Pengaruh Streamer Product Knowledge, Social Presence of Streamers, dan Social Presence of Viewers terhadap Kepercayaan Pelanggan Fashion Muslim di Live Shopping TikTok Live
DOI:
https://doi.org/10.26740/jekobi.v7n1.p70-84Kata Kunci:
Streamer product knowledge, Social presence of streamers, Social presence of viewers, Kepercayaan pelanggan, Live shoppingAbstrak
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh streamer product knowledge, social presence of streamers, dan social presence of viewers terhadap kepercayaan pelanggan fashion muslim di live shopping TikTok Live. Jumlah peminat fashion muslim di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Aktivitas belanja juga semakin mudah dengan hadirnya layanan belanja online melalui live shopping khususnya TikTok Live. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan sumber data primer yang didapat dari penyebaran kuesioner secara online. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 165 responden. Teknik yang digunakan dalam analisis data yaitu structural equation modeling – partial least square (SEM-PLS) pada software SmartPLS 4. Hasil dari penelitian didapati bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pada streamer product knowledge, social presence of streamers, dan social presence of viewers terhadap kepercayaan pelanggan fashion muslim pada live shopping TikTok Live di Kota Surabaya. Pemasar fashion muslim di live shopping TikTok Live hendaknya dapat lebih menguasai spesifikasi produk, percaya diri, memiliki attitude yang baik serta komunikatif dengan viewers.
Referensi
Ahdiat, A. Katadata. 2023, Ini Media Sosial yang Banyak DipakaiKonsumenIndonesia untukBelanja. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/07/28/ini-media-sosial-yang-banyak-dipakai-konsumen-indonesia-untuk-belanja. Diakses 30 September 2023
Annur, C. M. Katadata. 2022, Survei Jakpat: Shopee Rajai Penggunaan Live Shopping di Indonesia. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/06/survei-jakpat-shopee-rajai-penggunaan-live-shopping-di-indonesia. Diakses 30 September 2023
Badan Pusat Statistik Indonesia. Laporan Statistik Telekomunikasi Indonesia Tahun 2022. Jakarta : BPS
CNBC Indonesia. 2023, Warga RI Habiskan Rp 851 T Buat Belanja Online, Beli Apa Aja?. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230215145223-37-414052/warga-ri-habiskan-rp-851-t-buat-belanja-online-beli-apa-aja. Diakses 4 Oktober 2023
Fara, Q. M. 2023. Pengaruh Kehadiran Sosial dalam Live Streaming Shopping pada Pengguna Platform Tiktok terhadap Perilaku Pembelian Impulsif. Skripsi. Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.
Kementerian Koperasi dan UKM. 2022, Menteri Teten Tegaskan Pentingnya Kolaborasi Wujudkan Indonesia Kiblat Fesyen Muslim Dunia. https://www.kemenkopukm.go.id/read/menteri-teten-tegaskan-pentingnya-kolaborasi-wujudkan-indonesia-kiblat-fesyen-muslim-dunia. Diakses 15 Januari 2024
NewsRoom TikTok. 2021, Cara Anda dapat Menikmati LIVE dengan TikTok.https://newsroom.tiktok.com/in-id/cara-anda-dapat-menikmati-live-dengan-tiktok. Diakses 29 September 2023
Septiani, L. Katadata. 2023, Daftar Produk Laris Live Streaming Shopee, TikTok, Tokopedia, Lazada. Katadata.co.id. https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/6482d11a63136/daftar-produk-laris-live-streaming-shopee-tiktok-tokopedia-lazada. Diakses 2 Oktober 2023
Statista. 2022, Social commerce in the United States - statistics & facts. https://www.statista.com/topics/1280/social-commerce/#topicOverview. Diakses 4 Oktober 2023
We Are Social. 2023, The Changing World of Digital in 2023. https://wearesocial.com/id/blog/2023/01/the-changing-world-of-digital-in-2023-2/. Diakses 10 Oktober 2023
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dilta Awlyasari, Fitriah Dwi Susilowati

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Abstract views: 612
,
PDF Downloads: 530







