PENGARUH LABELISASI HALAL DAN HALAL AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOREAN FOOD PADA GEN-Z MUSLIM JAWA TIMUR

Penulis

  • Anisa Nur Cahyati Universitas Negeri Surabaya
  • Khusnul Fikriyah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jekobi.v7n1.p85-96

Kata Kunci:

Labelisasi Halal, Halal Awareness, Keputusan Pembelian, Korean Food

Abstrak

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh labelisasi halal dan halal awareness terhadap keputusan pembelian Korean Food pada Gen-Z Muslim Jawa Timur. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan sumber data primer yang didapat dari penyebaran kuesioner secara online. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 110 responden. Teknik yang digunakan dalam analisis data yaitu analisis regresi linier berganda dengan alat analisis SPSS-23. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa labelisasi halal tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, halal awareness berpengaruh terhadap keputusan pembelian serta labelisasi halal dan halal awareness berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian Korean Food pada gen-z muslim Jawa Timur. Hal tersebut menunjukkan bahwa halal awareness dapat memberikan pengaruh sedangkan labelisasi halal tidak dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen muslim Jawa Timur terhadap produk Korean Food.

Kata Kunci : Labelisasi Halal, Halal Awareness, Keputusan Pembelian, dan Korean Food.

Referensi

Arif, A. M., Sakban, A., Mayasari, D., Rejeki, S., & Nisa, H. (2023). Fanatisme dan Lunturnya Nilai Kebudayaan Gen Z: Dampak Trend K-Pop. 3

Assidiqi, S., & Julaeha, L. S. (2021). Effect Of Price, Sales Promotion And Halal Awareness Of Skin Care Product Purchase Decisions (Case Study On Shopee App Users In Jakarta). Vol. 4(No. 4). https://doi.org/10.5281/ZENODO.5851660

Azizah, S. N. (2021). Politik Hukum Produk Halal Di Indonesia. CV. Jakad Media Publishing : Surabaya.

Bayu, D. K., Ningsih, G. M., & Windiana, L. (2020). Pengaruh Labelisasi Halal, Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Chatime. 16(3).

Bawono, A. (2006). Miltivaiate Analysis Dengan SPSS.

Databoks (2023, Juli 13). Penduduk Indonesia Tembus 278 Juta Jiwa hingga Pertengahan2023.https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/07/13/penduduk-indonesia-tembus-278-juta-jiwa-hingga-pertengahan-2023

Desmayonda, A., & Trenggana, A. F. M. (2019). Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Intervening di mujigae Resto Bandung. Dinamika Ekonomi, Vol. 12 No.1.

Dewi, S. R., & Gunanto, E. Y. A. (2023). Analisis Peran E-WOM, Halal Awareness, Marketing Influencer dan Lifestyle Dalam Keputusan Pembelian Produk Makanan Impor Dalam Kemasan. EKOBIS, 24 No. 2.

Fajritami, K. N., & Utomo, H. J. N. (2021). Keputusan Pembelian Ditinjau Kualitas Produk, Label Halal dan Brand Image. Paradigma: Jurnal Masalah Sosial, Politik, dan Kebijakan, 25(2), 564. https://doi.org/10.31315/paradigma.v25i2.5326

Fawzi, Marissa G. H. (2023). Perjalanan Manajemen Industri & Jaminan Produk Halal Indonesia. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair et. al,. (2013). A primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM).

Hasan, K. S. (2014). Kepastian Hukum Sertifikasi dan Labelisasi Halal Produk Pangan. Jurnal Dinamika Hukum, 14(2). https://doi.org/10.20884/1.jdh.2014.14.2.292

Hasanah, U.-, & Rencidiptya, T. A. (2020). Daya Tarik Menjamurnya Restoran Korea di Yogyakarta. Jurnal Sosiologi Reflektif, 14(2), 255. https://doi.org/10.14421/jsr.v14i2.1762

Hendradewi, S., Mustika, A., & Darsiah, A. (2021). Pengaruh Kesadaran Halal dan Label Halal Terhadap Minat Beli Mie Instan Korea Pada Remaja Sekolah di Jakarta. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 26 No 2.

Jawa Pos. (2021, Januari 23). Penduduk Jawa Timur Didominasi Generasi Z dan Milenial.https://www.jawapos.com/berita-sekitar-anda/01308790/penduduk-jawa-timur-didominasi-generasi-z-dan-milenial

Kemenag (2023, Januari 7). Produk Ini Harus Bersertifikat Halal di 2024, Kemenag: Ada Sanksi Bagi yang Belum! https://kemenag.go.id/pers-rilis/produk-ini-harus-bersertifikat-halal-di-2024-kemenag-ada-sanksi-bagi-yang-belum-hdyhh9

Kemenag (2020, Juni 11). Menjadi Muslim, Menjadi Indonesia (Kilas Balik Indonesia Menjadi Bangsa Muslim Terbesar). https://kemenag.go.id/opini/menjadi-muslim-menjadi-indonesia-kilas-balik-indonesia-menjadi-bangsa-muslim-terbesar-03w0yt

KumparanNEWS (2017, Juni 19). Mi Samyang Haram: Semua yang Perlu Anda Tahu. https://kumparan.com/kumparannews/mi-samyang-haram-semua-yang-perlu-anda-tahu

Lestari, P. I., & Supriyanto, A. (2022). Keputusan Pembelian Mi Samyang Pada Generasi Z: Ditinjau dari Labelisasi Halal, Halal Awareness, Harga, dan Promosi. Journal of Current Research in Business and Economics, 01(02).

Lusiana, S. A., & dkk. (2022). Kimia Makanan Halal. PT Global Eksekutif Teknologi : Padang Sumatera Barat.

Nadella, A. A., & Khasanah, M. (2023). Pengaruh Labelisasi Halal, Dompet Digital, dan Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Daring Makanan Impor di Lokapasar Indonesia. 10(1).

Mursalin, A. (2023). Manajemen Pemasaran Islam. Jejak Pustaka : Yogyakarta.

Pramugari, R., Thoyib, M., Shadiq, T. F., & Mulyanto, A. I. (n.d.). The Influence Of Product Quality, Halal Certification, Halal Awareness, And Prices On The Purchase Of Cosmetic Products.

Rahmayanti, A. I. (2023). Pengaruh Drama Korea Terhadap Minat Beli Korean Food Pada Mahasiswa Surabaya.

Sanusi, A. (2011). Metodologi Penelitian Bisnis. Salemba Empat.

Tjiptono, F. (1997). Strategi Pemasaran. Andi Offset : Yogyakarta.

Diterbitkan

2024-04-30

Cara Mengutip

Cahyati, A. N., & Fikriyah, K. . (2024). PENGARUH LABELISASI HALAL DAN HALAL AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOREAN FOOD PADA GEN-Z MUSLIM JAWA TIMUR. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 7(1), 85–96. https://doi.org/10.26740/jekobi.v7n1.p85-96

Terbitan

Bagian

Artikel
Abstract views: 1819 , PDF Downloads: 1791