Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Kisi-Kisi Soal Dengan Metode Pendampingan Pola œOCF di SDN Yanti Jogoroto
DOI:
https://doi.org/10.26740/jdmp.v4n1.p17-24Keywords:
Kemampuan, kisi-kisi, pola OCFAbstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) memeroleh gambaran pelaksanaan metode pendampingan pola OCF untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun kisi-kisi soal. (2) memeroleh informasi peningkatan kemampuan guru dalam menyusun kisi-kisi soal menggunakan metode pendampingan pola OCF. Penelitian ini menggunakan alur penelitian rancangan Kemmis yang terdiri atas empat langkah, yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi (Wardhani, 2007: 45). Sedangkan rancangan kegiatannya menggunakan metode pendampingan dengan pola kegiatan observe, critizize, dan fix-it, yang dilaksanakan secara terintegrasi. Data dikumpulkan melalui instrument telaah kisi-kisi kemudian hasilnya diolah sebagai bahan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian berupa gambaran nilai capaian guru dalam menulis kisi-kisi mencakup delapan aspek kriteria kisi-kisi soal yang baik setelah dilakukan tindakan dengan metode pendampingan pola OCF. Adapun nilai capain guru dalam menyusun kisi-kisi pada pra siklus adalah 69 Menjadi 81 pada siklus I dan naik menjadi 87 pada siklus IIReferences
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
The publisher publish and distribute the Article with the copyright notice to the JDMP with the article license CC-BY-SA 4.0.

