PENGEMBANGAN PENDEKATAN KREATIF INOVATIF UNTUK MENINGKATAN JIWA KEWIRAUSAHAAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangan pendekatan kreatif inovatif dalam meningkatkan jiwa kewirausahaan serta untuk mengetahuai keefektifan pendekatan tersebut dalam meingkatkan jiwa kewirausahaan. Latar belakang penelitian ini adalah karena pembelajaran pendidikan kewirausahaan yang telah dilaksanakan hanya menekankan pada aspek kognitifnya saja. Selaian itu rendahnya minat mahasiswa dalam mengikuti hibah PKM dan KBMI juga menjadi salah satu indikasi bahwa jiwa kewirausahaan mahasiswa kurang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D atau penelitian pengembangan yang menggunakan model four D yaitu define, desig, develop dan dessiminate. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalan analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan independent sample t-test.
Hasil penelitian ini adalah 1) Pengembangan pendekatan kreatif inovatif untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan dilaksanakan dengan four D yaitu define, design, develop dan desseminate; 2)Pendekatan kreatif inovatif sangat efektif untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan.
Downloads
Article Details
Author(s) who wish to publish with Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan should agree to the following terms:
- Author(s) retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA) that allows others to share the work with an acknowledgment of the works authorship and initial publication in this journal for noncommercial purposes.
- Author(s) are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals' published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
The publisher publishes and distributes the Article with the copyright notice to the Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan with the article license CC-BY-NC-SA 4.0.
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Agus Syam, Haedar Akib, Muchtar Yunus, Sitti Hasbiah. 2018. Determinants of Entrepreneurship Motivation for Students at Educational Institution and Education Personnel in Indonesia. Journal of Entrepreneurship Education. United kingdom: london, Vol: 21 Issue: 2, p 1-12
Departemen Pendidikan Nasional, Dirjen Dikti, 2004. œPeningkatan Kualitas Pembelajaran, Depdiknas Dirjen Dikti.
Dieter Bogenhold and Jarna Heinonen and Elisa Akola. 2013. Entrepreneurship and Independent Professionals: Why do Professionals not meet with Stereotypes of Entrepreneurship. Institut fur Soziologie, Fakultat fur Wirtschaftswissenschaften, Alpen-Adria-Universit¨at Klagenfurt: Austria.
Doan Thi Thanh Hien and Sung Eui Cho, BERI. 2018. Relationship between Entrepreneurship Education and Innovative Start-Up Intentions among University Students. International Journal of Entrepreneurship. United kingdom: london, Vol: 22 Issue: 3, p 1-16
Kao, J.J. 1989. Entrepreneurship, Creativity & Organization: Text, Cases and Readigs. New Jersey: Prentice Hall Englewood Cliffs.
Lastariwati Badraningsih dan Harsana Minta. 2007. œImplementasi Model Pembelajaran Kreatif-Produktif Untuk Meningkatkan Kualitas Mata Kuliah Praktek Seni penyajian Makanan pada Program Studi Teknik Boga. Proseding Seminar Nasional Penelitian Dosen Muda dan Studi Kajian Wanita Tahun 2007. Lembaga Penelitian UNY.
Muijs, Daniel, & Renold, F.2009. Effectiveness and disadvantage in education. Can a focus on effectiveness aid equity in education? In, Raffo, Carlo, Dyson, Alan, Gunter, Helen, Hall, Dave, Jones, Lisa and Kalambouka, Afroditi (eds.) Education and Poverty in Affluent Countries. Abingdon, GB, Routledge.
Paris, S. G., Byrnes, J. P., & Paris, A. H. 2001.Constructing theories, identities, and actions of selfregulated learners.In B. Zimmerman & D. Schunk (Eds.), Self-regulated learning and academic achievement (pp. 253287). New York: SpringerVerlag.
Smile Dzisi, Franklin Odoom. 2017. Entrepreneurship Education and Training in Higher Educational Institutions in Ghana. Journal of International Entrepreneurship. Springer: US. Volume 15, Issue 4, pp 436452
Stefan Krabel. 2017. Are entrepreneurs made on campus? The impact of entrepreneurial universities and graduates human capital on graduates occupational choice. Journal of International Entrepreneurship. Springer: US. Volume 15, P 1-30
Supardan, Dadang. 2015 Manusia, Kekerasan, Multikultural, dan Transformasi Pendidikan Bandung Penerbit Rizqi.
Suryana. 2006. Kewirausahaan pedoman praktis, kiat dan proses menuju sukses. Jakarta: Salemba Empat.
Von Glassersfeld. 1989. Cognition, Construction of Knowledge and Teaching. Synthese, 80 (1), 121-140.