PENGARUH KECERDASAN LOGIKA-MATEMATIS, KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN HASIL BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI TERHADAP KINERJA AKADEMIK
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kecerdasan logika-matematis, kecerdasan intrapersonal dan hasil belajar pengantar akuntansi terhadap tingkat prestasi akademik. Sampel dalam penelitian ini adalah lulusan akuntansi Universitas Negeri Malang periode wisuda tahun 2021/2022. Penelitian kuantitatif explanatory ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan data primer berupa tes dan angket serta data sekunder berupa nilai akademik dari jurusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan logika matematis dan hasil belajar pada pengantar akuntansi berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi akademik. Selanjutnya, kecerdasan intrapersonal tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi akademik akhir siswa.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Agung, G., & Budiani, M. S. (2013). Hubungan antara kecerdasan emosi dan self efficacy dengan tingkat stres. Jurnal Penelitian Psikologi, 1(2), 6.
Alfasina, H., Siswandari, S., & Susanti, A. D. (2019). Hubungan Kecerdasan Logis-Matematis Dan Efikasi Diri Dengan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Pembelajaran Akuntansi. Tata Arta: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 5(3).
Armstrong, K., & Kotler, P. (2015). Marketing an Introducing Prentice Hall. England: Pearson Education, Inc.
Chang, C. F. (2008). Teaching accounting to learners with diverse intelligence. Available at SSRN 1327578.
Fernando, G., & Cabrera, J. (2009). Multiple Intelligences as Predictor of Academic Performance in Accounting: Evidence from a Private University in the Philippines. Available at SSRN 2158151.
Indria, A. (2020). Multiple intelligence. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 3(1).
Irwansyah, M. R. (2013). Pengaruh hasil belajar dasar-dasar akuntansi, matematika ekonomi dan bisnis dan minat terhadap pemahaman akuntansi yang dikategorikan berdasarkan gaya belajar. Jurnal IKA, 11(2).
Khairani, M. (2013). Psikologi belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 184.
Liu, G., Cheng, G., Hu, J., Pan, Y., & Zhao, S. (2020). Academic self-efficacy and postgraduate procrastination: A moderated mediation model. Frontiers in Psychology, 11, 1752.
Melandy, R., & Aziza, N. (2006). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, Kepercayaan diri, Sebagai Variabel Pemoderasi. SNA.
Nasional, K. P. (2010). Universitas Negeri Malang. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Edisi Ke Lima.
Palgunadi, A. P. (2014). Pengaruh Hasil Belajar Matematika, Ekonomi dan Minat Belajar terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2).
Pratama, S. A., & Permatasari, R. I. (2021). Pengaruh penerapan standar operasional prosedur dan kompetensi terhadap produktivitas kerja karyawan divisi ekspor pt. Dua kuda indonesia. Jurnal Ilmiah M-Progress, 11(1).
Prayogoh, D. A. (2017). Pengaruh kecerdasan logis-matematis, hasil belajar pengantar akuntansi, dan penggunaan media pembelajaran terhadap tingkat pemahaman akuntansi di SMK negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2).
Shaban, O. (2015). The Relationship Between Mathematics Grades and the Academic Performance of The Accounting Students Department (A case Study on Accounting... European Proceedings of Social and Behavioural Sciences.
Sudjana, N. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar.