Pengaruh Religiusitas, IGCG, dan Motivasi Terhadap Kepercayaan Muzaki Pada Amil Zakat Surabaya

Authors

  • Dini Wahyu Pratiwi Universitas Negeri Surabaya
  • Ahmad Ajib Ridlwan Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Zakat, Islamic Good Corporate Governance, Islamic Religiuisity, Islamic Motivation, Muzakki’s trust.

Abstract

This study aims to determine effect of religiosity in islamic perspective, Islamic good corporate governance, and  motivation in islamic perspective towards Muzakki’s trust to zakat institution in Surabaya. This study used quantitative method with data collecting from questionnaire distributing to 100 respondents. Object of this study is Muzakki, who already made zakat payment to zakat institution in Surabaya that has been registered in National Zakat Forum. Analysis method that was used is multiple regression analysis. The finding shows that effect of Islamic religiosity, Islamic good corporate governance and Islamic motivation has particially sicnificant towards Muzakki’s trust to zakat institution in Surabaya.

References

Badan Amil Zakat Nasional. Outlook Zakat Indonesia 2017, Pusat Kajian Strategis Baznas: BAZNAS

Badan Pusat Statistik Propinsi Jawa TIMUR. 2016. Data Jumlah Penduduk Muslim di Provinsi Jawa Timur 2016. Jawa Timur : BPS.

Canggih, Clarashinta dkk. 2017. Potensi Dan Realisasi Dana Zakat Indonesia. al-Uqud: Journal of Islamic Economics.1 (1): 14-26.

Danim, Sudarwan. 2004. Motivasi Kepemimpinan & Efektivitas Kelompok. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Forum for Corporate Governance in Indonesia (FCGI).2001. Seri Tata Kelola Perusahaan (Corporate Governance ): Corporate Governance (Tata Kelola Perusahaan). Jilid 1, Edisi 3, Jakarta.

Hapsari,DRI .2016. Upaya Menekan Angka Kemiskinan Serta Pemerataan Pendapatan Nasional Melalui Pembangunan Ekonomi Berbasis Zakat. Jurnal Ilmiah Hukum Legality. 24(1):120-137

Kotler, Philip. 1999. Manajemen Pemasaran. Jilid II. Edisi Milenium. Jakarta: PT. Prenhallindo

Kuncaraningsih, Hana Septi , M. Rasyid Ridla.2015. Good Corporate Governance Dalam Meningkatkan Kepuasan Muzakki Di Badan Amil Zakat Nasional. Jurnal Manajemen Dakwah. 1(1)

Nasim, Arim & Muhamad Rizqi Syahri Romdhon . 2014. Pengaruh Transparansi Laporan Keuangan, Pengelolaan Zakat, dan Sikap Pengelola Terhadap Tingkat Kepercayaan Muzakki (Studi Kasus Pada Lembaga Amil Zakat Di Kota Bandung). Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan. 2 (3):550-561

Nur’aini, Hanifah dan M. Rasyid Ridla.2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Lembaga dan Religiusitas Terhadap Minat Muzakki Untuk Menyalurkan Zakat Profesi (Studi di Pos Keadilan Peduli Ummat Yogyakarta). Jurnal MD, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta 1(2):207-228

Nurhasanah, Siti.2018. Akuntabilitas Laporan Keuangan Lembaga Amil Zakat Dalam Memaksimalkan Potensi Zakat. Akuntabilitas. Jurnal Ilmu Akuntansi.11 (2): 327 – 348

Rahman, Taufikur. 2017. Akuntansi Zakat, Infak Dan Sedekah (Psak 109): Upaya Peningkatan Transparansi Dan Akuntabilitas Organisasi Pengelola Zakat (Opz). Muqtasid Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah.6(1):141-164

Ridlwan, Ahmad Ajib.2017. The Determinant Factors of Motivation to Pay Zakat in Regional Amil Zakat Agency of East Java, Karsa: Journal of Social and Islamic Culture. 25(2); 2442-8285

Rizkia, Rina, dkk. 2014. Pengaruh Faktor Budaya, Motivasi, Regulasi, Dan Pemahaman Tentang Zakat Terhadap Keputusan Muzakki Untuk Membayar Zakat Maal (Studi Para Muzakki Di Kota Sabang). Jurnal Telaah & Riset Akuntansi. 7(1): 29-38

Satrio,Eka, & Dodik Siswanto.2016. Analisis Faktor Pendapatan, Kepercayaan Dan Religiusitas Dalam Mempengaruhi Minat Muzakki Untuk Membayar Zakat Penghasilan Melalui Lembaga Amil Zakat.Simposium Nasional Akuntansi XIX,

Shabri, M.Abd. Majid,. 2017. The Motivation Of Muzakki To Pay Zakah: Study At The Baitul Mal Aceh. Jurnal Ilmu Ekonomi. 6 (1): 159 – 176

Sugiono.2016. Metode Penelitian Bisnis.Bandung: Alfabeta

Suroso, dkk. 2002. Mengembangkan Kreativitas dalam Perspektif Psikologi Islam. Yogyakarta: Menara Kudus.

Downloads

Published

2019-12-30

How to Cite

Pratiwi, D. W., & Ajib Ridlwan, A. (2019). Pengaruh Religiusitas, IGCG, dan Motivasi Terhadap Kepercayaan Muzaki Pada Amil Zakat Surabaya. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 2(3), 72–81. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jei/article/view/26500

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 55 , PDF Downloads: 80