Implementasi Program Sekolah Rujukan Melalui Kegiatan Membatik Dalam Perspektif Sekolah Efektif
DOI:
https://doi.org/10.26740/jdmp.v2n2.p142-164Keywords:
Implementasi Program, Kegiatan Membatik, Program Sekolah RujukanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang (1) Perencanaan program sekolah rujukan melalui kegiatan membatik dalam perspektif sekolah efektif; (2) Implementasi program sekolah rujukan melalui kegiatan membatik dalam perspektif sekolah efektif; (3) Dampak program sekolah rujukan melalui kegiatan membatik di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut : (1) Perencanaan yang meliputi penunjukan sekolah untuk menjadi sekolah rujukan, perumusan program unggulan sekolah rujukan yang akan diimbaskan ke sekolah lain, dan pengorganisasian dalam pembentukan panitia program sekolah rujukan yang melibatkan Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dan Guru. Panitia bertugas untuk menunjuk sekolah yang akan menjadi sekolah imbas/binaan dari SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Terdapat anggaran dari pemerintah dan dana dampingan dari sekolah untuk kebutuhan alat dan bahan kegiatan membatik. (2) Implementasi program meliputi sistem pembinaan yang dilaksanakan setiap hari Jumat-Sabtu dengan intensitas 10 kali pertemuan sebelum kegiatan pameran dilakukan. Pelaksanaan kegiatan membatik dilakukan setiap 2-3 bulan sekali. Tempat pelaksanaan membatik di Mushola K.H Ahmad Dahlan. Jumlah peserta tiap sekolah yaitu 5-10 siswa dengan 2 guru pendamping. Pemberian materi tentang membatik juga diberikan sebelum praktik dilapangan guna mengurangi resiko kesalahan. (3) Dampak dari program sekolah rujukan melalui kegiatan membatik yaitu untuk sekolah rujukan dapat mengangkat nama baik sekolah dan memotivasi sekolah imbas agar memiliki program serupa. Dampak lain yaitu prestasi yang didapatkan melalui pagelaran pameran-pameran membatik yang telah diadakan di berbagai tempatReferences
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
The publisher publish and distribute the Article with the copyright notice to the JDMP with the article license CC-BY-SA 4.0.