PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN LINGKUNGAN SOSIAL DIMODERASI TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP PENGGUNAAN QRIS PADA PELAKU UMKM DI KOTA SURAKARTA

Main Article Content

Febriyani Fitri Rachmawati
Sudarno Sudarno
Muhammad Sabandi

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan dan lingkungan sosial terhadap penggunaan QRIS pelaku UMKM di Kota Surakarta serta apakah perbedaan tingkat pendidikan dapat memoderatori literasi keuangan dan lingkungan sosial terhadap penggunaan QRIS atau tidak. Sampel penelitian sebanyak 135 pelaku UMKM Kota Surakarta yang diambil menggunakan teknik non-probability sampling dengan data dikumpulkan melalui angket berisi skala likert 1-5 poin. Uji validitas melalui Confirmatory Factor Analysis (CFA), uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha (α) dan uji hipotesis melalui analisis regresi hirarki dan Moderated Regression Analysis (MRA) menggunakan software SPSS 25. Hasil penelitian membuktikan bahwa tingkat literasi keuangan dan pengaruh lingkungan sosial berdampak pada penggunaan QRIS pelaku UMKM Kota Surakarta. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa perbedaan tingkat pendidikan pelaku UMKM tidak dapat memperkuat atau memperlemah (tidak memoderatori) pengaruh tingkat literasi keuangan dan lingkungan sosial terhadap penggunaan QRIS.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rachmawati, F. F., Sudarno, S., & Sabandi, M. (2023). PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN LINGKUNGAN SOSIAL DIMODERASI TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP PENGGUNAAN QRIS PADA PELAKU UMKM DI KOTA SURAKARTA. JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 11(1), 21–36. https://doi.org/10.26740/jepk.v11n1.p21-36
Section
Articles

References

Alony, I., Hasan, M., & Paris, C. (2014). Applying Attribution Theory to IS Research as a Practical Method for Assessing Post-Adoption Behaviour. ECIS 2014 Proceedings-22nd European Conference on Information System, 1-13.

Andreou, P. C. & Anyfantaki, S. (2021). Financial Literacy and its Influence on Internet Banking Behavior. European Management Journal, 39, 658-674. https://doi.org/10.1016/j.emj.2020.12.001

Asiati, D., Aji, G. B., Ngadi, Triyono, Ningrum, V., Kurniawan, F. E., dkk. (2019). UMKM dalam Era Transformasi Digital. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Atkinson, A. dan Messy, F. (2012). Measuring Financial Literacy: Results of the OECD/International Network on Financial Education (INFE) Pilot Study. OECD Working Papers on Finance, Insurance and Private Pensions, 15, OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/20797117

Badan Pusat Statistik. (2018). Potensi Usaha Mikro Kecil. Jakarta.

Bakri, A. M., Ramadhani, N., & Ariska. (2020). Analisis Tingkat Literasi Keuangan Mahasiswa Manajemen Angkatan 2017 Universitas Fajar Terhadap Produk E-Money. Jurnal Manajemen dan Organisasi Review (MANOR), 2(2), 141-149.

Bongomin, G. O. C., Ntayi, J. M., Munene, J. C., & Malinga, C. A. (2017). The Relationship between Access to Finance and Growth of SMEs in Developing Economics. Review of International Business and Strategy, 27(4), 520-538. https://doi.org/10.1108/RIBS-04-2017-0037

Chauhan, S. (2015). Acceptance of Mobile Money by Poor Citizens of India: Integrating Trust into the Technology Acceptance Model. Info, 17(3), 58-68. https://doi.org/10.1108/info-02-2015-0018

Dinas Koperasi Usaha Kecil & Menengah Provinsi Jawa Tengah. (2022). Data UMKM Per Kab/Kota. Diperoleh 7 Juni 2022, dari https://satudata.dinkop-umkm.jatengprov.go.id/data/umkm-kabkota.

Giriani, A. P. & Susanti. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Fitur Layanan, dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Penggunaan E-Money. Jurnal Akuntansi dan Ekonomi, 6(2), 27-37. 10.29407/jae.v6i2.15921

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis: A Global Perspective. Pearson Prentice Hall.

Heider, F. (1958). The Psychology of Interpersonal Relations. Wiley.

Kar, A. K. (2021). What Affects Usage Satisfaction in Mobile Payments? Modelling User Generated Content to Develop the “Digital Service Usage Satisfaction Model”. Information Systems Frontiers, 23, 1341-1361. https://doi.org/10.1007/s10796-020-10045-0

Kelley, H. H. & Michela, J. L. (1980). Attribution Theory and Research. Annual Review Psychology, 31, 457-501.

Mahyarni. (2013). Theory of Reasoned Action dan Theory of Planned Behavior (Sebuah Kajian Historis tentang Perilaku). Jurnal El-Riyasah, 4(1), 13-23. http://dx.doi.org/10.24014/jel.v4i1.17

Morgan, P. J. & Trinh, L. Q. (2020). Fintech and Financial Literacy in Vietnam. ADBI working papers, 1154.

Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24-44. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530

OECD. (2013). Financial literacy and inclusion: Results of OECD/INFE survey across countries and by gender. OECD Publishing.

Pertiwi & Purwanto. (2021). Analysis of Adopting Millennial Generation Financial Technology (Fintech) Services. International Journal of Business Management and Economic Review, 4(03), 36-47. 10.35409/IJBMER.2021.3257

Potrich, A. C. G. & Vieira, K. M. (2018). Demystifying financial literacy: a behavioral perspective analysis. Management Research Review, 41(9), 1047-1068. https://doi.org/10.1108/MRR-08-2017-0263

Prabhakaran, S. & Vasantha, S. (2020). Effect of Social Influence on Intention to Use Mobile Wallet with The Mediating Effect of Promotional Benefits. Journal of Xi’an University of Architecture & Technology, 12(2), 3003-3019.

Schmitt, J. (2014). Attribution Theory. Wiley Encyclopedia of Management, 9.

Sekarsari, K. A. D., Indrawati, C. D. S., & Subarno, A. (2021). Optimalisasi Penerapan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) pada Merchant di Wilayah Surakarta. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 5(2), 42-57. https://doi.org/10.20961/ jikap.v5i2.51487

Shanab, E. A. (2011). Education Level as a Technology Adoption Moderator. 3rd International Conference on Computer Research and Development, 11975613. 10.1109/ICCRD.2011.5764029

Sobti, N. (2019). Impact of Demonetization of Diffusion of Mobile Payment Service in India: Antecedents of Behavioral Intention and Adoption Using Extended UTAUT Model. Journal of Advances in Management Research, 16(4), 472-497. https://doi.org/10.1108/JAMR-09-2018-0086

Tavitiyaman, P., Zhang, X., & Tsang, W. Y. (2020). How Tourist Perceive the Usefulness of Technology Adoption in Hotels: Interaction Effect of Past Experience and Education Level. Journal of China Tourism Research, 18(1), 64-87. https://doi.org/10.1080/19388160.2020.1801546

Telkom Indonesia. (2022). QRIS QR Code Standar Pembayaran Nasional. Diperoleh 20 Juli 2022, dari https://qris.id/homepage/.

Venkatesh, V., Morris, M. G., Davis, G. B., & Davis, F. D. (2003). User Acceptance of Information Technology: Toward a Unified View. MIS Quarterly, 27(3), 425-478. https://doi.org/10.2307/30036540

Yang, J., Wu, Y., & Huang, B. (2020). Digital Finance and Financial Literacy: An Empirical Investigation of Chinese Households. ADBI Working Paper Series.

Zuraya, N. 2021, 27 Agustus. BI: Bali Peringkat Ketujuh Jumlah Merchant QRIS Tertinggi. Republika.co.id. Diperoleh 6 September 2022, dari https://www.republika.co.id/berita/qyg5jg383/bi-bali-peringkat-ketujuh-jumlah-merchant-qris-tertinggi.