Upaya Peningkatan Komitmen Kerja Guru Bidang Studi (Studi Kasus di SMK Riyadlul Quran Kabupaten Malang)
DOI:
https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p22-28Keywords:
komitmen kerja, guru bidang studi, teknik diagram pohon, work commitment, subject teacher, tree diagram techniqueAbstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menetapkan faktor-faktor penyebab dan juga dampak yang disebabkan oleh rendahnya komitmen guru bidang studi di SMK Riyadlul Quran dan strategi yang dapat ditemukan untuk memecahkan masalah rendahnya komitmen kerja guru. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik tree diagram untuk menganalisis masalah, menganalisis penyebab masalah dan juga menganalisis dampak yang disebabkan oleh masalah ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rendahnya komitmen guru dalam bekerja di SMK Riyadlul Quran disebabkan oleh; (1) motivasi kerja guru rendah, (2) peraturan sekolah yang berlaku tidak diterapkan secara optimal, dan (3) kurangnya pengawasan oleh kepala sekolah. Pembentukan komitmen kerja guru dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Oleh karena itu, komitmen kerja guru harus ditingkatkan karena keberhasilan siswa tergantung pada kualitas guru.
Abstract: The aims of this study is to establish the causal factors and also the impacts caused by the low commitment of teachers in the field of study at SMK Riyadlul Quran and that strategies can be found to solve the problem. This study used a descriptive qualitative research design with a case study approach. Data collection techniques used in this study were interviews, observation and documentation study. In this study, the authors used a problem tree diagram technique to analyze problems, analyze the causes of problems and also analyze the impact caused by these problems. The results of this study indicate that the low commitment of teacher work at SMK Riyadlul Quran, caused by; (1) motivation of teacher work is low, (2) applicable school regulations are not implemented optimally, and (3) lack of supervision by the principal. In conclusion, the formation of a teacher's work commitment is influenced by internal factors and external factors. Therefore, teacher work commitments must be increased because the success of students is depend on the quality of the teachers.
References
Adha, M. A., Supriyanto, A., & Timan, A. (2019). Strategi Peningkatan Mutu Lulusan Madrasah Menggunakan Diagram Fishbone. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(01), 11. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i01.1794
Ariyanti, N. S., Supriyanto, A., & Timan, A. (2019). Kontribusi Kepala Sekolah Berdasarkan Ketidaksesuaian Kualifikasi Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Sekolah (Studi Kasus di SD Islam Terpadu Robbani Singosari Kabupaten Malang). Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 157168.
Azizah. (2014). Perencanaan Dan Evaluasipohon Masalah. Universitas Airlangga.
Buchanan, R. (2015). Teacher Identity and Agency in an Era of Accountability. Teachers and Teaching: Theory and Practice, 21(6), 700719. https://doi.org/10.1080/13540602.2015.1044329
Collie, R. J., Shapka, J. D., & Perry, N. E. (2011). Predicting Teacher Commitment: The Impact of School Climate and Social Emotional Learning. Psychology in the Schools, 48(10), 10341048. https://doi.org/10.1002/pits.20611
Dey, P. K. (2012). Project Risk Management using Multiple Criteria Decision-Making Technique and Decision Tree Analysis: A Case Study of Indian Oil Refinery. Production Planning and Control, 23(12), 903921. https://doi.org/10.1080/09537287.2011.586379
Dwyer, C. A., & Stufflebeam, D. (2013). Teacher Evaluation. In Handbook of Educational Psychology. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203053874-32
Essel, R., Badu, E., & Saah, A. A. (2009). In-Service Training: an Essential Element in the Professional Development of Teachers. Malaysian Journal of Distance Education, 11(2), 5564.
Greenberg, J., & Baron, R. A. (2003). Behavior in Organization International Edition. Prentice Hall.
Hasibuan, H. . (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Revisi). Bumi Aksara.
Jokomarsono, W. (2019). Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Guru dalam Pembelajaran. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 4(1), 4259. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jdmp/article/view/5302/2985
Kovacic, Z. J. (2010). Early Prediction of Student Success: Mining Students Enrolment Data. Proceedings of the 2010 InSITE Conference. https://doi.org/10.28945/1281
Luthans, F. (2011). Organizational Behavior. McGraw Hill.
Naro, W. (2017). Komitmen Profesi Dan Pengaruhnya Terhadap Kompetensi Profesional Guru Pada Madrasah Tsanawiyah Di Kota Makassar. Inspiratif Pendidikan, 6(1), 35. https://doi.org/10.24252/ip.v6i1.3581
Nasution, N. M. (2015). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Ghalia Indonesia.
Saragih, R. P. (2012). Pengaruh Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tim Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Komitmen Organisasi. Universitas Negeri Medan.
Srinalina. (2015). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Kinerja Guru dan Korelasinya terhadap Pembinaan Siswa: Studi Kasus di Sman 1 Darul Imarah Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Didaktika, 15(2), 193207.
Susana. (2018). Supervisi Akademik dan Komitmen Kerja Guru terhadap Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(1), 120128.
Sutjiaji, A. D. (2009). Aplikasi Network Pohon dalam Tree Diagram. Institut Teknologi Bandung.
Thien, L. M., Abd Razak, N., & Ramayah, T. (2014). Validating Teacher Commitment Scale Using a Malaysian Sample. SAGE Open, 4(2), 19. https://doi.org/10.1177/2158244014536744
Ulfatin, N. (2015). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Media Nusa Creative.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
The publisher publish and distribute the Article with the copyright notice to the JDMP with the article license CC-BY-SA 4.0.

