PENGARUH KECERDASAN LOGIKA-MATEMATIS, KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN HASIL BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI TERHADAP KINERJA AKADEMIK

Main Article Content

Siti Nur Kholifah
Sriyanti Mentari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kecerdasan logika-matematis, kecerdasan intrapersonal dan hasil belajar pengantar akuntansi terhadap tingkat prestasi akademik. Sampel dalam penelitian ini adalah lulusan akuntansi Universitas Negeri Malang periode wisuda tahun 2021/2022. Penelitian kuantitatif explanatory ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan data primer berupa tes dan angket serta data sekunder berupa nilai akademik dari jurusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan logika matematis dan hasil belajar pada pengantar akuntansi berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi akademik. Selanjutnya, kecerdasan intrapersonal tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi akademik akhir siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kholifah, S. N., & Mentari, S. (2024). PENGARUH KECERDASAN LOGIKA-MATEMATIS, KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN HASIL BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI TERHADAP KINERJA AKADEMIK. JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 12(1), 79–92. https://doi.org/10.26740/jepk.v12n1.p79-92
Section
Articles

References

A Said Hasan Basri, B. (2017). Prokrastinasi akademik mahasiswa ditinjau dari religiusitas. PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA DITINJAU DARI RELIGIUSITAS, 14(2), 54–77.

Agung, G., & Budiani, M. S. (2013). Hubungan antara kecerdasan emosi dan self efficacy dengan tingkat stres. Jurnal Penelitian Psikologi, 1(2), 6.

Alanzi, K. A., & Alfraih, M. M. (2017). Does accumulated knowledge impact academic performance in cost accounting? Journal of International Education in Business, 10(01), 2–11.

Alanzi, K. A., & Alfraih, M. M. (2018). The effect of students’ performance in introductory accounting on college duration: Evidence from Kuwait. Journal of Global Responsibility, 9(3), 247–260.

Alfasina, H., Siswandari, S., & Susanti, A. D. (2019). Hubungan Kecerdasan Logis-Matematis Dan Efikasi Diri Dengan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Pembelajaran Akuntansi. Tata Arta: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 5(3).

Armstrong, K., & Kotler, P. (2015). Marketing an Introducing Prentice Hall. England: Pearson Education, Inc.

Astuti, A., Waluya, S. B., & Asikin, M. (2020). The important of creative thinking ability in elementary school students for 4.0 era. International Journal of Educational Management and Innovation, 1(1), 91–98.

Auliana, R. A., & Andayani, E. S. (2021). Pengaruh kecerdasan logika-matematis, kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal terhadap tingkat pemahaman pengantar akuntansi. Perspektif: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika, 19(1), 91–98.

Chang, C. F. (2008). Teaching accounting to learners with diverse intelligence. Available at SSRN 1327578.

Coetzee, L. R. (2011). The relationship between students’ academic self-concept, motivation and academic achievement at the university of the Free State. University of South Africa Pretoria, South Africa.

Daff, L., De Lange, P., & Jackling, B. (2012). A comparison of generic skills and emotional intelligence in accounting education. Issues in Accounting Education, 27(3), 627–645.

Edward Beck, J., & Halim, H. (2008). Undergraduate internships in accounting: What and how do Singapore interns learn from experience? Accounting Education: An International Journal, 17(2), 151–172.

Efrata Tarigan, T. P., & Sitepu, E. (2020). Kecerdasan Emosional dalam Mengatasi Tekanan di Masa Akhir Studi. Jurnal Teologi Pantekosta, 3(1), 25–35.

Fachrozie, R., Sofia, L., & Ramadhani, A. (2021). Hubungan Kontrol Diri dengan Kecemasan pada Mahasiswa Tingkat Akhir dalam Menyelesaikan Skripsi. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(3), 509–518.

Fernando, G., & Cabrera, J. (2009). Multiple Intelligences as Predictor of Academic Performance in Accounting: Evidence from a Private University in the Philippines. Available at SSRN 2158151.

Haq, A., & Permanasari, L. (2021). Pengaruh Hasil Belajar Matematika terhadap Hasil Belajar Akuntansi pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Banjarmasin. Indonesian Journal of Applied Accounting and Finance, 1(1), 115–122.

Ibrahim, A., & Usman, B. A. (2015). Influence of Entry Grades in Mathematics and Principles of Accounting on Students Performance in Financial Accounting in Nasarawa State Colleges of Education Akwanga, Nigeria. Research Journal of Finance and Accounting, 6(1), 76–83.

Indria, A. (2020). Multiple intelligence. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 3(1).

Irwansyah, M. R. (2013). Pengaruh hasil belajar dasar-dasar akuntansi, matematika ekonomi dan bisnis dan minat terhadap pemahaman akuntansi yang dikategorikan berdasarkan gaya belajar. Jurnal IKA, 11(2).

Javanmard, A., Hoshmandja, M., & Ahmadzade, L. (2012). Investigating the relationship between self-efficacy, cognitive and metacognitive strategies, and academic self-handicapping with academic achievement in male high school students in the tribes of Fars Province. Journal of Iife Science and Biomedicine, 3(1), 27–34.

Kemendikbud, K. (2021). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Jenjang TK, SD, SMP, SMA dan SMK. Permendikbud, 1–25.

Khairani, M. (2013). Psikologi belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 184.

Liu, G., Cheng, G., Hu, J., Pan, Y., & Zhao, S. (2020). Academic self-efficacy and postgraduate procrastination: A moderated mediation model. Frontiers in Psychology, 11, 1752.

Mahmud, N., & AR, R. A. (2017). Pengaruh kecerdasan intrapersonal terhadap prestasi belajar matematika siswa ditinjau dari tingkat akreditasi sekolah SMA Negeri di Kabupaten Polewali Mandar. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 5(2), 153–167.

Matapere, N. M., & Nugroho, P. I. (2020). Pengaruh Hasil Belajar Pengantar Akuntansi Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Prodi Akuntansi UKSW Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 4(1), 257–270.

Melandy, R., & Aziza, N. (2006). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, Kepercayaan diri, Sebagai Variabel Pemoderasi. SNA.

Mulyati, B. (2021). ANALISIS BUTIR SOAL URAIAN MATA KULIAH PENGANTAR AKUNTANSI 1. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi Dan Keuangan, 4(2), 178–186.

Nasional, K. P. (2010). Universitas Negeri Malang. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Edisi Ke Lima.

Ndia, L., Solihatin, E., & Syahrial, Z. (2020). The Effect of Learning Models and Multiple Intelligences on Mathematics Achievement. International Journal of Instruction, 13(2), 285–302.

Nurfajri, E., & Rochmawati, R. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Logis Matematis terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa dengan Minat Belajar sebagai Variabel Intervening. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1612–1622.

Palgunadi, A. P. (2014). Pengaruh Hasil Belajar Matematika, Ekonomi dan Minat Belajar terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2).

Pehlivan, A., & Durgut, M. (2017). The effect of logical-mathematical intelligence on financial accounting achievement according to multiple intelligence theory. Journal of Education & Social Policy, 4(3), 132–139.

Pouraghajan, A., Malekian, E., Emamgholipour, M., Lotfollahpour, V., & Bagheri, M. M. (2012). The relationship between capital structure and firm performance evaluation measures: Evidence from the Tehran Stock Exchange. International Journal of Business and Commerce, 1(9), 166–181.

Pratama, S. A., & Permatasari, R. I. (2021). Pengaruh penerapan standar operasional prosedur dan kompetensi terhadap produktivitas kerja karyawan divisi ekspor pt. Dua kuda indonesia. Jurnal Ilmiah M-Progress, 11(1).

Prayogoh, D. A. (2017). Pengaruh kecerdasan logis-matematis, hasil belajar pengantar akuntansi, dan penggunaan media pembelajaran terhadap tingkat pemahaman akuntansi di SMK negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2).

Rohmah, W., Sari, D. E., & Wulansari, A. (2019). PEMBELAJARAN BERBASIS TEACHING FACTORY DI SMK NEGERI 2 SURAKARTA. 29(2), 78–85.

Saputri, M. E. E. (2018). Analisis Kemampuan Numerik Mahasiswa Jurusan Akuntansi STIE Gentiaras. GEMA: Journal of Gentiaras Management and Accounting, 10(1), 34–41.

Sari, S. A., & Suryani, A. W. (2020). Accounting Students’ Academic Performance by Their Background Information. Jurnal Ilmu Pendidikan, 26(2), 54–61.

Shaban, O. (2015). The Relationship Between Mathematics Grades and the Academic Performance of The Accounting Students Department (A case Study on Accounting... European Proceedings of Social and Behavioural Sciences.

Sudjana, N. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar.

Sulasteri, S. R. I., Nur, F., & Kusumayanti, A. (2019). Faktor-faktor penyebab keterlambatan mahasiswa uin alauddin makassar menyelesaikan skripsi. Idaarah, 3(1), 96–113.

Todri, V., Ghose, A., & Singh, P. V. (2020). Trade-offs in online advertising: Advertising effectiveness and annoyance dynamics across the purchase funnel. Information Systems Research, 31(1), 102–125.

Villamar Seme, J. P. (2020). Actividades lúdicas y capacidades emocionales en niños de 2 grado de primaria, Durán-2020.

Wirawan, C. (2020). Teknik Data Mining Menggunakan Algoritma Decision Tree C4. 5 untuk Memprediksi Tingkat Kelulusan Tepat Waktu. Applied Information System and Management (AISM), 3(1), 47–52.