Implementasi Program Sekolah Rujukan Melalui Kegiatan Membatik Dalam Perspektif Sekolah Efektif

Authors

  • Ida Ayu Permatasari Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdmp.v2n2.p142-164

Keywords:

Implementasi Program, Kegiatan Membatik, Program Sekolah Rujukan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang (1) Perencanaan program sekolah rujukan melalui kegiatan membatik dalam perspektif sekolah efektif; (2) Implementasi program sekolah rujukan melalui kegiatan membatik dalam perspektif sekolah efektif; (3) Dampak program sekolah rujukan melalui kegiatan membatik di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut : (1) Perencanaan yang meliputi penunjukan sekolah untuk menjadi sekolah rujukan, perumusan program unggulan sekolah rujukan yang akan diimbaskan ke sekolah lain, dan pengorganisasian dalam pembentukan panitia program sekolah rujukan yang melibatkan Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dan Guru. Panitia bertugas untuk menunjuk sekolah yang akan menjadi sekolah imbas/binaan dari SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Terdapat anggaran dari pemerintah dan dana dampingan dari sekolah untuk kebutuhan alat dan bahan kegiatan membatik. (2) Implementasi program meliputi sistem pembinaan yang dilaksanakan setiap hari Jumat-Sabtu dengan intensitas 10 kali pertemuan sebelum kegiatan pameran dilakukan. Pelaksanaan kegiatan membatik dilakukan setiap 2-3 bulan sekali. Tempat pelaksanaan membatik di Mushola K.H Ahmad Dahlan. Jumlah peserta tiap sekolah yaitu 5-10 siswa dengan 2 guru pendamping. Pemberian materi tentang membatik juga diberikan sebelum praktik dilapangan guna mengurangi resiko kesalahan. (3) Dampak dari program sekolah rujukan melalui kegiatan membatik yaitu untuk sekolah rujukan dapat mengangkat nama baik sekolah dan memotivasi sekolah imbas agar memiliki program serupa. Dampak lain yaitu prestasi yang didapatkan melalui pagelaran pameran-pameran membatik yang telah diadakan di berbagai tempat

References

<p>Anwar. (2012). <em>Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills Education) Konsep dan Aplikasi</em>. Bandung: Alfabeta.</p><p>Budi, R. (2009). <em>Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan</em>. Surabaya: Lembaga Penerbit FIP UNESA.</p><p>Ekawati, Y. (2017). <em>Implementasi Kebijakan Sekolah Dasar Rujukan di SD Negeri 1 Bantul</em>. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.</p><p>Komariah, A. &amp; Triatna, C. (2010).  <em>Visionary Leadership: Menuju Sekolah Efektif</em>. Jakarta: Bumi Aksara.</p><p>Mariyaningsih, N. (2016). <em>Evaluasi Program Pengembangan SMK Rujukan di SMK Negeri 2 Salatiga</em>. Skripsi. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.</p><p>Mawardi. (2017). Efektivitas Sekolah di Kabupaten Aceh Tengah Antara Kepemimpinan Situasional dan Budaya Sekolah. <em>Jurnal Administrasi Pendidikan</em> Volume 24 No. 2. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.</p><p>Miles &amp; Huberman. (2014). <em>Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook</em>. Third Edision. Sage Publication, Inc.</p><p>Mukhtar. (2013). <em>Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif</em>. Jakarta: REFERENSI (GP Press Group).</p><p>Mulyasa. (2003). <em>Kurikulum Berbasis Kompetensi</em>. Bandung: PT Remaja Roasdakarya.</p><p>Nurdin. (2011). Manejemen Sekolah Efektif dan Unggul. <em>Jurnal Administrasi Pendidikan</em>, Volume 13 No. 1. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.</p><p>Priansa, D. J. &amp; Somad, R. (2014). <em>Manajemen Supervisi &amp; Kepemimpinan Kepala Sekolah</em>. Bandung: Alfabeta.</p><p>Rustamadji, dkk. (2017). <em>Pendidikan Kecakapan Hidup: Sebuah Filosofi General Education</em>. Yogyakarta: Indomedia Pustaka.</p><p>Sanusi, A. (1988). <em>Sistem Manajemen Pendidikan di Indonesia</em>. Bandung: IKIP.</p><p>Shannon, G.S &amp; Bylsma, P. (2005). <em>Nine Characteristics of High-Performing Schools. Office Superintendent of Public Instruction</em>. San Francisco: Jossey Bass.</p><p>Suharsaputra, U. (2010). <em>Administrasi Pendidikan</em>. Bandung: PT Refika Aditama.</p><p>Terry, G. (1984). <em>Prinsip-Prinsip Manajemen</em>. Jakarta: PT. Bumi Akasara.</p><p>Undang-Undang Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 54 ayat (1).</p>

Downloads

Published

2019-10-01

How to Cite

Permatasari, I. A. (2019). Implementasi Program Sekolah Rujukan Melalui Kegiatan Membatik Dalam Perspektif Sekolah Efektif. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 2(2), 142–164. https://doi.org/10.26740/jdmp.v2n2.p142-164
Abstract views: 741 , PDF Downloads: 1113