Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Islamic Branding, Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Layanan Keuangan Syariah.

Authors

  • Agus Wijanarko Universitas Negeri Surabaya
  • Lucky Rachmawati Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Islamic Financial Literacy, Islamic Branding, Religiosity, Students Decision

Abstract

The study aims to examine the effect of the Islamic financial literacy, Islamic branding, and religiosity toward decision of students to choose Islamic financial services. The method used in this research was quantitative associative. The analysis technique used in this research was logistic regression analysis with total sample of 150 students. Data collection in this research used the Guttman scale and analyzing it used the help of the SPSS Application. The results of this research indicated that Islamic financial literacy, Islamic branding and religiosity increase students opportunities to choose Islamic financial services with a yield of 53,9%; 96,8% and 37,8%. However, the partial test showed that the Islamic financial literacy variable and the religiosity variable did not affect the decision of students, while Islamic branding variable significantly affected the decision of students. Based on simultaneous test showed that Islamic financial literacy, Islamic branding, and religiosity simultaneously influences the decision of students to choose Islamic financial services.

References

Ali, M.Y. 2012. Halal Branding: A Study of Muslim Consumers Perspective. Proceedings of the 2nd Global Islamic Marketing Conference. Abu Dhabi (UEA). Hlm. 1-6.

Herdianti, I.F dan Utama, S. 2017. Analisis Tingkat Literasi Keuangan Syariah Mahasiswa Serta Pengaruhnya Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Nasabah Pada Lembaga Keuangan Syariah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Non Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta). Jurnal UMY. 3(2).

Irsyad, H.M. 2006. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa FIAI UII Dalam Memilih Layanan Bank (Syariah). Skripsi. Universitas Islam Indonesia (UII). Yogyakarta.

Juliandi, A dan Andriani, D. 2019. Studi Perilaku Konsumen Perbankan Syariah.

Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah Aqli. Medan

Khomariyah, N. 2017. Pengaruh Kesadaran Halal, Islamic Branding, Dan Product Ingredients Terhadap Minat Beli Produk Luwak White Koffie (Studi Pada Masyarakat Putatsewu, Jatitengah, Sukodono, Sragen). Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Sukoharjo.

Malhotra, N.K. 2009. Riset Pemasaran: Pendekatan Dan Terapan (Jilid 1). PT.

Index. Jakarta.

Mukromin, M. 2017. Pengaruh Religiusitas, Produk Bank, Kepercayaan, Pengetahuan Dan Pelayanan Terhadap Preferensi Menabung Pada Perbankan Syariah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Mustika, A.R. 2018. 5 Masalah Keuangan Mahasiswa Yang Sebenarnya Bisa Kamu Selesaikan. http://finansialku.com. Diakses pada tanggal 2 Mei 2019.

Nasrullah, M. 2015. Islamic Branding, Religiusitas Dan Keputusan Konsumen Terhadap Produk. Jurnal Hukum Islam (JHI). 13 (2): 79-87.

Nurhidayati, S.E dan Anwar, M.K. 2018. Pengaruh Faktor Demografi Terhadap Literasi Keuangan Syariah Karyawan Perbankan Syariah di Surabaya. Jurnal Ekonomi Islam. 1 (1): 1-12.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Highlight Informasi Keuangan Syariah. 2018. Jakarta: OJK.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (Revisit 2017). Jakarta: OJK.

Pakkawaru, I. 2018. Pengaruh Tingkat Religiusitas, Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Menabung Dan Informasi Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Bilancia. 12 (2): 365-387.

Panghayo, N.A dan Musdholifah. 2018. Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Pemilihan Layanan Keuangan Syariah. Jurnal Al-Uqud: Journal of Islamic Economics. 2 (2): 152-167.

Rianse, U dan Abdi. 2012. Metodologi Penelitian Sosial Dan Ekonomi: Teori Dan Aplikasi. Alfabeta. Bandung.

Said, S dan Amiruddin, A.M.A. 2017. Literasi Keuangan Syariah Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (Studi Kasus UIN Alauddin Makassar). Jurnal Al-Ulum. 17 (1): 44-64.

Sari, F.N dan Anwar, M.K. 2018. Pengaruh Tingkat Religiusitas Santri Pondok Pesantren Darussalam Kediri Terhadap Minat Menabung Di Perbankan Syariah. Jurnal Ekonomi Islam. 1 (1): 25-35.

Sumarwan, U. 2015. Perilaku Konsumen Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran (Edisi Kedua). Ghalia Indonesia. Bogor.

Wahyudi. 2017. Pentingnya Mahasiswa Dalam Tingkatkan Literasi Keuangan. http://news.okezone.com. Diakses pada tanggal 14 Juni 2019.

Widhiarso, W. 2011. Skalo: Program Analisis Skala Guttman. Program Komputer. Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Zega, T.S. 2005. Analisis Potensi Masyarakat Untuk Pengembangan Bank Syariah Di Kota Medan. Tesis. Institut Pertanian Bogor. Bogor

Downloads

Published

2020-04-30

How to Cite

Wijanarko, A., & Rachmawati, L. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Islamic Branding, Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Layanan Keuangan Syariah. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(1), 104–116. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jei/article/view/26476

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 271 , PDF Downloads: 220