Teknik Supervisi Pembelajaran Model ICC Berbasis Karakter Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru SMK di Kabupaten Pasuruan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.26740/jdmp.v2n1.p71-81Keywords:
Teknik Supervisi pembelajaran, model ICC berbasis karakter, kompetensi guruAbstract
Teknik Supervisi Pembelajaran Model ICC Berbasis Karakter yaitu model pembelajaran yang berasal dari akronim ICC (IntensiveCollective- Collegial) adalah merupakan salah satu teknik supervisi yang digunakan pada kegiatan supervisi pembelajaran secara intensif (Intensive) kolektif (Collective), dan kolegial (Collegial) dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi guru (SMK) berbasis karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian teknik supervisi pembelajaran œModel ICC Berbasis Karakter terhadap kompetensi guru SMK, yang dilaksanakan pada tahun pelajaran 2016-2017, sebanyak 15 orang guru pada 5 (lima) SMK Negeri di Kabupaten Pasuruan antara lain SMKN 1 Grati, SMK Negeri 1 Gempol, SMK Negeri Prigen, SMK Negeri Rembang, dan SMK Negeri 2 Sukorejo, yang dilibatkan dalam penelitian ini. Penelitian dirancang dengan model penelitian tindakan yang dilaksanakan sebanyak 3 (tiga) siklus, yakni pra siklus, siklus ke I dan siklus ke II. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan skor penilaian kompetensi dan nilai-nilai karakter guru. Nilai-nilai karakter tersebut antara lain; 1) jujur; 2) disiplin; 3) kerja keras; 4) mandiri; dan 5) tanggung jawab. Peningkatan kompetensi yang sangat signifikan tersebut berawal dari siklus awal (pra siklus) sebesar 56%, pada siklus ke I (satu) meningkat sebesar 79%, kemudian pada siklus yang ke II (dua) meningkat 94%. Pada akhir penelitian tersebut terungkap bahwa guru yang dibimbing dengan menggunakan teknik supervisi pembelajaran model ICC berbasis karakter dapat meningkatkan kompetensi dan nilai-nilai karakter guru SMK di Kabupaten Pasuruan, sehingga dapat berpikir lebih jujur, disiplin, kerja keras, mandiri dan bertanggung jawabReferences
Aqib, Z. (2003). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Bigge, M. L. (1987). Learning Theories For Teacher (Third). London: Harper and Row Publishers.
Degeng, I. N. S. (1993). Buku Pegangan Teknologi Pendidikan Pusat Antar Universitas Untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional Universitas Terbuka. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud RI.
Feter, F. O. (1984). Supervision for Better School. London: Longman.
Iskandar, A. (2013). Pengembangan Perangkat Penilaian Psikomotor di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Inspiration, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35585/inspir.v3i1.30
Kartowagiran, B. (2011). Kinerja Guru Profesional (Guru Pasca Sertifikasi). Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 463473.
Lele, D. M., Setiawan, D., & Sulhadi. (2018). Clinical Supervision Instrument Development f or Junior High School Teacher Based on Android. Journal of Educational Research and Evaluation, 7(1), 94100.
McMahon. (1982). Psychology The Hybryd Science. Illionis: The Dorsey Press.
Murwati, H., Studi, P., Ekonomi, P., Pendidikan, B., & Niaga, T. (2013). Pengaruh Sertifikasi Profesi Guru Terhadap Motivasi Kerja Dan Kinerja Guru Di Smk Negeri Se-Surakarta. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi (BISE), 1(1), 1221. Retrieved from http://www.geocities.ws/guruvalah/mutu_gur
Muslim, S. B. (2010). Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta.
Nawawi. (1981). Administrasi Pendidik. Jakarta: Gunung Agung.
Pidarta, M. (2009). Supervisi Pendidikan Kontekstual. Jakarta: Rineka Cipta.
Rahman, A. (2009). Pembinaan Profesional Guru Smk ( Kajian Kualitatif Pada Smk Di Bandung ). Jurnal Tabularasa, 6(1), 1426.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Susanto, H. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 197212. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1028
Thantawy, R. (1983). Kamus Bimbingan Konseling. Jakarta: Group Economics Student.
Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
The publisher publish and distribute the Article with the copyright notice to the JDMP with the article license CC-BY-SA 4.0.

