Analisis Strategi marketing Syariah Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen Pada Kopi Kenangan Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.26740/jekobi.v8n1.p102-112Kata Kunci:
Strategi Marketing Syariah, Minat Beli Konsumen, cofeeshopAbstrak
Penelitian ini bertujuan agar menghindari persaingan tidak sehat dan hal hal yang menyimpang dari syariat karena menimbulkan pendapatan bisnis yang tidak halal, melakukan strategi marketing syariah (teitis, etis, realistis, humanistis) dapat menanggulangi dampak tersebut. Menganalisis strategi marketing syariah di Kopi Kenangan Surabaya adalah tujuan yang dipilih peniliti. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan memperoleh data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan sumber data primer maupun sekunder. Sumber data primer yang dipilih adalah wawancara dengan Strore Manager Kopi Kenangan Surabaya, karyawan, dan konsumen. Sedangkan sumber data sekundernya, adalah jurnal atau literatur mengenai marketing syariah. Berdasakan pada hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa strategi marketing syariah untuk meningkatkan minat beli konsumen pada Kopi Kenangan Surabaya The Avenue MERR dinilai memenuhi syariat Islam dan berhasil meningkatkan minat beli konsumennya dengan beberapa faktor pendukung yang mempengaruhi minat beli konsumen. Akan dirasa baik jika penelitian dilakukan dengan mencari pengaruh strategi marketing syariah yang berdampak kepada minat beli konsumen.
Referensi
Adams, M. (2020). Implementasi Prinsip-Prinsip Bisnis Islam Di Coffee Shop Doro Putih Malang. Journal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya.
Agustin. (2017). Studi Kelayakan Bisnis Syariah (Cetakan 2,). Depok: Rajawali Pers.
Al-Arif. (2010). Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.
Arifin J. (2009). Etika Bisnis Islam. Semarang: Walisongo Pers.
Cahya. (2019). Meramal Usia Kopi Susu Kekinian: Hanya Tren atau Panjang Umur Betulan? https://www.idntimes.com/food/dining-guide/putriana-cahya/tren-kopi-susu-kekinian/11
Dimas Tresnanda, H. (2022). Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam E-ISSN: 2686-620X Halaman X-X. 1, 1–11.
Faathir, M., & Sulthan, M. A. (2019). Implementasi Etika Bisnis Islam Pelaku Usaha Mikro : Studi Kasus Pada Pelaku Usaha Mikro Syariah Puspa Bank Indonesia Wilayah Jawa Barat Di Bandung Tahun 2017 ARTICLE INFO : 19(1), 36–43.
Fauzan, R., Supryanita, R., & Rahmatika. (2019). Daya Saing Pada Bisnis Kafe Di Kota Bukittinggi (Studi Kasus Kafe Teras Kota). 79, 1–14.
Ferdinand. (2002). Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Semarang.
Hasanah. (2006). Pengaruh Karakteristik Marketing Syariah terhadap Keputusan menjadi Nasabah BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 3(1).
International Coffee Organization. (2020). World Coffee Consumptions. http://www.ico.org/prices/new-consumption-table.pdfJeff, M. (2001). Pengantar Bisnis. Edisi Pertama. Salemba Empat.
Katadata. (2019). Usung Konsep Grab and Go, Kopi Kenangan Jual 2 Juta Kopi per Bulan. https://katadata.co.id/desysetyowati/berita/5e9a4e61f2e71/usung-konsep-grab-and-go-kopi-kenangan-jual-2-juta-kopi-per-bulan
Kertajaya dan Sula. (n.d.). Syariah Marketing. Graha Persada.
Kertajaya, H., & Sula, M. (2006). Syariah Marketing. Bandung: Mizan.
Kotler, & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Luwu, K. (2017). Al-Amwal : Journal of Islamic Economic Law Maret 2017, Vo.2, No. 1 https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/alamwal/index. 4(1), 70–84.
Malahayatie. (2019). Etika Marketing, Malahayatie. Jurnal JEKape Vol No 1, 75–93.
Nasuka, M. (2020). Konsep Marketing Mix Dalam Perspektif Islam: Suatu Pendekatan Maksimalisasi Nilai. BISEI : Jurnal Bisnis Dan Ekonomi Islam, 05(01), 27–46.
Pandiangan, K., & Atmogo, Y. D. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Brand Equity : Brand Trust , Brand Image , Perceived Quality , & Brand. 2(4), 471–484.
Pratama, F. A., Hanan, A., Alirahman, A. D., Ridwan, M., & Fauziah, F. (2021). Implementasi Marketing Syariah Dalam Upaya Meningkatkan Minat Beli Konsumen di Al-Bahjah Mart Pusat Kabupaten Cirebon. Ecopreneur : Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 2(2), 201. https://doi.org/10.47453/ecopreneur.v2i2.461
Purnama Putra, W. H. (2018). Teori dan Praktik Pemasaran Syariah. PT Raja Grafindo Persada.Putri, M. A., Oktafia, R., Islam, F. A., Sidoarjo, U. M., & Saing, D. (2021). Strategi pemasaran syariah dalam meningkatkan daya saing umkm kerupuk desa tlasih tulangan sidoarjo. 4(November).
Rafliatha, M., Suharyati, S., & Aryani, L. (2021). Analisis Keputusan Pembelian Online Kopi Kenangan Ditinjau dari Pengaruh Marketing Mix. Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 1415–1427. https://conference.upnvj.ac.id/index.php/korelasi/article/view/1228
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D (Edisi kedua). Bandung: Alfabeta.
Sukirno, S. (2010). Makroekonomi : Teori Pengantar. PT. Raja Grasindo Perseda.
Wahidmurni. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ahmad An Naqib Naqib, Ahmad Ajib Ridlwan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Abstract views: 99
,
PDF Downloads: 109








