Pentingnya Kepemimpinan dan Kerjasama Tim Dalam Implemeentasi Manajemen Mutu Terpadu

Authors

  • Salma Nur Azizah Rahmawati Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
  • Achmad Supriyanto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p1-9

Keywords:

kepemimpinan, kerjasama tim, manajemen mutu terpadu

Abstract

The relationship between leadership and teamwork with the implementation of total quality management is a very significant relationship. Leadership an important role in the success of an organization. Leadership is based on the nature of someone who is able to change others to achieve a goal. In addition, teamwork also influences the organization's success. The purpose of this study was to determine the effect of leadership and teamwork in improving the quality of education in Indonesia. This research uses literature study methods from various journals. The results of the research are facts about the importance of leadership and teamwork in implementing total quality management.

References

Arifin, Z. (2018). Implementasi Total Quality Management (TQM). 12.

Asikin, I. (2017). Implementasi Total Quality Management (TQM) di Pendidikan Tinggi. 6(2), 17.

Aziz, A. (2015). Peningkatan Mutu Pendidikan. 10(2), 14.

Bakar, H. A. (2015). Dukungan Kepemimpinan Mutu Perguruan Tinggi Dalam Penerapan Manajemen Mutu Terpadu (MMT): Studi Kasus pada STAIN Watampone. 16.

Bukhari, A. (t.t.). Kepemimpinan Transformasional Pendidikan Berbasis Total Quality Manajement (TQM). 14.

Candrama, D. (2011). Pengaruh Total Quality Management (TQM), Gaya Kepemimpinan,. 110.

Dodi, L. (2017). Metamorfosis Gerakan Sosial Keagamaan: Antara Polemik, Desiminasi, Ortodoksi, dan Penerimaan terhadap Ideologi Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII). Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 17(1), 227. https://doi.org/10.21154/altahrir.v17i1.880

Ekosiswoyo, R. (2007). Kepemimpinan Kepala Sekolah Yang Efektif Kunci Pencapaian Kualitas Pendidikan. 7.

Fahmi, A. A. (2019). Kajian Faktor Kesuksesan Implementasi Total Quality Management di Perguruan Tinggi. 6.

Hartantyo, H. T., & Hendayani, R. (2015). Analisis Implementasi Total Quality Management (TQM) Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen dan Service Quality. 4(2), 15.

Hastuti, S., & Wijayanti, L. (2009). Kinerja Manajerial¯: Hasil Kerjasama Tim Dan Perbaikan Berkesinambungan. 1, 9.

Hendartho, D. (2018). Analisis Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 Pada Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mandala Indonesia. Transparansi Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 6(2), 124138. https://doi.org/10.31334/trans.v6i2.37

Herawan, E. (2016). Kepemimpinan Mutu Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(2), 51. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v12i2.3329

Husna, A. (2014). Penerapan Manajemen Mutu Terpadu Dan Dampaknya Di Sd Budi Mulia Dua Sedayu Bantul. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 7, 12.

Idi, A., Suharto, T., Mulkhan, M., & Arcaro, S. (2015). Pengembangan Madrasah Bermutu. 15.

Indana, N. (2017). Implementasi Total Quality Management (Tqm) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di MTs Salafiyah Syafiiyah Tebuireng). 25.

Ismail, F. (2018). Implementasi Total Quality Management (TQM) di Lembaga Pendidikan. Jurnal Ilmiah Iqra, 10(2). https://doi.org/10.30984/jii.v10i2.591

Kav, J. U. S. (2018). Subaidi1 dan Samidi Khalim2. 04, 10.

Khadijah, I. (2015). Manajemen Mutu Terpadu (TQM) Pada Lembaga Pendidikan Islam. 18.

Khikmah, N., & Yuliejantiningsih, Y. (2019). Implementasi Total Quality Management Dalam Peningkatan Mutu Sekolah Di SMA Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8, 21.

Meilanie, R. S. M., & Aminah, N. (2009). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Perspektif Ilmu Pendidikan, 20(XI), 5974. https://doi.org/10.21009/PIP.202.7

Muflihin, M. H. (1970). Kepemimpinan Pendidikan: Tinjauan terhadap Teori Sifat dan Tingkah-laku. INSANIA¯: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 13(1), 6786. https://doi.org/10.24090/insania.v13i1.286

Nasution, W. N. (2015). Kepemimpinan Pendidikan Di Sekolah. 22(1), 21.

Prestiadi, D., Hardyanto, W., & Pramono, S. E. (2015). Implementasi Total Quality Management (TQM) Dalam Mencapai Kepuasan Siswa. 9.

Rahmah, U. (2018). Implementasi Total Quality Management (TQM) di SD Al-Hikmah Surabaya. 3, 21.

Rohman, N. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Perspektif Manajemen Mutu Terpadu Studi Kasus Di Sdut Bumi Kartini Jepara. Tarbawi¯: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v14i2.625

Rouf, M. (2015). Implementasi Tqm (Total Quality Management) Pada Lembaga Pendidikan. 18.

Safii, M. (2016). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Terwujudnya Perpustakaan Sekolah Sebagai Pusat Sumber Belajar. 11.

Saputro, A. D. (2016). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu Di Sekolah/Madrasah. 17.

Septiana, R. & Ivada, E. (2013). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Smp Negeri Wonosari. 2(1), 12.

Setiyanti, S. W. (2012). Jurnal Stie Semarang, Vol 4, No 3, Edisi Oktober 2012 (ISSN¯: 2252-7826). 4(3), 7.

Sriwidadi, T. (2001). Manajemen Mutu Terpadu. 2(2), 9.

Suhermanto, S. & Anshari, A. (2018). Implementasi Tqm Terhadap Mutu Institusi Dalam Lembaga Pendidikan. Al-Tanzim¯: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 107113. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v2i1.259

Sukwadi, R. (2007). Pengembangan Model Konseptual: Peran TQM Dalam Kepemimpinan Berkualitas Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan. 8(1), 16.

Supriyanto, A. (2015). Implementasi Total Quality Management Dalam Sistem Manajemen Mutu Pembelajaran Di Institusi Pendidikan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.4188

Susanty, A., Puspitasari, D., & Aisyah, S. (2011). Analisis Hubungan Kepemimpinan Transformasional Terhadap TQM, Komitmen Organisasi Dan Kinerja Karyawan (Studi Kasus: PT Telekomunikasi Indonesia Divre IV Jateng & DIY). 1, 10.

Syamsul, H. (2017). Penerapan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4271

Syukron, B. (2016). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu: Studi Transformasi Pada Perguruan Tinggi. 5(1), 13.

Umam, M. K. (2018). Komite Madrasah Dalam Konteks Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Islam. 18.

Yusmina, E., & Ar, M. (2014). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu Dalam Peningkatan Kinerja Sekolah Pada SMK Negeri 1 Banda Aceh. 11.

Downloads

Published

2020-10-01

How to Cite

Rahmawati, S. N. A., & Supriyanto, A. (2020). Pentingnya Kepemimpinan dan Kerjasama Tim Dalam Implemeentasi Manajemen Mutu Terpadu. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5(1), 1–9. https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p1-9
Abstract views: 6844 , PDF Downloads: 13019