Stereotypes of Entrepreneurship. Institut fur Soziologie, Fakultat fur Wirtschaftswissenschaften, Alpen-Adria-Universit¨at Klagenfurt: Austria.

 

Doan Thi Thanh Hien and Sung Eui Cho, BERI. 2018. Relationship between Entrepreneurship Education and Innovative Start-Up Intentions among University Students. International Journal of Entrepreneurship. United kingdom: london, Vol: 22 Issue: 3, p 1-16

 

Kao, J.J. 1989. Entrepreneurship, Creativity & Organization: Text, Cases and Readigs. New  Jersey:  Prentice  Hall  Englewood Cliffs. 

 

Lastariwati Badraningsih dan Harsana Minta. 2007. œImplementasi Model Pembelajaran Kreatif-Produktif Untuk Meningkatkan Kualitas Mata Kuliah Praktek Seni penyajian Makanan pada Program Studi Teknik Boga. Proseding Seminar Nasional Penelitian Dosen Muda dan Studi Kajian Wanita Tahun 2007. Lembaga Penelitian UNY.

 

Muijs, Daniel, & Renold, F.2009. Effectiveness and disadvantage in education. Can a focus on effectiveness aid equity in education? In, Raffo, Carlo, Dyson, Alan, Gunter, Helen, Hall, Dave, Jones, Lisa and Kalambouka, Afroditi (eds.) Education and Poverty in Affluent Countries. Abingdon, GB, Routledge.

 

Paris, S. G., Byrnes, J. P., & Paris, A. H. 2001.Constructing theories, identities, and actions of selfregulated learners.In B. Zimmerman & D. Schunk (Eds.), Self-regulated learning and academic achievement (pp. 253287). New York: SpringerVerlag.

 

Smile Dzisi, Franklin Odoom. 2017. Entrepreneurship Education and Training in Higher Educational Institutions in Ghana. Journal of International Entrepreneurship. Springer: US. Volume 15, Issue 4, pp 436452

 

Stefan Krabel. 2017. Are entrepreneurs made on campus? The impact of entrepreneurial universities and graduates human capital on graduates occupational choice. Journal of International Entrepreneurship. Springer: US. Volume 15, P 1-30

 

Supardan, Dadang. 2015 Manusia, Kekerasan, Multikultural, dan Transformasi Pendidikan Bandung Penerbit Rizqi.

 

Suryana. 2006. Kewirausahaan pedoman praktis, kiat dan proses menuju sukses. Jakarta: Salemba Empat.

 

Von Glassersfeld. 1989. Cognition, Construction of Knowledge and Teaching. Synthese, 80 (1), 121-140.