Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Kisi-Kisi Soal Dengan Metode Pendampingan Pola œOCF di SDN Yanti Jogoroto

Authors

  • Susi April SDN YANTI

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdmp.v4n1.p17-24

Keywords:

Kemampuan, kisi-kisi, pola OCF

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) memeroleh gambaran pelaksanaan metode pendampingan pola OCF untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun kisi-kisi soal. (2) memeroleh informasi peningkatan kemampuan guru dalam menyusun kisi-kisi soal menggunakan metode pendampingan pola OCF. Penelitian ini menggunakan alur penelitian rancangan Kemmis yang terdiri atas empat langkah, yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi (Wardhani, 2007: 45). Sedangkan rancangan kegiatannya menggunakan metode pendampingan dengan pola kegiatan observe, critizize, dan fix-it, yang dilaksanakan secara terintegrasi. Data dikumpulkan melalui instrument telaah kisi-kisi kemudian hasilnya diolah sebagai bahan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian berupa gambaran nilai capaian guru dalam menulis kisi-kisi mencakup delapan aspek kriteria kisi-kisi soal yang baik setelah dilakukan tindakan dengan metode pendampingan pola OCF. Adapun nilai capain guru dalam menyusun kisi-kisi pada pra siklus adalah 69 Menjadi 81 pada siklus I dan naik menjadi 87 pada siklus II

References

<p>Arikunto, Suharsimi. (2005). <em>Manajemen Penelitian.</em> Jakarta: RinekaCipta.</p><p>EP Widoyoko, 2012.<em>Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. </em>Yogyakarta: Pustaka  Pelajar</p><p>Hani Handoko, T. 1995. <em>Manajemen Personalia Dan Sumber Daya Manusia</em>, Edisi Kedua.Yogyakarta : BPFE UGM</p><p>Hartanto,Setyo, M.Kom dan Sodiq Purwanto, Drs. M.Pd. 2019.<strong> </strong><em>Supervisi dan penilaian Kinerja Guru (MPPKS - PKG)</em>. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan</p><p>I G.A.K. Wardani, dkk. <em>Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) - PGSD</em>. Jakarta Selatan: Universitas Terbuka, 2013.</p><p>Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Online</p><p>Kamus versi online/daring (dalam jaringan) <a href="https://kbbi.web.id/komprehensif">https://kbbi.web.id/komprehensif</a></p><p>Manullang,M.1996.<em>Dasar-Dasar  Manajemen</em>, Cet. Ke-19,Jakarta: Ghalia Indonesia</p><p>Mardapi, Djemari Ph.D, Prof. 2012. <em>Pengukuran Penilaian &amp; Evaluasi Pendidikan</em>. Yogyakarta.Nuha Litera</p><p>Wardhani, Sri. 2008. <em>Apakah Rumusan Indikator pada Silabus dan RPP Anda sudah Baik?</em> Limas (20) 11-17</p><p>http://kamusbahasaindonesia.org/memperbaiki/mirip</p><p>http://lembayungcenter.com/assesment/manfaat-dan-tujuan-self-assessment</p><p>http://www.ahmaddahlan.net/2015/11/pengertian-dan-peranan-evaluasi-pendidikan.html</p>

Downloads

Published

2019-10-11

How to Cite

April, S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Kisi-Kisi Soal Dengan Metode Pendampingan Pola œOCF di SDN Yanti Jogoroto. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 4(1), 17–24. https://doi.org/10.26740/jdmp.v4n1.p17-24
Abstract views: 1295 , PDF Downloads: 13031