Pengembangan Buku Pedoman Manajemen Tamwork Dalam Upaya Peningkatan Mutu di MTs. At-Thaririyah Pangpajung Modung Bangkalan

Authors

  • Abdul Jalil Albarada

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdmp.v2n1.p29-37

Abstract

Mutu telah menjadi concern untama dalam setiap perbincangan tentang produk atau layanan, sehingga pengelolaannya menjadi fokus penting untuk diimplementasikan pada hampir semua organisasi termasuk sekolah atau lembaga pendidikan. Banyak sekali hal yang mempengaruhi mutu sekolah di antaranya adalah adanya kerja sama tim dalam mencapai tujuan sebagaimana tercantum dalam visi, misi, dan program sekolah. Oleh sebab itu, perlu adanya buku panduan yang mendeskripsikan tentang fungsi dan tugas teamwork tersebut sehingga efektivitas kinerjanya lebih baik.

Penelitian ini merupakan research and development (R&D). Adapun model pengembangan Buku Pedoman manajemen teamwork MTs. At-Tahririyah Pangpajung Modung yang digunakan adalah 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan yang telah dimodifikasi menjadi 3-D yaitu define (mendefinisikan), design (merancang) dan develop (mengembangkan). Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan angket sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriftif kualitatif dan kuantitatif. Adapun teknik pengukuran datanya menggunakan skala linkert. Pada uji coba efektivitas buku pedoman manajemen teamwork menggunakan desain before-after untuk menguji perbedaan sebelum dan sesudah perlakuan kemudian uji signifikansinya menggunakan uji-t.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pengembangan buku pedoman manajemen teamwork MTs. At-tahririyah Pangpajung Modung Bangkalan melalui tiga proses tahapan sesuai dengan Four-D yang sudah dimodifikasi menjadi 3-D. (2) Hasil materi/isi bahasa memperoleh skor 179 dengan persentase 92% yang berarti buku pedoman sudah baik dan layak digunakan. Sedangkan pada aspek kebahasaan mendapatkan skor 45 dengan persentase 82% yang berarti baik dan layak untuk diimplementasikan. (3) Sedangkan hasil uji coba buku pedoman menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil pre-test dan post-test dengan nilai r 0,56 yang menunjukkan bahwa penggunaan buku pedoman mempengaruhi efektiitas kinerja teamwork sebesar 56%. Sedangkan nilai signifikansinya sebesar 0,00 yang artinya nilai tersebut < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan buku pedoman manajemen teamwork dapat meningkatkan efektivitas kinerja teamwork MTs. At-Tahririyah Pangpajung Modung Bangkalan.

 

Kata kunci: buku pedoman; imbalan sosial; komitmen guru; dan kinerja guru.

Downloads

Published

2019-10-01

How to Cite

Albarada, A. J. (2019). Pengembangan Buku Pedoman Manajemen Tamwork Dalam Upaya Peningkatan Mutu di MTs. At-Thaririyah Pangpajung Modung Bangkalan. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 2(1), 29–37. https://doi.org/10.26740/jdmp.v2n1.p29-37
Abstract views: 161 , PDF Downloads: 320