Peningkatan Kemampuan Menyusun Soal Dengan Metode Pendampingan Berpola SP3R Pada Guru SDN Sepanyul Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang Tahun 2018

Authors

  • Dedi Kasiono SD Negeri Sepanyul

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdmp.v4n1.p33-41

Keywords:

kemampuan menulis soal, guru, pendampingan berpola SP3R

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) memperoleh gambaran efektifitas penggunaan teknik pendampingan berpola SP3R dalam penyusunan soal, (2) memperoleh gambaran peningkatan kemampuan guru dalam menyusun soal dengam teknik pendampingan berpola SP3R. Penelitian ini menggunakan alur penelitian rancangan model Kemmis yang terdiri atas empat langkah, yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi (Wardhani, 2007: 45).  Dalam pelakanaannya, peneliti mengintegrasikan kegiatan pendampingan pola SP3R pada tahap pelaksanaan, dan menjadi sebuah system terintegrasi. Hasil penelitian adalah (1) penggunaan teknik pendampingan berpola SP3R sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun soal. (2) kemampuan guru dalam menyusun soal mengalami peningkatan dimana pada pra siklus kemampuan guru dalam menyusun soal berada pada angka 67 menjadi 83 pada siklus I dan naik menjadi 91 pada siklus II. Kesimpulan pada penelitian ini adalah teknik  pendampingan dengan pola SP3R sangat efektif dan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun soal

References

<p>Arifin, Zainal.2015.<em>Evaluasi Pembelajaran</em>.Bandung:Remaja Rosda Karya</p><p>Arikunto, S &amp; Jabar. 2004. <em>Evaluasi Program Pendidikan</em>.( Jakarta: Bumi Aksara)</p><p>Dirjen Dikdasmen Kemdikbud. 2016. <em>Panduan Penilaian untuk sekolah dasar.</em>Peraturan</p><p>I G.A.K. Wardani, dkk.2013.<em>Pemantapan Kemampuan Profesional</em> (PKP) - PGSD. Jakarta:      Universitas Terbuka</p><p>Kemdikbud Dikdasmen.017.<em>Indikator Mutu Dalam Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar Dan Mene</em>ngah</p><p>M. Manullang.1996. <em>Dasar-Dasar  Manajemen,</em> Cet. Ke-19.Jakarta: Ghalia Indonesia.</p><p>Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 2013 tentang standar nasional pendidikan perubahan No. 19 Tahun 2005</p><p>Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan</p><p>Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian</p><p>Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Kencana Prenada Media Group.</p><p>Suciati, Prasetya Irawan (2001). <em>Teori Belajar dan Motivas</em>i. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.</p><p>Sukardi. 2008. Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta. Bumi Aksara.</p><p>T.Hani Handoko.1995.<em>Manajemen Personalia Dan Sumber Daya Manusia,</em> Edisi Kedua.Yogyakarta : BPFE UGM</p><p>Yandri D. I.dkk. 2016. <em>Supervisi Akademik</em>. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan</p><p>Zainul &amp; Nasution. 2001. Penilaian Hasil belajar. (Jakarta: Dirjen Dikti.)</p><p>Andry, Try (2018), http://entrepreneurcamp.id/contoh-reward-untuk-karyawan.</p>

Downloads

Published

2019-10-11

How to Cite

Kasiono, D. (2019). Peningkatan Kemampuan Menyusun Soal Dengan Metode Pendampingan Berpola SP3R Pada Guru SDN Sepanyul Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang Tahun 2018. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 4(1), 33–41. https://doi.org/10.26740/jdmp.v4n1.p33-41
Abstract views: 414 , PDF Downloads: 1763