Pengaruh Kualitas Pelayanan, Pemasaran Syariah Dan Etika Bisnis Syariah Terhadap Keputusan Generasi Milenial Menjadi Nasabah Pada Bank Syariah Di Surabaya

Penulis

  • Fortuna Septiyaning Warni Universitas Negeri Surabaya
  • Rachma Indrarini Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

customer decisions, Islamic banks, millennial generation , Islamic Business Ethics, Islamic Marketing

Abstrak

Berkembangnya perbankan syariah menyebabkan industri perbankan menjadi semakin kompetitif, yaitu persaingan antara perbankan syariah dan perbankan konvensional atau sesama bank syariah untuk memperoleh keuntungan masing-masing. Saat ini generasi milenial dinilai sebagai potensial konsumer bagi perbankan syariah. Generasi milenial memiliki potensi untuk meningkatkan aktivitas ekonomi termasuk pada ekonomi Syariah. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal, dan menggunakan metode non-probabilitas sampling. Teknik analisis Structural Equation Model (SEM) menggunakan aplikasi PLS. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa diketahui kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap keputusan generasi milenial menjadi nasabah pada bank syariah, pemasaran syariah berpengaruh terhadap keputusan generasi milenial menjadi nasabah pada bank syariah, dan etika bisnis syariah berpengaruh terhadap keputusan generasi milenial menjadi nasabah pada bank syariah. diharapkan bagi peneliti selanjutnya melibatkan variabel tambahan untuk mengidentifikasi faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi keputusan nasabah selain variabel diatas.

Referensi

Adnan, D., & Aiyub. (2020). Reinventing Potensi Generasi Milenial di Era Marketing 4.0 (Dr. Rusydi (ed.)). Sefa Bumi Persada.

Afifah, & Kurniawati, N. A. (2019). Influence of Service Quality Dimensions of Islamic Banks on Customer Satisfaction and Their Impact on Customer Loyalty. Influence of Service Quality Dimensions of Islamic Banks on Customer Satisfaction and Their Impact on Customer Loyalty, 224(11), 122–130.

Al-Qardhawi, Yusuf. 2001. Norma dan Etika Ekonomi Islam. Jakarta: Gema

Insani Press.

Asnawi, N., & Fanani, M. A. (2017). Pemasaran Syariah (Teori, Filosofi & Isuisu Kontemporer. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.

CNBC Indonesia. 2024. 10 Negara Dengan Umat Muslim Terbanyak Di Dunia, RI Nomor Berapa?. Diakses pada 5 Juni 2024. https://www.cnbcindonesia.com/research/20240310150636-128-521083/10-negara-dengan-umat-muslim-terbanyak-di-dunia-ri-nomor-berapa

Demmassabu, F. R., Lapian, S. L. H. V. J., & Tampenawas, J. L. A. (2023). Analisis pengaruh kualitas pelayanan, promosi dan inovasi produk terhadap keputusan menjadi nasabah di Bank Sinarmas Manado. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi (EMBA), Vol 11 no. 1

Departemen Agama RI. (2010). Al- qur'an Al Karim. Surabaya: Duta Ilmu.

Efilianti, D. 2018. “Etika Bisnis Dalam Pandangan Islam: Konsep Dan Implementasi Pada Pelaku Usaha Kecil.” Jurnal Ekonomi Syariah 1(2): 171–230.

Fahmi, Irham. 2014. Manajemen Keuangan Perusahaan dan Pasar Modal. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Ferdinand, Augusty. (2014). Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro. Semarang.

Fitria, T. N. (2015). Perkembangan Bank Syariah Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Vol. 01. No. 02 (Perkembangan Bank Syariah Di Indonesia), 83–84.

Ghozali, Imam. 2006. Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, I. 2015. Aplikasi Analisis Multivariate dengan ProgramSPSS.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gramedia Blog (2022). Pengertian Generasi Milenial dan Tahun Berapa Generasi Milenial. Diakses pada 06 Oktober 2023. https://www.gramedia.com/best-seller/milenial/

Hair, J. F. 2015. Multivariate Data Analysis. Seventh Edition. Prentice-Hall

Hair, J. F., Hollingsworth, C. L., Randolph, A. B., & Chong, A. Y. L. (2017). An updated andexpanded assessment of PLS-SEM in information systems research. Industrial Management &Data Systems, 117(3), 442–458

Henseler, J. (2014). Common Beliefs and Reality about Partial Least Squares: Comments on Rönkkö & Evermann (2013), Organizational Research Methods, 17(2): 182-209.

Hermawan Kertajaya, 2014, Marketing in Venus, Jakarta : Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama

Hussein, A.S. 2015. Penelitian Bisnis dan Manajemen Menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan smartPLS 3.0. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Huzaimah, I. (2018). Analisis Etika Bisnis Islam Dan Kualitas Pelayanan Dalam Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Bank Tabungan Negara (Btn) Syariah Cabang Bogor. Jurnal Ekonomi Syariah, 04(April), 164–190.

Ismail. (2013). Manajemen Perbankan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Istiqomah, and Mulyawisdawati, R.A. 2021. “The Implementation of Sharia Marketing To Increase Customer Satisfaction At Muamalat.” 6: 179–98.

Maski, G. (2010). Analisis Keputusan Nasabah Menabung: Pendekatan Komponen Dan Model Logistik Studi Pada Bank Syariah Di Malang. Journal of Indonesian Applied Economics, 4(1), 1–2010.

Muhammad, 2004. Teknik Penghitungan Bagi Hasil dan Profit Margin Pada Bank Syariah. Yogyakarta: UII Press.

Nurzati Ikramina, Amri. (2019). Pengaruh Strategi Pemasaran Syariah Terhadap Keputusan Nasabah Mengambil Pembiayaan Di BNI Syariah Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam, Volume 1 Nomor 2

Putra, Rizky Pratama, dan Sri Herianingrum. 2015. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank BRI Syariah Surabaya.” Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan 1(9): 622.

Republika (2023). Pertumbuhan Aset Perbankan Syariah Lebih Tinggi Dibanding Konvensional. Diakses pada 03 Oktober 2023. https://ekonomi.republika.co.id/berita/rpp2e0490/pertumbuhan-aset-perbankan-syariah-lebih-tinggi-dibanding-konvensional#:~:text=REPUBLIKA.CO.ID%2C%20JAKARTA,periode%20yang%20sama%20pada%202021.

K.L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi kedua belas. jilid 1. PT Index. kelompok Gramedia. Jakarta

Khafiatul Hasanah. (2016). Pengaruh Karakteristik Marketing Syariah terhadap Keputusan Menjadi Nasabah BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan, Iqtishadia.

Philip Kotler, 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta

Putritama, A. (2018). Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Industri Perbankan Syariah. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 7(1).

Qomariyah, Nurul. 2018. “Pelanggaran Etika Bisnis.” Manajemen & Bisnis Jurnal 4(2): 45–53.

Salam. A. 2020. “Etika Bisnis Islam Terhadap Loyalitas Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada BRI Syariah, Bank Muamalat Dan Bank Jateng) Di Kota Semarang.” Jurnal SEBI 2(2): 1–24.

Salam, A., & Habibah, M. (2021). Pengaruh Etika Bisnis Islam dan Bauran Pemasaran terhadap Loyalitas Nasabah dengan Keputusan Menjadi Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Studi pada BPD Jateng Syariah, BRI Syariah dan Bank Muamalat) di Kota Semarang. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 9(1), 33.

Sari et, al. 2021. Dasar Pemasaran Syariah. Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah.

Sarwono, Jonathan. 2015. Membuat Skripsi, Tesis, dan Disertasi dengan Partial Least Square SEM (PLS-SEM). Yogyakarta: ANDI. 226 hal

Schiffman, Leon.G. dan Leslie Lazar Kanuk. (2007). Perilaku Konsumen. Edisi Ke-7. Diterjemahkan oleh Zoelkifli Kasip. PT. Indeks, Jakarta

Sumantri, B. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Produk Pembiayaan Terhadap minat Dan Keputusan Menjadi Nasabah Di Bank Syariah. Jurnal Economia, 10(2), 141–147.

Tafsir Ibnu Katsir. 2015. Tafsir Surat Al Baqarah, ayat 267-269. Diakses pada tanggal 03 Juli 2024. http://www.ibnukatsironline.com/2015/04/tafsir-surat-al-baqarah-ayat-267-269.html

Tjiptono. F (2014). Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Diterbitkan

2025-04-30

Cara Mengutip

Warni, F. S., & Indrarini, R. (2025). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Pemasaran Syariah Dan Etika Bisnis Syariah Terhadap Keputusan Generasi Milenial Menjadi Nasabah Pada Bank Syariah Di Surabaya. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 8(1), 53–69. Diambil dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/jei/article/view/33688

Terbitan

Bagian

Artikel
Abstract views: 172 , PDF Downloads: 189