PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI PERGURUAN TINGGI (STUDI ANALISIS KUANTITATIF DESKRIPTIF TERHADAP PROFIL KARAKTER KINERJA MAHASISWA)
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur profil karakter kinerja mahasiswa pada pembelajaran kewirausahaan. Karakter kinerja perlu dikuatkan dan dibangun para mahasiswa untuk membangun jiwa kewirausahaan. Beberapa aspek yang dilihat pada karakter kinerja mencakup pada ketekunan, keuletan, etika kerja yang kuat, sikap positif, kecerdikan dan disiplin diri. Adapun metode yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif. Analisis deskriptif digunakan untuk membantu merangkum trend atau kecendrungan secara keseluruhan data yang diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profil karakter kinerja mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta di Tasikmalaya berada pada kategori cukup berkualitas. Hasil temuan mengenai karakter kinerja, berimplikasi pada harus adanya pengembangan model pembelajaran, sehingga dapat membangun karakter kinerja khususnya pada mahasiswa.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Bahri, D. S. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Davidson, M., Lickona, T., & Khmelkov, V. (2008). Smart & good schools: A new paradigm for high school character education.
Ekpo, P. (2010). An evaluation of graduate unemployment among university students in Nigeria. Daily Independent, 2(7), 10.
Faiz, A. (2019). Program Pembiasaan Berbasis Pendidikan Karakter Di Sekolah. PGSD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 5(20). https://doi.org/htps://doi.org/10.32534/jps.v5i2.741
H.A.R Tilaar. (2016). Pedagogik teoritis untuk Indonesia. Kompas Media Nusantara.
Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2020, Pub. L. No. 05 November 2020 (2020).
Liguori, E., & Winkler, C. (2020). From Offline to Online: Challenges and Opportunities for Entrepreneurship Education Following the COVID-19 Pandemic. SAGE Publications Sage CA: Los Angeles, CA.
Nwachukwu, A. C., & Ogbo, A. (2012). The role of entrepreneurship in economic development: The Nigerian perspective. European Journal of Business and Management, 4(8), 96.
Riyanti. (2020). Pengembangan Perangkat pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi STEM Berbasis E-Learning untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.
Silfia, M. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dalam Menghadapi Era Revolusi Industri. Elex Media Komputindo.
Uzoagulu, A. E. (2012). Entrepreneurial education in Nigeria. The 27th Annual Congress of the Nigerian Academy of Education.