Pengembangan Buku Panduan Monitoring Penanaman Karakter di Pesantren Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo

Authors

  • Robiatul Adawiyah Pasca Unesa

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdmp.v2n1.p20-28

Abstract

Penelitian pengembangan ini menghasilkan buku panduan monitoring penanaman karakter di pesantren progresif bumi shalawat sidoarjo. Tujuan buku panduan ini sebagai panduan bagi guru dan murobbi/murobbiah dalam memonitoring karakter santri.

Buku panduan dikembangkan dengan teori Thiagrajan (1974) dengan melalui 4 tahap four-D yaitu (1) Define (pendefinisian) (2) Design (perancangan), (3) Develop (pengembangan), dan (4) Deseminate (penyebaran).

Produk divalidasi oleh ahli bidang MSDM, bidang kepesantrenan serta validasi bidang Bahasa. Pada validasi putaran 1, difokuskan kepada isi dan tulisan buku sehingga validasi didasarkan pada masukan ahli (validasi secara deskriptif). Validasi pada putaran 2 difokuskan pada tingkat kemanfaatan, sistematika, tingkat kejelasan, tingkat keterbacaan, dan aspek kelayakan, petunjuk pemanfaatan buku, kerangka isi buku, uraian isi buku, tingkat ketepatan, dan tingkat kemutakhiran, tingkat kebakuan bahasa buku, dan aspek kebahasaan buku. Kelima ahli memberikan ketegori sangat tinggi untuk tingkat kemnfaatan, tingkat kejelasan, petunjuk pemanfaatan, uraian isi, tingkat ketepatan, tingkat kemutakhiran, dan aspek kebahasaan, kategori tinggi untuk sistematika, tingkat keterbacaan, kerangka isi, dan kebakuan Bahasa, serta kategori cukup untuk aspek kelayakan.

 

Keywords: Buku Panduan, Monitoring, Penanaman Karakter, Santri, Pesantren.

Downloads

Published

2019-10-01

How to Cite

Adawiyah, R. (2019). Pengembangan Buku Panduan Monitoring Penanaman Karakter di Pesantren Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 2(1), 20–28. https://doi.org/10.26740/jdmp.v2n1.p20-28
Abstract views: 279 , PDF Downloads: 362 , PDF Downloads: 0