Analisis Perdagangan BBM Pasca Penetapan Kenaikan Harga Berdasarkan Perspektif Etika Bisnis Islam

Authors

  • Muchamad Riki riikkiindhehaiy83@gmail.com
  • Ahmad Makhtum Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.26740/jekobi.v6n3.p89-100

Keywords:

Fuel Oil (BBM), Retail Traders, Islamic Business Ethics

Abstract

The increase in the price of fuel oil (BBM) on September 3, 2022 had a big impact on society, besides that this increase allows the appearance of deviant behavior by traders, such as retail traders. The importance of ethics in trading must be carried out, in order to avoid deviant acts and get the pleasure of Allah SWT.  Therefore, this study aims to analyze the trading of fuel after the determination of price increases based on the perspective of Islamic business ethics. This research is a qualitative research with a descriptive approach.  The type of research used is field research. Data collection techniques used are observation, interviews, and documentation.  The results of this study show that the mechanism for trading fuel after the determination of the price increase was carried out by retail traders in Gedangan, Kedungrejo, Kedungadem, Bojonegoro including: buying fuel at gas stations and agents;  dosage determination;  pricing;  and direct marketing. Fuel trading practices carried out by retail traders are not in accordance with Islamic business ethics, namely the principles of equilibrium, free will, responsibility and benevolence. This is because traders are dishonest and commit fraud in the form of reducing the dose of fuel, so that it can harm the buyer.

 

References

Abdussamad, Z. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Makasar: CV. Syakir Media Press.

Aziz, A. 2013. Etika Bisnis Prespektif Islam (Implementasi Etika Islami untuk Dunia Usaha). Bandung: Alfabeta.

Badroen, F. 2018. Etika Bisnis Dalam Islam. Jakarta: Prenadamedia Group.

BBC News Indonesia. 2022. Pemerintah Naikkan Harga Subsidi, Ekonom: “Kebijakan yang Salah Sasaran dan Cari Gampangnya saja”. Https://www.bbc.com/indonesia/articles/cmjdd4gjddzo. Diakses tanggal 14 September 2022.

Beekun, R. I. 2004. Etika Bisnis Islami. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cahyani, A. I. 2020. Menimbun Barang (Ihtikar) Perspektif Hadis (Suatu Kajian Tematik). Jurnal El-Iqtishady. 2(1): 36

Dahruji, & Permata, A. R. E. 2017. Etika Bisnis Dalam Perspektif Ekonomi Islam: Tinjauan Teoritik dan Empiris di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam. 4(1): 1–11.

Darmawati. 2013. Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam: Eksplorasi Prinsip Etis Al-Qur’an dan Sunnah. Jurnal Pemikiran Hukum Islam. 11(1): 64.

Denpasar, KenKemenag. 2022. Boleh Gak Sih Mengambil Untung Besar dalam Islam. Https://bali.kemenag.go.id/denpasar/berita/40155/boleh-gak-sih-mengambil-untung-besar-dalam-islam.

Faraby, M. E., & Faiza, S. I. 2014. Etos Kerja Pedagang Etis Madura di Pusat Grosir Surabaya Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan (JESTT). 3(1): 1–46. Diakses tanggal 25 Mei 2023.

Farisa, F. C. 2022. Alasan Jokowi Tetap Naikkan Harga BBM Meski Mengaku Pilihan yang Sulit. Https://amp.kompas.com/nasional/read/2022/09/03/14262881/alasan-jokowo-tetap-naikkan-harga-bbm-meski-mengaku-pilihan-yang-sulit. Diakses tanggal 7 September 2022.

Fitria, T. N. 2017. Bisnis Jual Beli Online (Online Shop) Dalam Hukum Islam Dan Hukum Negara. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 3(1): 52-62.

Hardani, et al. 2020. Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.

Hasan, A. F. 2018. Fiqh Muammalah dari Klasik hingga Kontemporer (Teori dan Praktek). Malang: UIN Maliki Press.

Hrp, G. R., & Aslami, N. 2022. Analisis Dampak Kebijakan Perubahan Publik Harga BBM terhadap Perekonomian Rakyat Indonesia. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM). 2(1): 1465.

Hulaimi, A., Sahri, & Huzaini, M. 2017. Etika Bisnis Islam Dan Dampaknya Terhadap Kesejahteraan Pedagang Sapi. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam. 2(1): 17.

Kurniawan, D. 2020. Perilaku Bisnis Pedagang Eceran Berdasarkan Hukum Ekonomi Islam Di Bacukiki Kota Parepare (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare). Skripsi. Istitut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare.

Kusumastuti, A & Khoiron, A. M. 2019. Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP).

Lestari, N. I. Y. 2019. Pengawasan Terhadap Penjualan Bahan Bakan Minyak (BBM) Pertamini Dalam Hukum Ekonomi Islam (Studi Di Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang). Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Muzaiyin, A.M. 2018. Perilaku Pedagang Muslim Dalam Tinjauan Etika Bisnis Islam (Kasus di Pasar Loak Jagalan Kediri). Jurnal Qawanin 2(1): 76.

Nanda, D. U., & Fikriyah, K. 2020. Perilaku Pedagang Pasar Bandar Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Dalam Prespektif Prinsip Dasar Pasar Islami. JIEI (Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam). 6(3): 589.

Pangiuk, A. 2019. Tinjauan Etika Bisnis dalam Penggunaan Timbangan Sembako Dalam Jual Beli (Studi Kasus di pasar Mendahara Ilir, Tanjabtim). IJIEB : Indonesian Journal of Islamic Economics and Business. 4(1): 46.

Puspsosari, L. F. 2016. Pengaruh Harga BBM Terhadap Inflasi di Jawa Timur. Jurnal PIPS. 3(1): 47.

Rivai, V. 2012. Islamic Marketing Membangun dan Mengembangkan Bisnis dengan Praktik Marketing Rasulullah saw. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Salim, M. 2017. Jual Beli Secara Online Menurut Pandangan Hukum Islam. Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana dan Keatatanegaraan. 6(2): 371-286.

Sayyidatunisa, et al. 2020. Etika Bisnis Dalam Konsep Hukum Syariah. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam. 4(2): 175.

Shobirin. 2015. Jual Beli dalam Pandangan Islam. Jurnal Bisnis dan Managemen Islam. 3(2): 243.

Silbaqolbina, Y. Z., & Najicha, F. U. 2022. Kebijakan Pemerintah Dalam Menaikkan Harga Bahan Bakar Minyak Serta Dampaknya Bagi Masyarakat. Jurnal Syntax Fusion. 2(6): 606.

Sommeng, A. N. 2015. Peraturan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi Nomor 06 Tahun 2015. Https:// jdih.esdm.go.id/storage/document/PerBPH MIGAS-06-2015.pdf. Diakses tanggal 13 November 2022.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, 26th ed, Bandung: Alfabeta.

Sumarni, M & Suprihanto, J. 2014. Pengantar Bisnis (Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan). Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.

Suryadi. 2015. Dampak Kenaikan Harga BBM dan Elastisitas Konsumsi BBM Sektor Angkutan Studi Pada Beberapa Sektor Ekonomi. Jurnal Warta Penelitian Perhubungan. 27(2): 97.

Suwiknyo, D. 2010. Kompilasi Tafsir Ayat-Ayat Ekonomi Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar).

Syahrizal, A. 2018. Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam. Jurnal Aktualita. 9(1): 112.

Syaifullah. M.S. 2014. Etika Jual Beli Dalam Islam. Hunafa: Jurnal Studia Islamika. 11(2). 381.

Umah, A. 2021. 2020 Drop, 2021 Konsumsi BBM RI Diramal Bakal Melesat 15%. Retrieved from CNBC Indonesia. Https://www.cnbcindonesia.com/news/20210421121807-4-239546/2020-drop-2021-konsumsi-bbm-ri-diramal-bakal-melesat-15. Diakses tanggal 12 Oktober 2022.

Umar, H. 2001. Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wahyuni, A. 2010. Penimbunan Barang Dalam Perspektif Hukum Islam. Jurnal Al-Iqtishad. 2(2): 167.

Downloads

Published

2024-01-17

How to Cite

Riki, M., & Makhtum, A. (2024). Analisis Perdagangan BBM Pasca Penetapan Kenaikan Harga Berdasarkan Perspektif Etika Bisnis Islam. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 6(3), 89–100. https://doi.org/10.26740/jekobi.v6n3.p89-100

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 45 , PDF Downloads: 81