Manajemen Pengembangan Profesionalisme Guru (Studi Multikasus di MTs NU Walisongo Sidoarjo dan SMP Islam NU Walisongo Sidoarjo)

Authors

  • Kholis Husyaini LPMP Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n2.p107-112

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pengembangan profesionalisme guru di MTs NU Walisongo Sidoarjo dan SMP Islam NU Walisongo. Fokus penelitian ini adalah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan, pengembangan profesionalisme guru, dan profesionalisme guru. Metode kualitatif dengan rancangan studi multikasus, teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan siswa. Analisis data menggunakan metode kualitatif dengan tiga alur kegiatan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.  Untuk mendapatkan keabsahan data maka peneliti menggunakan teknik pemeriksaan data credibility, transferability, dependability, confirmability.

Hasil penelitian adalah: 1) perencanaan profesionalisme guru sudah berjalan dengan baik, namun alokasi anggaran untuk program  pengembangan profesionalisme guru perlu ditingkatkan 2) pengorganisasian profesionalisme guru sudah maksimal, secara internal sudah solid dan kompak, 3) pelaksanaan profesionalisme guru berjalan sesuai dengan perencanaan tapi harus lebih fokus dan menekankan pada kebutuhan dan kompetensi guru, 4) pengawasan profesionalisme guru dilakukan dengan baik namun hasil evaluasi belum ditindaklanjuti secara maksimal, 5) Program pengembangan profesionalisme guru sudah dijalankan namun belum memiliki program pelatihan penulisan karya ilmiah (praktek secara nyata) dan karya inovasi guru, 6) Terkait dengan profesionalisme guru, kedua sekolah perlu berbenah dan kerja keras agar seluruh guru yang dimiliki memiliki kualifikasi akademik, kompetensi guru, sertifikasi guru, dan tunjangan guru yang layak. Bagi guru, hendaknya senantiasa meningkatkan profesionalismenya untuk mencapai guru yang profesional dan sejahtera.

 

Kata kunci: Manajemen Pengembangan, Profesionalisme guru, studi multikasus

The purpose of this study was to determine the management of professional development of teachers in MTs NU Walisongo Sidoarjo and SMP Islam NU Walisongo. The focus of this research is the planning, organizing, implementing, and monitoring, professional development of teachers and teacher professionalism. Method multikasus qualitative study design, data collection through interviews, observation, and documentation. The data source is the principal, vice-principal, teachers, and students. Analysis of data using qualitative  with three grooves activities, namely condensation, data presentation, and conclusion. To obtain the validity of the data the researchers used data checking techniques credibility, transferability, dependability, confirmability.

            The results of the research are: 1) planning of teacher professionalism has been running well, but the budget allocation for the program professional development of teachers needs to be improved 2) the organization of teacher professionalism is maximal, internally already solid and compact, 3) implementation of teacher professionalism goes according to plan but should more focus and emphasis on the needs and competencies of teachers, 4) supervision of teacher professionalism is well done, but the results of the evaluation have not been followed up to the maximum, 5) program professional development of teachers has been started but have not had the training program of scientific writings (practice significantly) and innovation work teachers, 6) Related to the professionalism of teachers of both schools need to improve and work hard to ensure that all teachers are held to have academic qualifications, competence of teachers, teacher certification and teacher allowances decent. For the teacher, should constantly improve professionalism to Achieve professional teachers and prosperous


Keywords: Management Development, professionalism of teachers, the study multicase

Author Biography

Kholis Husyaini, LPMP Jawa Timur

Kholis Husyaini 

Penata Tk. 1 /IIIB

Downloads

Published

2019-09-27

How to Cite

Husyaini, K. (2019). Manajemen Pengembangan Profesionalisme Guru (Studi Multikasus di MTs NU Walisongo Sidoarjo dan SMP Islam NU Walisongo Sidoarjo). JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 1(2), 107–112. https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n2.p107-112
Abstract views: 208 , PDF Downloads: 333 , PDF Downloads: 0