Enhancing the Quality of Islamic Higher Education through Islamic Consumer Value

Penulis

  • Fitriyah Fitriyah Universitas Negeri Malang
  • Imam Mukhlis Universitas Negeri Malang
  • Arief Noviarakhman Zagladi Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.26740/jekobi.v6n3.p1-10

Kata Kunci:

Nilai Konsumen Islam, Nilai KeIslaman, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, Pemasaran

Abstrak

Konsumen utama bagi institusi Pendidikan adalah mahasiswa, perlu kiranya mengetahui pertimbangan mahasiswa dalam mengambil keputusan kuliah  di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIN). Konsep customer perceived value (CPV) dapat diterapkan pada penelitian yang berfokus pada konsumen muslin dengan menambahkan atribut Islam. Tujuan penelitian ini adalah unttuk mengidentifikasi nilai KeIslaman yang seharusnya ada di PTKIN sebagai strategi untuk mengingkatkan kualitasnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualititif. Informan penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Malang sejumlah 12 mahasiswa angkata 2020sd 2022. Pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi pengamatan langsung, wawancara dengan informan dan studo dokumentasi. Tahapan Analisa meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, mengkode data. Pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi.Dari hasil wawancara dan kemudian coding menunjukkan bahwa konsep customer perceived value ini juga bisa diterapkan untuk konsumen perguruan tinggi. Aspek CPV terangkum dalam 3 poin yaitu Islamic Academic, Islamic Value, dan Islamic Attribute. Penelitian ini berkontribusi pada pengambil keputusan tingkat universitas dengan berfokus pada ketiga atribut tersebut untuk dikembangkan menjadi sebuah kebijakan. Penelitian ini dapat dikembangkan lebih lanjut dengan menguji secara kuantitatif ketiga aspek tersebut.

Referensi

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Method Approaches. London: SAGE Publications Ltd.

Fadhol. (2021). Perbedaan PTN dan PTKIN, Sama-sama Universitas Negeri Tapi Beda Lho! Retrieved October 28, 2023, from https://sevima.com/perbedaan-ptn-dan-ptkin

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. Pearson.

Moleong, L. J. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ramadhani, Y. (2023). 58 PTN Perguruan Tinggi Islam Negeri: UIN, STAIN, hingga IAIN. Retrieved October 28, 2023, from https://tirto.id/gBjc

Tjiptono, F. (2015). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.

Yuniarto, T. (2022). Perguruan Tinggi Indonesia: Sejarah, Perkembangan dan Aktualisasinya. Retrieved October 28, 2023, from https://shorturl.at/mMSVZ

Zainal, V. R., Djaelani, F., Basalamah, S., Yusran, H. L., & Veithzal, A. P. (2017). Islamic Marketing Management: Mengembangkan Bisnis dengan Hijrah ke Pemasaran Islami Mengikuti Praktik Rasulullah SAW. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Diterbitkan

2023-12-31

Cara Mengutip

Fitriyah, F., Mukhlis, I., & Noviarakhman Zagladi, A. . (2023). Enhancing the Quality of Islamic Higher Education through Islamic Consumer Value. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 6(3), 1–10. https://doi.org/10.26740/jekobi.v6n3.p1-10

Terbitan

Bagian

Artikel
Abstract views: 132 , PDF Downloads: 245