PEMETAAN MINAT BISNIS MAHASISWA DI UNIVERSITAS AMIKOM BERDASARKAN KOMPETENSI

Main Article Content

Yusuf Amri Amrullah
Anggrismono Anggrismono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memetakan minat bisnis mahasiswa prodi  S-1 informatika dan S-1 sistem informasi di Universitas Amikom Yogyakarta berdasarkan kompetensi prodi pada bidang Tekhnologi Informasi dan Komputer (TIK). Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan metode pengumpulan data proportional stratified random sampling. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa minat bisnis yang dimiliki mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta pada prodi S-1 Sistem Informasi dan S-1 Informatika lebih dari 50% belum sesuai dengan bidang kompetensinya yaitu TIK. Implikasi dari penelitian ini yaitu mengetahui kesesuaian minat bisnis mahasiswa Amikom dengan kompetensi yang dimiliki pada prodi S-1 informatika dan S-1 sistem informasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Amrullah, Y. A., & Anggrismono, A. (2018). PEMETAAN MINAT BISNIS MAHASISWA DI UNIVERSITAS AMIKOM BERDASARKAN KOMPETENSI. JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 6(2), 137–144. https://doi.org/10.26740/jepk.v6n2.p137-144
Section
Articles

References

Badan Pusat Statistik (BPS), Indikator Pendidikan BPS-RI, Susenas 1994 -2016 Update tanggal 22 Maret 2017. (Online : Https://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/1525, diakses juni, 2017.

Tim Business Placement Center. (t.t.). Tracer Study STMIK AMIKOM Yogyakarta (2015 ed.). Yogyakarta: BPC Amikom.

Tim Business Placement Center. (t.t.). Tracer Study STMIK AMIKOM Yogyakarta (2016 ed.). Yogyakarta: BPC Amikom

Kourilsky, M.L. & Walstad, W.B. 1998. Entrepreneurship and Female Youth: Knowledge, Gender Differences and Educational Practices. Jurnal of Business Venturing. 13(1): 77 88.

Kurnianto, B. S. & Sulistya E. P. 2012. Menumbuhkembangkan Minat Berwirausaha bagi Mahasiswa Di Lingkungan Perguruan Tinggi. Prosiding Seminar & Konferensi Nasional Manajemen Bisnis, (Mei).

Lee, S. H., Wong, P. K. 2004. An Exploratory Study of Technopreneurial Intentions; A Career Anchor Perspective. Journal of Business Venturing, 19 (1) : 7-28.

Muhyiddin, Nurlina T., M. Irfan Tarmizi, dan Anna Yulianita. 2017. Metodologi Penelitian Ekonomi dan Sosial. Jakarta. Salemba Empat. 72.

Munawaroh, Mujiati. Rimiyati, Hasnah dan Fajarwati. 2016. Kewirausahaan Untuk Program Strata 1.Yogyakarta. LP3M UMY.

Siswadi, Yudi. 2013. Analisis Faktor Internal, Faktor Eksternal dan Pembelajaran Kewirausahaan yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa dalam Berwirausaha. Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol 13, no. 01.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitan Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Takdir, et. al. 2015. Kewirausahaan. Yogyakarta. Wijaya Mahadi Karya. 1.

Zain, et al. 2010. Entrepreneurship Intention Among Malaysian Business Students. Canadian Social Science, 6(3): 34-44.

Zimmerer, W.T. 2002. Essentials of Entrepreneurship and Small Business Management. Third Edition. New York: Prentice-Hall.

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.