Pengaruh Gaya Hidup dan Tingkat Pendapatan terhadap Perilaku Konsumsi Islami pada New Normal (Studi Kasus Masyarakat Muslim usia produktif di Surabaya).

Authors

  • Fauzan Bahamarianto Fajirin Universitas Negeri Surabaya
  • Rachma Indrarini Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jekobi.v4n2.p156-167

Keywords:

Islamic consumption behavior, income, lifestyle, new normal.

Abstract

In the teachings of Islam, consumption behavior is based on the Al-Quran and Hadith where in consumption, satisfaction is not number one, but maslahah (benefit) must be prioritized in carrying out consumption activities. Many factors can influence Islamic consumption behavior, one of which is lifestyle and income level. Situations and conditions during the "new normal" period can also influence changes in Islamic consumption behavior. The purpose of this research is to see the effect of lifestyle and income levels on Islamic consumption behavior in the new normal. This study uses a quantitative descriptive approach with multiple linear regression data analysis techniques. The results of this study are lifestyle and income levels have a positive effect simultaneously or partially on Islamic consumption behavior in the new normal period.

References

’Awifa, M., Aji, J., & Supriono, A. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Pembelian Produk Tahu di Kabupaten Jember. Jurnal Pamator, 9(1).

Adenin, S. (2017). Makna Al-Dam menurut perspektif Al-Quran (Kajian Tafsir Tematik dan Kaitannya dengan Ilmu Kesehatan). UIN Suska Riau.

Annur, C. (2020). Penjualan Bahan Pokok Jadi Andalan E-Commerce Bertahan di Masa Pandemi. Katadata.Co.Id. https://katadata.co.id/agungjatmiko/digital/5f1ba49530ab7/penjualan-bahan-pokok-jadi-andalan-e-commerce-bertahan-di-masa-pandemi

Azimah, R. N., & dkk. (2020). Analisis Dampak Covid-19 terhadap Sosial Ekonomi Pedagang di Pasar klaten dan Wonogiri. Empati : Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 9(1).

BPS. (2019). Proyeksi Penduduk Kota Surabaya Menurut Jenis Kelamin dan kelompok Umur 2019. BPS.

Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (1995). Perilaku Konsumen (Edisi 8). Binarupa Aksara.

Fittrianis, I. N. (2019). Pengaruh Merek, Gaya Hidup, dan Selebriti Pendukung Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Produk Kosmetik Wardah pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. IAIN Tulungagung.

Habibi, A. (2020). Normal Baru Pasca Covid 19. Adalah : Buletin Hukum & Keadilan, 4(1).

Hakim, I. (2015). Analisis Komparatif Pemikiran Fahim Khan dan Monzer Kahf tentang Perilaku Konsumen. UIN Walisongo.

Hanum, N. (2017). Analisis Pengaruh Pendapatan terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Universitas Samudra di kota Langsa. Jurnal Samudra Ekonomika, 1(2).

Hasnira. (2017). Pengaruh pendapatan dan gaya hidup terhadap pola konsumsi masyarakat wahdah islamiyah makassar.

Husaini, F. (2016). Perilaku Konsumsi Mahasiswa Muslim di DIY Terhadap Makanan Halal. UIN Sunan Kalijaga.

Ijie, A., & Santoso, S. (2015). Analasis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian melalui Kepercayaan Penlanggan sebagai Intervening. Diponegoro Journal of Management, 4(4).

Indriani, L. (2015). Pengaruh Pendapatan, Gaya Hidup, dan Jenis Kelamin terhadap Tingkat Konsumsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri yogyakarta.

Jawapos.com. (2020). Resmi, UMK Surabaya 2021 Rp 4,3 juta. Jawapos. https://www.jawapos.com/surabaya/24/11/2020/resmi-umk-surabaya-2021-rp-43-juta/

Khan, M. . (1989). Economic Teachings of Prophet Muhammad (peace be upon him). Institute of Policy Studies.

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran (Edisi Mile). Prehallindo.

Munandar. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Membeli Kopi Espresso. Jurnal Visioner & Strategis, 6(1).

Normiasari, F. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumen Muslim (Studi. Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam) Institut Agama Islam Negeri Bengkulu. IAIAN Bengkulu.

Nurnasihin, J. (2019). Alokasi Pendapatan dalam Perspektif Ahli Ekonomi Islam. IAIN Bengkulu.

Purnomo, A. (2016). Hubungan Kenaikan Nilai Upah Minimun Regional (UMR) dengan Nilai Upah Pekerjaan Borong dalam Kegiatan Konstruksi Bangunan Gedung. Jurnal Teknisia, 21(1).

Putriani, Y. H., & Shofawati, A. (2015). Pola Perilaku Konsumsi Islami Mahasiswa Muslim Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Ditinjau Dari TIngkat Religiusitas. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 2(7), 570–582. https://doi.org/10.20473/vol2iss20157pp570-582

Rahmat, D. A. (2019). Pengaruh Pendapatan Orang Tua Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Randi, Y. (2020). Pandemi Corona Sebagai Alasan Pemutusan Hubungan Kerja Pekerja oleh Perusahaan Dikaitkan dengan Undang-Undang Ketenagakerjaan. Jurnal Fakultas Hukum Universitas Islam Malang, 3(2).

Ratna, I., & Nasrah, H. (2015). Pengaruh Tingkat Pendapatan dan Tingkat Pendidikan Terhadap Perilaku Konsumtif Wanita Karir di Lingkungan Pemerintah Provinsi Riau. Marwah : Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 14(2), 199–224.

Risnawati. (2020). Pengaruh pendapatan dan Gaya Hidup terhadap perilaku Konsumsi masyarakat dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi di Kecamatan Ulee kareng banda Aceh). UIN Ar-Raniry.

Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemu Covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Lentra Bisnis, 9(2).

Sa’diyah, A. (2016). Gambaran Perilaku dan Gaya Hidup Masyarakat Kota Surabaya dalam Memanfaatkan Perpustakaan Kafe (library café). Journal Unair, 5(2).

Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen (Edisi 1). Prenada Media.

Sumardi, M., & Dieter-Evers, H. (1993). Kemiskinan dan Kebutuhan Pokok. CV Rajawali.

Wahyuni, T. (2018). Teori Konsumsi dalam Perspektif Monzer Kahf. IAIN Metro.

Widianita, R. (2018). Pengaruh Pendapatan dan Religiusitas terhadap Perilaku Konsumsi Islami (Analisa pada Rumah Tangga Muslim Kota Bukittingi). IAIN Bukittinggi.

Wigati, S. (2011). Perilaku Konsumen dalam Perspektif Ekonomi Islam. Maliyah : Jurnal Hukum Bisnis Islam, 01(01), 22–39.

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah, 7(1).

Downloads

Published

2021-10-24

How to Cite

Fajirin, F. B., & Indrarini, R. (2021). Pengaruh Gaya Hidup dan Tingkat Pendapatan terhadap Perilaku Konsumsi Islami pada New Normal (Studi Kasus Masyarakat Muslim usia produktif di Surabaya). Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 4(2), 156–167. https://doi.org/10.26740/jekobi.v4n2.p156-167

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 1966 , PDF Downloads: 1561