KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI MEDIASI PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, KUALITAS LAYANAN, KUALITAS PRODUK, DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP MINAT BELI ULANG MIE GACOAN DI YOGYAKARTA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak langsung electronic word of mouth, kualitas layanan, kualitas produk, dan store atmosphere terhadap minat beli ulang. Serta untuk mengetahui peran kepuasan konsumen sebagai mediator dalam hubungan antara electronic word of mouth, kualitas layanan, kualitas produk, dan store atmosphere terhadap minat beli ulang. Sampel yang dipakai untuk penelitian ini yaitu 110 orang konsumen Mie Gacoan yang membeli produk Mie Gacoan secara dine in minimal 2 x dalam 3 bulan terakhir di cabang Mie Gacoan Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non probability dengan metode purposive sampling. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan WarpPLS 8.0. Hasil yang didapat dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Electronic word of mouth secara langsung tidak berpengaruh terhadap minat beli ulang, 2) Kualitas layanan secara langsung tidak berpengaruh terhadap minat beli ulang, 3) Kualitas produk secara langsung berpengaruh terhadap minat beli ulang, 4) Store atmosphere secara langsung tidak berpengaruh terhadap minat beli ulang, 5) Kepuasan konsumen memediasi penuh (full mediation) pengaruh electronic word of mouth terhadap minat beli ulang, 6) Kepuasan konsumen memediasi penuh (full mediation) pengaruh kualitas layanan terhadap minat beli ulang, 7) Kepuasan konsumen memediasi sebagian (partial mediation) pengaruh kualitas produk terhadap minat beli ulang, 8) Kepuasan konsumen memediasi penuh (full mediation) pengaruh store atmosphere terhadap minat beli ulang. Penemuan baru dalam penelitian ini terletak pada pengungkapan bahwa, meskipun electronic word of mouth dan kualitas layanan tidak memiliki dampak langsung terhadap minat beli ulang, kepuasan konsumen menjadi perantara krusial yang menghubungkan keduanya secara menyeluruh.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Cahyaningrum, N. R. (2020). PT. Indofood CBP Sukses Makmur dalam Menerapkan Manajemen Perubahan dan Menghadapi Persaingan Era Society.
Christie, C. N., & Krijanti, M. (2020). ANALISIS PENGARUH ELECTRONIC WORD-OF-MOUTH DAN CITRA MEREK TERHADAP NIAT PEMBELIAN ULANG PADA MEREK SMARTPHONE SAMSUNG DAN IPHONE. Jurnal EMBA.
Fridayani, J. A., Kusuma, S. E., Kusumajati, T. O., M, T. A. H., Wijayanto, W. A., & Press, S. D. U. (2023). Statistika Inferensial untuk Organisasi dan Bisnis. Sanata Dharma University Press. https://books.google.co.id/books?id=hYrcEAAAQBAJ
Hair, J. F., Hult, T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2022). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Third Edition (Third Edition). SAGE.
Hayunda, E. (2022). Pengaruh Pengalaman Belanja Online, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Di Shopee Food Dengan Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen Studi Pada Pengguna Shopee Food. Universitas Sanata Dharma.
He, Y., Wu, J., & Wang, M. (2023). Causes and Behavioral Evolution of Negative Electronic Word-of-Mouth Communication: Considering the Mediating Role of User Involvement and the Moderating Role of User Self-Construal. Sustainability, 15(1), 660.
Https://instantnoodles.org/. (2022). Demand Rankings World Instant Noodles Association. https://instantnoodles.org/en/noodles/demand/table/
Januanto, B. F. (2022). Pengaruh Suasana Toko, E-Wom, Dan Gaya Hidup Terhadap Minat Kunjung Ulang Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen Studi Pada Stomata Social Space Wonosobo. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Meilatinova, N. (2021). Social commerce: Factors affecting customer repurchase and word-of-mouth intentions. International Journal of Information Management, 57, 102300.
miegacoan.com. (n.d.). Https://Miegacoan.Com/. Retrieved September 7, 2022, from https://miegacoan.com/
Mulyana, A., & Andreani, F. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Pelanggan Shao Kao Kertajaya melalui Kepuasan Pelanggan. Agora, 7(2).
Nazir, S., Khadim, S., Asadullah, M. A., & Syed, N. (2023). Exploring the influence of artificial intelligence technology on consumer repurchase intention: The mediation and moderation approach. Technology in Society, 72, 102190.
Pandelaki, B. K., Mandey, S. L., Ch Raintung, M., Manajemen, J., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2023). THE INFLUENCE OF ELECTRONIC WORD OF MOUTH, LOCATION AND PRICE ON PURCHASE INTEREST AT R-ZONE CAFE LANGOWAN Oleh. In 312 Jurnal EMBA (Vol. 11, Issue 1).
Prasetyo, Y. T., Castillo, A. M., Salonga, L. J., Sia, J. A., Chuenyindee, T., Young, M. N., Persada, S. F., Miraja, B. A., & Redi, A. A. N. P. (2021). Factors influencing repurchase intention in drive-through Fast Food: A structural equation modeling approach. Foods, 10(6), 1205.
Rembon, A., Mananeke, L., & Gunawan, E. (2017). Pengaruh Word Of Mouth Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt . Kangzen Kenko Indonesia Di Manado. Jurnal EMBA, 5(3).
Sholihin, M., & Ratmono, D. (2013). Analisis SEM-PLS dengan WarpPLS 3.0 (Seno, Ed.). CV Andi Offset.
Solimun, Fernandes, A. A. R., & Nurjannah. (2022). Metode Statistika Multivariat Pemodelan Persamaan Struktural (SEM). UB Press.
Triyoko. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Ulang di Kedai Yoko. Jurnal Daya Saing, 157.
Urdea, A.-M., Constantin, C. P., & Purcaru, I.-M. (2021). Implementing experiential marketing in the digital age for a more sustainable customer relationship. Sustainability, 13(4), 1865.
Wattoo, M. U., & Iqbal, S. M. J. (2022). Unhiding nexus between service quality, customer satisfaction, complaints, and loyalty in online shopping environment in Pakistan. Sage Open, 12(2), 21582440221097920.
Wertheim-Heck, S. C. O., & Raneri, J. E. (2020). Food policy and the unruliness of consumption: An intergenerational social practice approach to uncover transforming food consumption in modernizing Hanoi, Vietnam. Global Food Security, 26, 100418.
Yang, C., Sun, Y., Wang, N., & Shen, X.-L. (2023). Disentangling the antecedents of rational versus emotional negative electronic word of mouth on a peer-to-peer accommodation platform. Internet Research.