Penerapan Teknik Supervisi Kunjungan Kelas Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 20 Surabaya

Authors

  • Umun Choiriyah Sholichah Magister Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n2.p141-150

Keywords:

Penerapan supervisi, supervisi kunjungan kelas, profesionalisme guru.

Abstract

Proses penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan Penerapan Teknik Supervisi Kunjungan Kelas dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 20 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Analisa data dilakukan dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan teknik supervisi kunjungan kelas dilakukan dengan pra observasi, observasi dalam pelaksanaan KBM, analisa hasil observasi, mengolah hasil observasi, melakukan umpan balik hasil observasi, menyusun program tindak lanjut dan melaksanakan program tindak lanjut; (2) pelaksanaan supervisi kunjungan kelas oleh kepala sekolah disusun berdasarkan langkah-langkah yaitu: tahap pertemuan awal (menganalisis rencana pembelajaran, menetapkan aspek yang akan diamati dalam pembelajaran), tahap pengamatan (mencatat secara obyektif dan selektif PPI dan peristiwa selama pembelajaran) dan tahap pertemuan balikan (menganalisa hasil observasi bersama guru, menginterpretasi hasil analisa, menetapkan aspek-aspek yang harus dilakukan untuk membantu meningkatkan PPI dan perilaku guru dalam belajar mengajar) dan (3) meningkatkan kinerja guru dalam menyusun silabus dan PPI yang belum sesuai standar yang ditetapkan. Tindak lanjut kepala sekolah adalah akan memberikan pembinaan kepada guru secara periodik untuk meningkatkan profesionalisme.

Downloads

Published

2019-09-27

How to Cite

Sholichah, U. C. (2019). Penerapan Teknik Supervisi Kunjungan Kelas Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 20 Surabaya. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 1(2), 141–150. https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n2.p141-150
Abstract views: 411 , PDF Downloads: 2269