Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Kemasan Impor Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.

Authors

  • Vivi Yunitasari Universitas Negeri Surabaya
  • Moch. Khoirul Anwar Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Halal Labels, Purchasing Requirements, Imported Food

Abstract

This study aims to determine the effect of halal labeling on imported food products on consumer purchasing decisions. This research was conducted using quantitative research. The sample used in this study was 200 respondents taken from Economics Faculty students who had consumed and purchased imported food products in packaging using accidental sampling. Paying attention to the use of labels on products, this is very helpful because consumers will pay attention to the halal labels, composition, and nutritional tables before consumers make purchasing decisions, especially on imported packaged foods

References

Anna, A. F. (2013). Pengaruh labeling terhadap keputusan pembelian produk mie instan merek indomie di kelurahan tuah karya kecamatan tampan pekanbaru. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Badan Pusat Statistik (2017) Jumlah Penduduk dan Laju Pertumbuhan Penduduk Menurut Kabupaten Kota di Provinsi Jawa Timur. Jawa Timur: BPS

Fitria, N. D. (2016). Pengaruh Label Halal Dan Aspek Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Olahan Impor. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Hasan, K. S. (2014). Kepastian hukum sertifikasi dan labelisasi halal produk pangan . Dinamika Hukum.

Mahwiyah. (2010). Pengaruh Labelisasi Halal Pada Keputusan Pembelian Konsumen (Studi pada Dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta). Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Murdaningsih, Dwi (2017). BPOM Surabaya Amankan Makanan dan Obat Ilegal Rp 11 Miliar. Dari halaman https://m.republika.co.id/berita/nasional/daerah/17/12/28/p1npo8368- bpom-surabaya-amankan-makanan-dan-obat-ilegal-rp-1-miliar. Di akses pada tanggal 10 Februari 2018

Peraturan Menteri Dagang No 31 Tahun 2011 tentang Barang Dalam Keadaan Terbungkus (BDKT)

Rambe, Y., & Afifuddin, S. (2012). Pengaruh Pencantuman Label Halal Pada Kemasan Mie Instan Terhadap Minat Pembelian Masyarakat Muslim. Jurnal Ekonomi dan Keuangan. Vol. 1. Hal 36-45

Soegiono, Fellycia. (2012). Impor vs Lokal: Studi Kasus tentang Keputusan Membeli Makanan Kemasan. Dipetik pada tanggal 21 April 2018. https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/.

Schiffman, Leon G dan Kanuk, Leslie Lazar. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh. Cetakan Keempat. Jakarta. PT. Indeks.

Sudardjat, I., & Kurnia Sari, D. (2013). Analisis Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Impor Dalam Kemasan Pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Sumatra Utara. Medan: Universitas Sumatra Utara. Vol. 1, No.4, Maret 2013, 49-56

Utami, N. W. (2017). Kemasan Mempengaruhi Keberhasilan Suatu Produk. Dipetik pada 20 Juni 2018, Jurnal.id

Downloads

Published

2019-04-30

How to Cite

Yunitasari, V., & Anwar, M. K. (2019). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Kemasan Impor Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 2(1), 49–57. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jei/article/view/26410

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 145 , PDF Downloads: 189