Evaluasi Kebijakan Kurikulum Pesantren

Authors

  • Ali Shodiqin STAIN Kediri

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdmp.v2n2.p116-119

Keywords:

Evaluasi, Kebijakan dan Kurikulum Pesantren

Abstract

Kurikulum merupakan sebuah acuan pendidikan yang berisi rumusan tujuan, bahan ajar kegiatan belajar mengajar, jadwal dan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti kebijakan sekolah di MI Thoriqul Huda Desa Juwet yang memperpadukan kurikulum pesantren dan kurikulum akademik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Peneliti dalam mengumpulkan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan dalam teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, yaitu kondensasi data, display data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangaluasi dan diskusi teman sejawat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi kebijakan kurikulum pesantren di MI Thoriqul Huda sudah berjalan dengan baik dan lancar, tujuan yang diharapkan adalah peserta didik mampu dan mengerti dengan berbagai kitab yang diajarkan dalam kurikulum pesatren untuk menyiapkan dijenjang yang lebih tinggi

References

<p>Djamarah, Syaiful Bahri. (2012). <em>Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru</em>. Surabaya: Usaha Nasional.</p><p>Emda, Amna. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran, <em>Lantanida Journal</em>, Vol 5 (2) hal. 93-196.</p><p>Islamuddin, Haryu. (2011). <em>Psikologi Pendidikan</em>. Jember: STAIN Jember Press.</p><p>Lestari, Ria Yuni, (2016). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Watak Kewarganegaraan Peserta Didik, <em>Jurnal Untirta</em>, Vol. 1 (2) hal. 136-152.</p><p>Makmun, Abin Syamsuddin. (2007). <em>Psikologi Kependidikan</em>. Bandung: PT Rosda Karya Remaja.</p><p>Monicca, dkk. (2015). Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi di Smk Palebon Semarang, <em>Jurnal Unnes</em>, Vol. 4 (3) hal. 414-426.</p><p>Nuryanto, Slamet. (2017). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler di SD Al Irsyad 01 Purwokerto, <em>Jurnal Kependidikan</em>, Vol 5 (1) hal 115-129.</p><p>Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 tahun 2014 Tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Menengah. <a href="http://www.dikdas.kemendikbud.go.id/">http://www.dikdas.kemendikbud.go.id</a>.</p><p>Prawira, Purwa Atmaja. (2012). <em>Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru</em>. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.</p><p>Slameto. (2010). <em>Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya</em>. Jakarta:Bumi Aksara.</p><p>Sugiyono. (2017). <em>Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&amp;D</em>. Bandung. Alfabeta</p><p>Tuu, Tulus. (2004). <em>Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Belajar</em>. Jakarta:Grasindo.</p><p>Widiasworo, Erwin. (2015). <em>19 Kiat Sukses Membangkitkan Motivasi Belajar Peserta Didik</em>. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.</p>Winkel. (2004). <em>Psikologi Pengajaran</em>. Yogyakarta: Media Abadi

Downloads

Published

2019-10-01

How to Cite

Shodiqin, A. (2019). Evaluasi Kebijakan Kurikulum Pesantren. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 2(2), 116–119. https://doi.org/10.26740/jdmp.v2n2.p116-119
Abstract views: 331 , PDF Downloads: 589