MODERASI DIGITAL MARKETING ATAS PENGARUH PRODUCT QUALITY DAN FASHION LIFESTYLE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK THRIFT
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji kemungkinan pengaruh moderasi dari pemasaran digital terhadap hubungan antara variabel eksogen kualitas produk dan gaya hidup fesyen, dan variabel endogen keputusan pembelian produk thrifting. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kuantitatif, dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen utama untuk pengumpulan data. Analisis statistik menunjukkan adanya korelasi positif yang signifikan antara variabel kualitas produk dan variabel keputusan pembelian. Variabel gaya hidup fesyen, menunjukkan dampak yang signifikan dan positif secara statistik terhadap variabel keputusan pembelian. Variabel pemasaran digital, telah diakui sebagai faktor intervening yang memberikan pengaruh positif dan signifikan secara statistik terhadap variabel dependen, yang berkaitan dengan keputusan pembelian. Efek moderasi dari pemasaran digital pada hubungan antara kualitas produk dan keputusan pembelian perlu diperhatikan, karena hal ini mengarah pada pelemahan yang signifikan terhadap hubungan antara kedua variabel tersebut. Hubungan antara gaya hidup fesyen dan keputusan pembelian dapat dimoderasi melalui pemanfaatan strategi pemasaran digital.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Darsono, D. S., Nurhidayah, N., & Novianto, A. S. (2023). Pengaruh Fashion Lifestyle, Sikap Konsumen, dan Promosi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Three Second (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang Angkatan 2019). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 12(01).
Fauziah, M. N., & Setiawan, H. (2022). Analisis Pengaruh Brand Image, Product Quality, Dan Fashion Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Thrift Shopping Fashion Di Instagram. SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 4.
Kurniawan, R., & Susanti, F. (2019). Pengaruh Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Sepatu Merek Fladeo Di Basko Grand Mall Padang. INA-Rxiv. https://doi.org/https://doi.org/10.31227/osf.io/ehyau
Mawardi, K. (2021). Dampak Pemasaran Digital Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Inovasi Manajemen, 1(1).
Rahmayanti, N., & Saifuddin, M. (2021). Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Fashion Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Branded Preloved Di Thrifshop Online Instagram (Studi Kasus Pada Konsumen @Rilyshop Di Kota Surabaya).
Revita, T. (2022, December). Thrifting: Pengertian, Sejarah, Tips Mengelola Bisnisnya. DailySocial.Id. https://dailysocial.id/post/thrifting#:~:text=Thrift%20merupakan%20kata%20yang%20berasal,tidak%20biasa%20ada%20di%20pasar.
Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2596. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i07.p07
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (1st ed.). Literasi Media Publishing.
STIE Dewantara. (2016). Perkembangan Teknologi Terhadap Ekonomi. STIE Dewantara.
Widiyanto, A. R. (2021). Pengaruh Citra Merek, Desain Produk, Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Adidas (Studi Pada Mahasiswa Di Purwokerto). Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Yani, A. S., & Albab, M. U. (2022). Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap Keputusan Belanja Fashion Yang Dimoderasi Oleh Promosi Online. Media Manajemen Jasa, 10(2). https://doi.org/10.52447/mmj.v10i2.6619