MODERASI DIGITAL MARKETING ATAS PENGARUH PRODUCT QUALITY DAN FASHION LIFESTYLE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK THRIFT

Main Article Content

Lukiyana Lukiyana
Ickral Brilliant Simadewa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji kemungkinan pengaruh moderasi dari pemasaran digital terhadap hubungan antara variabel eksogen kualitas produk dan gaya hidup fesyen, dan variabel endogen keputusan pembelian produk thrifting. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kuantitatif, dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen utama untuk pengumpulan data. Analisis statistik menunjukkan adanya korelasi positif yang signifikan antara variabel kualitas produk dan variabel keputusan pembelian. Variabel gaya hidup fesyen, menunjukkan dampak yang signifikan dan positif secara statistik terhadap variabel keputusan pembelian. Variabel pemasaran digital, telah diakui sebagai faktor intervening yang memberikan pengaruh positif dan signifikan secara statistik terhadap variabel dependen, yang berkaitan dengan keputusan pembelian. Efek moderasi dari pemasaran digital pada hubungan antara kualitas produk dan keputusan pembelian perlu diperhatikan, karena hal ini mengarah pada pelemahan yang signifikan terhadap hubungan antara kedua variabel tersebut. Hubungan antara gaya hidup fesyen dan keputusan pembelian dapat dimoderasi melalui pemanfaatan strategi pemasaran digital.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Lukiyana, L., & Simadewa, I. B. (2023). MODERASI DIGITAL MARKETING ATAS PENGARUH PRODUCT QUALITY DAN FASHION LIFESTYLE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK THRIFT. JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 11(2), 223–236. https://doi.org/10.26740/jepk.v11n2.p223-236
Section
Articles

References

Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39–50. https://doi.org/10.30596/maneggio.v4i1.6766

Ariella, I. R. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelnid. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-up Bisnis, 3(2), 215–221. https://doi.org/10.37715/jp.v3i2.683

Darsono, D. S., Nurhidayah, N., & Novianto, A. S. (2023). Pengaruh Fashion Lifestyle, Sikap Konsumen, dan Promosi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Three Second (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang Angkatan 2019). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 12(01).

Fauzi, H., & Rusminah, H. S. (2021). Pengaruh Kualitas dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Pakaian Distro ARJ88 Store Kota Mataram: Kualitas Produk, Kualitas Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Unram Management Review, 1(1), 10–21. https://doi.org/10.29303/ju.v1i1.36

Fauziah, M. N., & Setiawan, H. (2022). Analisis Pengaruh Brand Image, Product Quality, Dan Fashion Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Thrift Shopping Fashion Di Instagram. SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 4.

Kamaruddin, M. J., Lukiyana, L., & Pebianti, V. (2023). Pengaruh Kreativitas Produk Dan Pemanfataan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kebijakan PSBB Sebagai Variabel Moderating Pada UMKM Di Jakarta. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.37479/jimb.v6i1.16780

Kurniawan, R., & Susanti, F. (2019). Pengaruh Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Sepatu Merek Fladeo Di Basko Grand Mall Padang. INA-Rxiv. https://doi.org/https://doi.org/10.31227/osf.io/ehyau

Louhenapessy, W. G., & Sinay, F. G. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Pakaian Bekas Terhadap Keputusan Pembelian Bagi Konsumen (Studi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi). Jendela Pengetahuan, 15(2), 8–12.

Mawardi, K. (2021). Dampak Pemasaran Digital Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Inovasi Manajemen, 1(1).

Mewoh, F. M., Tampi, J. R. E., & Mukuan, D. D. S. (2019). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Matahari Department Store Manado Town Square. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 9(1), 35–42.

Narvantinova, V. N., Latief, F., & Hidayat, A. I. (2023). Pengaruh Brand Image, Harga Dan Fashion Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Di Thrift Shop Online Di Kota Makassar (Studi Pada Konsumen@ Thriftbuy. Me Kota Makassar). Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 12(1), 13–22. https://doi.org/10.37476/jbk.v12i1.3666

Pardede, E. R., Akhmad, I., & Kinasih, D. D. (2023). Pengaruh Trend Fashion Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas Impor Di Online Shop Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Merdeka EMBA, 2(1), 69–77.

Prastiwi, E. H., & Rahmawan, A. (2023). Pengaruh Harga, Life Style dan Fast Fashion terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Second Branded Import. JAMIN: Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 5(2), 121–130.

Putri, P. M., & Marlien, R. A. (2022). Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Online. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(1), https://doi.org/25–36. 10.36778/jesya.v5i1.510

Rachman, A. Z. M., & Firmansyah, M. A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Harga dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas di Badkidswear Surabaya. Improvement: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 174–184. https://doi.org/10.30651/imp.v2i2.18112

Rahmayanti, N., & Saifuddin, M. (2021). Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Fashion Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Branded Preloved Di Thrifshop Online Instagram (Studi Kasus Pada Konsumen @Rilyshop Di Kota Surabaya).

Cakrawala Management Business Journal, 4(2), 847–868. https://doi.org/10.30862/cm-bj.v4i2.147

Revita, T. (2022, December). Thrifting: Pengertian, Sejarah, Tips Mengelola Bisnisnya. DailySocial.Id. https://dailysocial.id/post/thrifting#:~:text=Thrift%20merupakan%20kata%20yang%20berasal,tidak%20biasa%20ada%20di%20pasar.

Rorong, G. A., Tamengkel, L. F., & Mukuan, D. D. S. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas Import Di Pasar Baru Langowan. Productivity, 2(3), 228–233.

Rukmini. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Di UMKM Woodenboxroomstock Medan. Jurnal Manajemen Bisnis Eka Prasetya (MBEP), 5(2), 53–60.

Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2596. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i07.p07

Setyawati, R., Suhartono, S., & Asmoro, P. N. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Memilih Real Property Melalui Digital Marketing Sebagai Variabel Intervening Di Yogyakarta. Jurnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen, 9(1), 68–84. https://doi.org/10.32477/jrm.v9i1.402

Silalahi, R. Y. B., & Susantri, L. A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Tempat, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas di Pasar Seken Aviari. Jurnal Elektronik REKAMAN (Riset Ekonomi Bidang Manajemen Dan Akutansi), 2, 83–94.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (1st ed.). Literasi Media Publishing.

STIE Dewantara. (2016). Perkembangan Teknologi Terhadap Ekonomi. STIE Dewantara.

Supryanita, R., Gepindra, G., & Kemala, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Citra Merek, Dan Gaya Hidup Dalam Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Pakaian Pada Ikatan Mahasiswa Dhamasraya Di Bukittinggi. Jurnal PROFITA: Akuntansi Dan Bisnis, 2(2), 94–114. https://doi.org/10.47896/ab.v2i2.481

Widiyanto, A. R. (2021). Pengaruh Citra Merek, Desain Produk, Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Adidas (Studi Pada Mahasiswa Di Purwokerto). Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Yani, A. S., & Albab, M. U. (2022). Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap Keputusan Belanja Fashion Yang Dimoderasi Oleh Promosi Online. Media Manajemen Jasa, 10(2). https://doi.org/10.52447/mmj.v10i2.6619

Yani, A. S., & Maisarah, I. (2022). The Effect Of E-Service Quality And Electronic Word Of Mouth On Shopee Users Repurchase Intention With Customer Satisfaction As A Moderating Variable. International Journal of Research in Commerce and Management Studies, 4(05), 70–80.