Peningkatan Keterampilan Menyusun RPP Melalui Metode Bimbingan Kelompok Guru SDN Gedangan 3 Tahun 2018/2019

Authors

  • Muhammad Ali Murtadlo SDN Gedangan 3

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdmp.v4n1.p11-16

Keywords:

keterampilan menyusun RPP, metode bimbingan kelompok

Abstract

Kondisi riil menunjukkan semua guru SDN Gedangan 3 memiliki RPP hasil dowload dari internet tanpa revisi. RPP ini tidak tersusun secara lengkap dan sistematis, tidak digunakan, hanya melengkapi kewajiban administrasi. Solusi mengatasinya melalui Penelitian Tindakan Sekolah dengan judul Peningkatan Keterampilan Menyusun RPP melalui Metode Bimbingan Kelompok Guru SDN Gedangan 3 Tahun 2018/2019. Dipilih bimbingan kelompok karena: 1) SDN Gedangan 3 memiliki sarana yang terbatas, dan 2) terdapat perbedaan kemampuan individu guru dalam minat belajar. Tujuan penelitiannya mengacu pada rumusan masalah, untuk 1) meningkatkan keterampilan guru dalam menyusun RPP, dan 2) mendapatkan informasi pelaksanaan metode bimbingan kelompok yang dapat meningkatkan keterampilan guru dalam menyusun RPP sesuai Standar Proses. Penelitian ini diadakan dalam dua siklus. Instrument pengumpulan data menggunakan tes tulis, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Hasilnya adalah: 1) Nilai RPP yang disusun oleh guru mengalami peningkatan. Nilai rata-rata RPP pra siklus 60,37%, meningakat secara berturut-turut pada siklus I dan II yakni 67,75% dan 98,5%. 2) Setelah mengikuti bimbingan kelompok, seluruh guru telah memiliki keterampilan yang tinggi dalam penyusunan RPP. Nilai RPP guru-guru SDN Gedangan 3 pada siklus II sudah sangat baik, seluruhnya memperoleh minimal 92%, bahkan sebanyak 6 orang (75%) mencapai nilai 100%, melampaui indikator keberhasilan sebesar 89% sehingga dinyatakan tuntas. Adapun nilai rata-rata keberhasilan mereka pada siklus II adalah 98%. Hal ini membuktikan bahwa bimbingan kelompok yang dilakukan dapat meningkatkan keterampilan guru SDN Gedangan 3 dalam penyusunan RPP

References

<p>Ali, Muhammad. 2011. <em>Manajemen Pembelajaran Inovatif</em>. Surabaya: Iranti Mitra Utama</p><p>Arikunto, Suharsimi. 1998. <em>Metode Penelitian Suatu Pendekatan Praktik</em>. Yogyakarta  Rineka Cipta.</p><p>Arikunto, Suharsini. 2009. <em>Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. </em>Jakarta: Bumi Aksara</p><p>Depdiknas. 1995. <em>Pedoman Pelaksanaan Supervisi</em>. Jakarta : Dirjendikdasamen</p><p>Hamalik, Oemar. 2008. <em>Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem.</em> Jakarta: Bumi Aksara</p><p>Harjanto, 2013: 88 Tohirin (2007: 290) model penelitian tindakan dari Kemmis dan Taggart  (dalam Sugiarti, 1997: 6),</p><p>Hermawan, Asep Herry. 2007. <em>Pengembangan Kurikulun dan Pembelajaran. </em>Jakarta: Universitas Terbuka</p><p>Ikhwan. 2013. <em>Pengertian Silabuas dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran</em>. <a href="http://afifulikhwan.blogspot.co.id/2013/04/pengertian-silabus-rpp.html#!/tcmbck">http://afifulikhwan.blogspot.co.id/2013/04/pengertian-silabus-rpp.html#!/tcmbck</a>. Diakses Tanggal 24 November 2015.</p><p>Nisbah. 2013. <em>Pengertian Komponen dan Prinsip Bimbingan Kelompok</em>. <a href="http://faizalnizbah.blogspot.co.id/2013/09/pengertian-komponen-dan-prinsip.html">http://faizalnizbah.blogspot.co.id/2013/09/pengertian-komponen-dan-prinsip.html</a>. Diakses Tanggal 24 November 2015.</p><p>Peratuarn Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Dirjen Dikdasmen</p><p>Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 24 tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Dirjen Dikdasmen</p><p>Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 tahun 2016 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen</p><p>Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tetang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Dirjen Dikdasmen</p><p>Prayitno. 1995.  <em>Metode Pembelajaran Inovatif. </em>Bandung: PT Remaja Rosdakarya.</p><p>Purwanto, Ngalim. 2006 . <em>Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis</em>. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.</p><p>Suhardjono. 2003. <em>Laporan Penelitian Tindakan Sekolah Sebagai Karya Tulis Ilmiah dalam Kegiatan Pengembangan Profesi Pengawas Sekolah</em>. Jakarta  Dirjen PMPTK</p><p>Sukardi. 2008. <em>Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya</em>. Jakarta : PT. Bumi Aksara.</p><p>Tohirin. 2007. <em>Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah Berbasis Integrasi</em>. Jakarta: RajaGrafindo Persada.</p><p>Trianto. 2007. <em>Model Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik</em>. Jakarta: Prestasi Pustaka</p><p>Wardani. 2004. <em>Penelitian Tindakan Kelas. </em>Jakarta: Universitas Terbuka</p><p>Winkel, dan Hastuti. 2008. <em>Bimbingan dan Konseling Kelompok</em>. Jakarta: Rineka Cipta.</p><p>Yamin, Martinis. 2009. <em>Profesionalisasi Guru &amp; Implementasi KTSP</em>. Jakarta: Gaung Persada Press.</p><p> </p>

Downloads

Published

2019-10-11

How to Cite

Murtadlo, M. A. (2019). Peningkatan Keterampilan Menyusun RPP Melalui Metode Bimbingan Kelompok Guru SDN Gedangan 3 Tahun 2018/2019. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 4(1), 11–16. https://doi.org/10.26740/jdmp.v4n1.p11-16
Abstract views: 339 , PDF Downloads: 515