PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN, KEMUDAHAN DAN RISIKO TERHADAP MINAT MEMBAYAR ZAKAT, INFAQ DAN SHODAQOH MENGGUNAKAN FITUR BERBAGI-ZISWAF BSI

Penulis

  • Umi Habibah Universitas Negeri Surabaya
  • Fira Nurafini Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jekobi.v7n1.p97-111

Kata Kunci:

Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko, Minat Nasabah, ZIS

Abstrak

Kesenjangan antara potensi ZIS dan penerimaan ZIS menjadi merupakan hal yang penting. Di Indonesia, potensi ZIS dinilai cukup besar dikarenakan banyaknya penduduk muslim yang mendominasi, tetapi jumlah penghimpunan ZIS belum maksimal. Dengan adanya pemanfaatan digitalisasi penghimpunan ZIS khususnya melalui fitur berbagi-ziswaf pada mobile banking Bank Syariah Indonesia dapat membantu mengatasi permasalahan kesenjangan dana ZIS, karena dapat memudahkan masyarakat muslim membayar ZIS kapanpun dan dimanapun.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan dan persepsi risiko terhadap minat nasabah membayar Zakat, Infaq, dan Shodaqoh (ZIS) menggunakan fitur berbagi-ziswaf pada mobile banking Bank Syariah Indonesia. Data dianalisis menggunakan teknik SEM-PLS. Total responden yang telah mengisi kuisioner sebanyak 106 orang yang menjadi nasabah BSI. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini bersumber dari data primer. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan berpengaruh positif terhadap minat nasabah dalam membayar ZIS menggunakan fitur berbagi-ziswaf pada mobile banking BSI sementara persepsi risiko berpengaruh negatif terhadap minat nasabah dalam membayar ZIS menggunakan fitur berbagi-ziswaf pada mobile banking BSI.

Referensi

Akbar, F. I., & Burhan, M. U. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas dan Risiko Penggunaan Digital Fundraising Terhadap Minat Pembayaran Dana Zakat, Infaq, Dan Shodaqoh (ZIS) Pada Lembaga Zakat. Islamic Economics and Finance in Focus, 2(3).

Amanda, G. (2021). Optimalkan Pengelolaan Zakat Infak Sedekah, BSI Resmikan UPZ. Rebublika Online. https://ekonomi.republika.co.id/berita/qtewo7423/optimalkan-pengelolaan-zakat-infak-sedekah-bsi-resmikan-upz

Anam, K. (2023). Pengguna Melesat, Pengguna BSI Mobile Diproyeksi Naik 23%. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/market/20230216162859-17-414430/pengguna-melesat-transaksi-bsi-mobile-diproyeksi-naik-23

Andriyanto dan Diana, Y. R. (2016). Kebermanfaatan , Persepsi Risiko Dan Kepercayaan Kasus Pada Nasabah Cimb Niaga Daerah Istimewa. Jurnal Profita, 1, 16.

BASNAZ. (2023). Layanan Pembayaran Zakat, Infak, Sedekah. https://baznas.go.id/layananpembayaran

Duryadi. (2021). Metode Penelitian Ilmiah. Metode Penelitian Empiris Model Path Analysis dan Analisis Menggunakan SmartPLS. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik

Filantropi. (2021). Potret Perilaku Berdonasi Masyarakat Indonesia Saat Pandemi. Filantropi.or.Of. https://filantropi.or.id/potretperilaku-berdonasi-masyarakat-indonesia-saat-pandemi

Finaka, A. (2023). Orang Indonesia Makin Melek Internet. Indonesia Baik. Indonesiabaik.Id. https://indonesiabaik.id/infografis/orang-indonesia-makin-melek-internet#:~:text=Berdasarkan hasil survei Asosiasi Penyelenggara,sebanyak 210%2C03 juta pengguna

Hermawan, S., & Amirullah, A. (2016). Metode penelitian bisnis pendekatan kuantitatif & kualitatif. Media Nusa Creative.

Irawati, N., & Fitriyani, E. N. (2022). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Sedekah Non Tunai. Journal of Islamic Economics and Finance Studies, 3(2), 179. https://doi.org/10.47700/jiefes.v3i2.4779

Isnaini, H. (2023). Kuartal II-2023, Nilai Transaksi Digital Banking Tembus Rp 13 Ribu Triliun. Sindonews.Com. https://ekbis.sindonews.com/read/1206035/178/kuartal-ii-2023-nilai-transaksi-digital-banking-tembus-rp13-ribu-triliun-1695197359

Lulut, P. (2022). BAZNAS Optimis Peningkatan Pengelolaan Zakat Nasional 2022 Tumbuh 52 Persen. BAZNAS. BAZNAS. https://baznas.go.id/Press_Release/baca/BAZNAS_Optimis_Peningkatan_Pengelolaan_Zakat_Nasional_2022_Tumbuh_52_Persen/1331

Mahri, A. J. W., Al Arif, M. N. R., Widiastuti, T., & Fajri, M. (2021). Ekonomi Pembangunan Islam. Advances in Social Science, Education and Humanities Research; Publisher: Atlantis Press, 1(1), Juni.

Mustajab, R. (2023). Pengguna E-Commerce RI Diproyeksi Capai 196,47 Juta pada 2023. Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/ekonomi-digital/detail/pengguna-ecommerce-ri-diproyeksi-capai-19647-juta-pada-2023

Nurhidayat, D. (2023). Total Donasi via GoPay Sepanjang 2022 Capai Rp154 Miliar. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/ekonomi/570256/total-donasi-via-gopay-sepanjang-2022-capai-rp154-miliar

Rachmawati, L. N., & Canggih, C. (2023). Determinants of Generation Z in Paying Zakat, Infaq, and Alms (ZIS) Online in the City of Surabaya. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 13(1), 1. https://doi.org/10.21927/jesi.2023.13(1).1-13

Rizaty, M. A. (2023). Mayoritas Penduduk Indonesia Beragama Islam Pada 2022. Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/varia/detail/mayoritas-penduduk-indonesia-beragama-islam-pada-2022

Rodiah, S. R., & Melati, I. S. (2020). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, Risiko, dan Kepercayaan terhadap Minat Menggunakan E-wallet pada Generasi Milenial Kota Semarang. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, 1(2), 66. https://doi.org/10.31331/jeee.v1i2.1293

Sadya, S. (2023). APJII : Pengguna Inernet Indonesia 215,63 Juta Pada 2022-2023. Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/internet/detail/apjii-pengguna-internet-indonesia-21563-juta-pada-20222023

Wardhana, O. H. P. (2016). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Nilai, Pengaruh Sosial, Persepsi Risiko, dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-commerce. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 4(2).

Yolandha, F. (2023). Nilai Transaksi Uang elektronik Kuartal II 2023 Naik 14, 8 Persen. Republika. https://ekonomi.republika.co.id/berita/rydnge370/nilai-transaksi-uang-elektronik-kuartal-ii-2023-naik-148-persen#:~:text=Sementara nilai transaksi digital banking,25%2F7%2F2023).

Yudhistira, G. (2023). BSI Dorong Mesyarakat Bayar Zakat, Kian Mudah dengan BSI Mobile. BSI Maslahat. https://www.bsimaslahat.org/blog/bsi-dorong-masyarakat-bayar-zakat-kian-mudah-dengan-bsi-mobile/

Diterbitkan

2024-04-30

Cara Mengutip

Habibah, U., & Nurafini, F. . (2024). PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN, KEMUDAHAN DAN RISIKO TERHADAP MINAT MEMBAYAR ZAKAT, INFAQ DAN SHODAQOH MENGGUNAKAN FITUR BERBAGI-ZISWAF BSI. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 7(1), 97–111. https://doi.org/10.26740/jekobi.v7n1.p97-111

Terbitan

Bagian

Artikel
Abstract views: 2014 , PDF Downloads: 1868