Upaya Peningkatan Komitmen Kerja Guru Bidang Studi (Studi Kasus di SMK Riyadlul Quran Kabupaten Malang)

Authors

  • Mustaghfiroh Mustaghfiroh Program Studi Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
  • Nova Syafira Ariyanti Program Studi Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
  • Maulana Amirul Adha Program Studi Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
  • Sultoni Sultoni Program Studi Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p22-28

Keywords:

komitmen kerja, guru bidang studi, teknik diagram pohon, work commitment, subject teacher, tree diagram technique

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menetapkan faktor-faktor penyebab dan juga dampak yang disebabkan oleh rendahnya komitmen guru bidang studi di SMK Riyadlul Quran dan strategi yang dapat ditemukan untuk memecahkan masalah rendahnya komitmen kerja guru. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik tree diagram untuk menganalisis masalah, menganalisis penyebab masalah dan juga menganalisis dampak yang disebabkan oleh masalah ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rendahnya komitmen guru dalam bekerja di SMK Riyadlul Quran disebabkan oleh; (1) motivasi kerja guru rendah, (2) peraturan sekolah yang berlaku tidak diterapkan secara optimal, dan (3) kurangnya pengawasan oleh kepala sekolah. Pembentukan komitmen kerja guru dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Oleh karena itu, komitmen kerja guru harus ditingkatkan karena keberhasilan siswa tergantung pada kualitas guru.

Abstract: The aims of this study is to establish the causal factors and also the impacts caused by the low commitment of teachers in the field of study at SMK Riyadlul Quran and that strategies can be found to solve the problem. This study used a descriptive qualitative research design with a case study approach. Data collection techniques used in this study were interviews, observation and documentation study. In this study, the authors used a problem tree diagram technique to analyze problems, analyze the causes of problems and also analyze the impact caused by these problems. The results of this study indicate that the low commitment of teacher work at SMK Riyadlul Quran, caused by; (1) motivation of teacher work is low, (2) applicable school regulations are not implemented optimally, and (3) lack of supervision by the principal. In conclusion, the formation of a teacher's work commitment is influenced by internal factors and external factors. Therefore, teacher work commitments must be increased because the success of students is depend on the quality of the teachers.

Author Biographies

Mustaghfiroh Mustaghfiroh, Program Studi Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

Prodi Magister Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

Scopus Id: 57218314981

Nova Syafira Ariyanti, Program Studi Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

Alumni Program Studi Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

Maulana Amirul Adha, Program Studi Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

Alumni Program Studi Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

Sultoni Sultoni, Program Studi Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

Dosen Program Studi Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

References

<p>Adha, M. A., Supriyanto, A., &amp; Timan, A. (2019). Strategi Peningkatan Mutu Lulusan Madrasah Menggunakan Diagram Fishbone. <em>Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan</em>, <em>5</em>(01), 11. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i01.1794</p><p>Ariyanti, N. S., Supriyanto, A., &amp; Timan, A. (2019). Kontribusi Kepala Sekolah Berdasarkan Ketidaksesuaian Kualifikasi Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Sekolah (Studi Kasus di SD Islam Terpadu Robbani Singosari Kabupaten Malang). <em>Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam</em>, <em>4</em>(2), 157168.</p><p>Azizah. (2014). <em>Perencanaan Dan Evaluasipohon Masalah</em>. Universitas Airlangga.</p><p>Buchanan, R. (2015). Teacher Identity and Agency in an Era of Accountability. <em>Teachers and Teaching: Theory and Practice</em>, <em>21</em>(6), 700719. https://doi.org/10.1080/13540602.2015.1044329</p><p>Collie, R. J., Shapka, J. D., &amp; Perry, N. E. (2011). Predicting Teacher Commitment: The Impact of School Climate and Social Emotional Learning. <em>Psychology in the Schools</em>, <em>48</em>(10), 10341048. https://doi.org/10.1002/pits.20611</p><p>Dey, P. K. (2012). Project Risk Management using Multiple Criteria Decision-Making Technique and Decision Tree Analysis: A Case Study of Indian Oil Refinery. <em>Production Planning and Control</em>, <em>23</em>(12), 903921. https://doi.org/10.1080/09537287.2011.586379</p><p>Dwyer, C. A., &amp; Stufflebeam, D. (2013). Teacher Evaluation. In <em>Handbook of Educational Psychology</em>. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203053874-32</p><p>Essel, R., Badu, E., &amp; Saah, A. A. (2009). In-Service Training: an Essential Element in the Professional Development of Teachers. <em>Malaysian Journal of Distance Education</em>, <em>11</em>(2), 5564.</p><p>Greenberg, J., &amp; Baron, R. A. (2003). <em>Behavior in Organization International Edition</em>. Prentice Hall.</p><p>Hasibuan, H. . (2016). <em>Manajemen Sumber Daya Manusia</em> (Revisi). Bumi Aksara.</p><p>Jokomarsono, W. (2019). Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Guru dalam Pembelajaran. <em>Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan</em>, <em>4</em>(1), 4259. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jdmp/article/view/5302/2985</p><p>Kovacic, Z. J. (2010). Early Prediction of Student Success: Mining Students Enrolment Data. <em>Proceedings of the 2010 InSITE Conference</em>. https://doi.org/10.28945/1281</p><p>Luthans, F. (2011). <em>Organizational Behavior</em>. McGraw Hill.</p><p>Naro, W. (2017). Komitmen Profesi Dan Pengaruhnya Terhadap Kompetensi Profesional Guru Pada Madrasah Tsanawiyah Di Kota Makassar. <em>Inspiratif Pendidikan</em>, <em>6</em>(1), 35. https://doi.org/10.24252/ip.v6i1.3581</p><p>Nasution, N. M. (2015). <em>Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management)</em>. Ghalia Indonesia.</p><p>Saragih, R. P. (2012). <em>Pengaruh Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tim Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Komitmen Organisasi</em>. Universitas Negeri Medan.</p><p>Srinalina. (2015). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Kinerja Guru dan Korelasinya terhadap Pembinaan Siswa: Studi Kasus di Sman 1 Darul Imarah Aceh Besar. <em>Jurnal Ilmiah Didaktika</em>, <em>15</em>(2), 193207.</p><p>Susana. (2018). Supervisi Akademik dan Komitmen Kerja Guru terhadap Kinerja Mengajar Guru. <em>Jurnal Administrasi Pendidikan</em>, <em>25</em>(1), 120128.</p><p>Sutjiaji, A. D. (2009). <em>Aplikasi Network Pohon dalam Tree Diagram</em>. Institut Teknologi Bandung.</p><p>Thien, L. M., Abd Razak, N., &amp; Ramayah, T. (2014). Validating Teacher Commitment Scale Using a Malaysian Sample. <em>SAGE Open</em>, <em>4</em>(2), 19. https://doi.org/10.1177/2158244014536744</p><p>Ulfatin, N. (2015). <em>Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya</em>. Media Nusa Creative.</p>

Downloads

Published

2020-10-01

How to Cite

Mustaghfiroh, M., Ariyanti, N. S., Adha, M. A., & Sultoni, S. (2020). Upaya Peningkatan Komitmen Kerja Guru Bidang Studi (Studi Kasus di SMK Riyadlul Quran Kabupaten Malang). JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5(1), 22–28. https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p22-28
Abstract views: 1190 , PDF Downloads: 3950