Manajemen Program Disiplin Keamanan (DISKAM) Dalam Menumbuhkan Karakter Disiplin Peserta Didik

Authors

  • Febri Dwi Anggraeni Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdmp.v2n2.p130-141

Keywords:

manajemen, karakter disiplin, ekstrakurikuler

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang 1) Perencanaan program diskam dalam menumbuhkan karakter peserta didik; 2) Pelaksanaan program diskam dalam menumbuhkan karakter disiplin peserta didik; dan 3) evaluasi program diskam dalam menunmbuhkan karakter disiplin peserta didik di SMP Negeri 2 Taman Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan verifikasi data. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber data, triangulasi teknik, dan membercheck. Pengecekan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian terkait manajemen program diskam dalam menumbuhkan karakter disiplin di SMP Negeri 2 Taman menunjukkan bahwa, 1) Perencanaan program diskam meliputi penentuan tujuan yang akan dicapai dimasa yang akan datang dengan menggunakan beberapa tahapan dalam pembentukan program diskam, dan menganalisis bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembentukan program diskam; 2) Pelaksanaan program diskam yakni pembentukan kepengurusan anggota diskam. Kegiatan selanjutnya adalah proses pembinaan yang dilaksanakan ketika tahapan selesksi anggota diskam dengan pembentukan karakter peserta didik. Cara kerja diskam dibagi menjadi beberapa tugas pokok dan pos masing-masing yang dilaksanakan oleh anggota diskam sesuai dengan jadwal piket yang telah ditentukan; 3) Tingkat ketercapaian program diskam dalam menumbuhkan karakter disiplin peserta didik yakni 80%-85%. Pengawasan anggota diskam secara administratif dilakukan setiap semester, namun secara tidak langsung pengawasan

References

<p>Apple, M. W. (1979). <em>What correspondence theories of the hidden curriculum miss. The Review of Education/ Pedagogy/ Cultural Studies</em>. France.</p><p>Arikunto, S. (2000). <em>Manajemen Kurikulum</em>. Yogyakarta: FIP UNY.</p><p>Arikunto, S. (2009). <em>­Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan</em>. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.</p><p>At-Taubany T.I &amp; Suseno. (2017). <em>Desain Pengembangan Kurikulum 2013 di Madrasah</em>. Jakarta: Kencana.</p><p>Budiarti, F. (2014). <em>Penanaman Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Patroli Keamanan Sekolah (Studi Kasus pada Kegiatan Ekstrakurikuler Patroli Keamanan Sekolah di SMK Negeri 2 Sragen Tahun Ajaran 2013/2014</em>). Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta. (Diakses pada tanggal 30 Oktober 2018).</p><p>Henry, S. (2004). <em>Manajemen Sumber Daya Manusia</em>: Edisi III. Yogyakarta: STIE YKPN.</p><p>Hurlock, E. B. (1990). <em>Perkembangan Anak</em>. Edisi Keenam. Terjemahan Meitasari Tjandrasa. Jakarta: Erlangga.</p><p>Ismayaningrum, E. (2016). <em>Efektivitas Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan dalam Menanamkan Pendidikan Karakter di SMK Negeri 1 Bukateja, Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga</em>. Skripsi Sarjana Universitas Negeri Yogyakarta. (Diakses pada 24 November 2018).</p><p>Lickona, K. (1992). <em>Educating for Character: How Our Schools Can Teach Rescpect and Responsibility</em>. New York: Bantam Books.</p><p>Matnuh, H., Yanti, N., &amp; Adawiah, R. (2016). Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam rangka pengembangan nilai-nilai karakter siswa untuk menjadi warga negara yang baik di sma korpri banjarmasin. <em>Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan</em> (diakses pada 28 November 2018).</p><p>Maulidiyah, I. (2014). <em>Manajemen Ekstrakurikuler dalam Mengembangkan</em><em> </em><em>Sekolah</em><em> </em><em>Berwawasan Lingkungan di SMA 3 Annuqayah Guluk-Guluk. Sumenep</em>. Skripsi Sarjana Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim Malang (diakses pada 28 November 2018).</p><p>Najmuddin. (2015). Implementasi Bimbingan Kedisiplinan Terhadap Siswa SMA Balul Maghfirah Cot Keu Ueng. <em>Lentera</em>, Vol. 13 No. 4. (Diakses pada tanggal 17 Oktober 2018).</p><p>Rustiadi, dkk. (1998). <em>Perencaan dan Pengembangan Wilayah</em>. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.</p><p>Samani, Muchlas, &amp; Hariyanto.  (2011). <em>Konsep dan Model Pendidikan Karakter</em>. Bandung: Remaja Rosdakarya.</p><p>Sautter, C. R. (1994). <em>An Arts Education: School Reform Strategy</em>. Phi Delta Kappan.</p><p>Sudjana, N. (2004<em>). Manajemen Program Pendidikan</em>. Bandung: Falah Production.</p><p>Syam, A. R. (2015). <em>Manajemen Pendidikan Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantran (Studi Kasus di Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor Ponorogo</em>. Skripsi Tesisi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. (Diakses pada 08 November 2018).</p><p>Terry, G. R. (1972). <em>Principles of Management</em>. Sixth Edition. Homewood. Illinois: Richard D. Irwin. Inc.</p><p>Terry, G. R. (2006). <em>Prinsip-Prinsip Manajemen</em>.  Jakarta: Bumi Aksara.</p><p>Terry, G. R, &amp; Heslie, W. R. (1993). <em>Dasar-Dasar Manajemen</em>. Jakarta: Bumi Aksara.</p><p>Tuu, T. (2004). <em>Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa</em>. Jakarta: Grasindo.</p><p>Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.</p><p>Yahya, Y. (2006). <em>Pengantar Manajemen</em>. Yogyakarta: Graha Ilmu.</p>

Downloads

Published

2019-10-01

How to Cite

Anggraeni, F. D. (2019). Manajemen Program Disiplin Keamanan (DISKAM) Dalam Menumbuhkan Karakter Disiplin Peserta Didik. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 2(2), 130–141. https://doi.org/10.26740/jdmp.v2n2.p130-141
Abstract views: 324 , PDF Downloads: 800