Pengaruh Atraksi Wisata, Amenitas dan Aksesibilitas terhadap Keputusan Berkunjung pada Objek Wisata Religi Makam KH. Abdurrahman Wahid

Authors

  • Gabriele Lailatul Muharromah Universitas Negeri Surabaya
  • Moch Khoirul Anwar Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jekobi.v3n2.p152-164

Keywords:

Accessibility, Amenity, Tourist attraction, Visiting decision

Abstract

Every year, the number of tourist visit religious tourist attraction, KH. Abdurrahman Wahid cemetery increases. The tourist decision to visit a tourist attraction place can be influenced by several factors, such as tourist attractions, amenities and accessibility. The purpose of this research is to know the impact of tourist attractions, amenities, and accessibility to the decision of visit on the religious tourism KH. Abdurrahman Wahid cemetery. The research methods used are quantitative research and used multiple linear regression analyses. The results showed that tourist attraction variables and accessibility variables were positive and significant to the visiting decision. But the variable of amenities had no significant effect on the visiting decision. Simultaneously variable tourist attractions, amenities and accessibility affected the variable of visiting decisions.

References

Bappenas. 2018. Masterplan Ekonomi Syariah 2019-2024. Tersedia di https://ubico.id/wp-content/uploads/2019/05/Masterplan-Ekonomi-Syariah-Indonesia-2019-2024_Terbaru.pdf. Diakses tanggal 20 Oktober 2019.

Badan Pusat Statistik. 2018. Statistik Kunjungan Wisatawan Mancanegara. Tersedia di https://www.bps.go.id/publication/2019/08/28/f2e676c8c2b7ae33

a28b88/statistik-kunjungan-wisatawan-mancanegara-2018.html). Diakses tanggal 8 November 2019.

Badan Pusat Statistik. 2018. Statistik Wisatawan Nusantara. Tersedia di https://www.bps.go.id/publication/2019/07/02/5249c2b645e21291b51dfc1a/statistik-wisatawan-nusantara-2018.html. Diakses tanggal 8 November 2019.

Badan Pusat Statistik. 2019. Kabupaten Jombang dalam Angka 2019. Tersedia di https://jombangkab.bps.go.id/publication/2019/08/16/13ed62a0f2f7470798e508f1/kabupaten-jombang-dalam-angka-2019.html. Diakses tanggal tanggal 10 Desember 2019.

Crescent Rating. 2018. Global Muslim Travel Index. Tersedia di https://www.crescentrating.com/download/thankyou.html?file=X7UrOM8Y_GMITI-Report-2018-web-version%281%29.pdf Diakses tanggal 22 Oktober 2019.

Fadeli, S., & Subhan, M. 2012. Antologi NU Sejarah Istilah Amaliah Uswah. Surabaya: Khalista.

Hapsari, N. R., Lubis, N., & Widiartanto. 2014. Pengaruh Atribut Produk Wisata Dan Electronic Word Of Mouth ( eWOM ) Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Obyek Wisata Umbul Sidomukti Kabupaten Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(4): 249–259.

Hermansyah. 2016. Potensi Besar Wisata Religi. Koran Sindo. Tersedia di http://koran-sindo.com/page/news/2016-05 29/0/0/Potensi_Besar_ Wisata_Religi. Diakses tanggal 8 November 2019.

Listianingrum, A. 2019. Pengaruh Daya Tarik, Aksesibilitas, dan Fasilitas terhadap Keputusan Berkunjung di Objek Wisata Pantai Muarareja Indah Kota Tegal. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasakti. Tegal.

Malisti, R. F., Wahyudi, P., & Hastari, S. 2019. Pengaruh Atribut Produk Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Pemandian Wisata Alam Banyubiru. Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi, 4(1): 23–29.

Muflikhah, V., Mbulu, Y. P., & Adhi, I. M. 2018. Pengaruh Electronic Word of Mouth di Media Sosial Instagram dan Atribut Produk Wisata terhadap Keputusan Berkunjung di Floating Market Lembung. Journal of Tourism Destination and Attraction, 6(2): 16–29.

Muljadi, A. J., & Warman, A. 2010. Kepariwisataan dan Perjalanan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mulyati, Y., & Masruri. 2019. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Berkunjung Wisatawan Domestik Ditinjau dari Perspektif Daya Tarik Destinasi Wisata Kota Bukitinggi. Menara Ilmu LPPM UMSB, 13(1): 190–205.

Pew Research. 2015. The Countries With The 10 Largest Cristian Populations and The 10 Largest Muslim Populations. Tersedia di https://www.pewresearch.org. Diakses tanggal 19 Oktober 2019.

Priatmoko, S. 2017. Pengaruh Atraksi, Mediasosial, Dan Infrastruktur Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Desa Wisata Pentingsari Yogyakarta. Jurnal Khasanah Ilmu, 8(1): 72–82.

Priyadi, U. 2016. Pariwisata Syariah Prospek dan Perkembangan. Yogyakarta: UPPSTIM YKPN.

Setiawan. 2019. Pariwisata Halal Indonesia Naik 45 Persen, Ini Kata Kemenpar. Tempo. Tersedia di https://travel.tempo.co/read/1175351/pariwisata-halal-indonesia-naik-45-persen-ini-kiat-kemenpar/full&view=ok. Diakses tanggal 3 November 2019.

Soekadijo, R. G. 2003. Anatomi Pariwisata. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sumayang, L. 2003. Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Bandung: Alfabeta.

Suryadana, M., & Octavia, V. 2015. Pengantar Pemasaran Pariwisata. Bandung: Alfabeta.

Susanthiasih, P., & Rusliani. 2017. Pelayanan dan Fasilitas Wisata Pulau Pahawang di Tinjau dari Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi Islam, 8(2): 123–135.

Suwantoro. 2004. Dasar-dasar Pariwisata. Yogyakarta: ANDI.

Syafi’i. 2017. Kawasan Wisata Religi Makam Gus Dur Ditetapkan Sebagai yang Terbaik. Faktual News. Tersedia di https://faktualnews.co/2017/11/21/

kawasaan-wisata-religi-makam-gus-dur-ditetapkan-terbaik/48409/. Diakses tanggal 22 Oktober 2019

Yoeti, O. A. 2005. Perencanaan Strategi Pemasaran Daerah Tujuan Wisata. Jakarta: PT. Pradnya Pramita.

Downloads

Published

2020-08-10

How to Cite

Muharromah, G. L., & Anwar, M. K. (2020). Pengaruh Atraksi Wisata, Amenitas dan Aksesibilitas terhadap Keputusan Berkunjung pada Objek Wisata Religi Makam KH. Abdurrahman Wahid. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(2), 152–164. https://doi.org/10.26740/jekobi.v3n2.p152-164

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 3584 , PDF Downloads: 3394