Evaluasi Kebijakan Kurikulum Pesantren
DOI:
https://doi.org/10.26740/jdmp.v2n2.p116-119Keywords:
Evaluasi, Kebijakan dan Kurikulum PesantrenAbstract
Kurikulum merupakan sebuah acuan pendidikan yang berisi rumusan tujuan, bahan ajar kegiatan belajar mengajar, jadwal dan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti kebijakan sekolah di MI Thoriqul Huda Desa Juwet yang memperpadukan kurikulum pesantren dan kurikulum akademik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Peneliti dalam mengumpulkan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan dalam teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, yaitu kondensasi data, display data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangaluasi dan diskusi teman sejawat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi kebijakan kurikulum pesantren di MI Thoriqul Huda sudah berjalan dengan baik dan lancar, tujuan yang diharapkan adalah peserta didik mampu dan mengerti dengan berbagai kitab yang diajarkan dalam kurikulum pesatren untuk menyiapkan dijenjang yang lebih tinggiReferences
Djamarah, Syaiful Bahri. (2012). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Emda, Amna. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran, Lantanida Journal, Vol 5 (2) hal. 93-196.
Islamuddin, Haryu. (2011). Psikologi Pendidikan. Jember: STAIN Jember Press.
Lestari, Ria Yuni, (2016). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Watak Kewarganegaraan Peserta Didik, Jurnal Untirta, Vol. 1 (2) hal. 136-152.
Makmun, Abin Syamsuddin. (2007). Psikologi Kependidikan. Bandung: PT Rosda Karya Remaja.
Monicca, dkk. (2015). Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi di Smk Palebon Semarang, Jurnal Unnes, Vol. 4 (3) hal. 414-426.
Nuryanto, Slamet. (2017). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler di SD Al Irsyad 01 Purwokerto, Jurnal Kependidikan, Vol 5 (1) hal 115-129.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 tahun 2014 Tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Menengah. http://www.dikdas.kemendikbud.go.id.
Prawira, Purwa Atmaja. (2012). Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:Bumi Aksara.
Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta
Tuu, Tulus. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Belajar. Jakarta:Grasindo.
Widiasworo, Erwin. (2015). 19 Kiat Sukses Membangkitkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Winkel. (2004). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media AbadiDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
The publisher publish and distribute the Article with the copyright notice to the JDMP with the article license CC-BY-SA 4.0.

