Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa

Authors

  • Ani Nofianti Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdmp.v2n2.p120-129

Keywords:

kegiatan ekstrakurikuler, motivasi belajar, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Prambon Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, terdapat tiga variabel yaitu kegiatan ekstrakurikuler (X1), motivasi belajar (X2) dan prestasi belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Prambon Nganjuk sebanyak 281 siswa dengan sampel sebanyak 165 siswa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi dengan bentuk kausal. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket atau kuisioner dengan menggunakan skala likert dan dokumentasi. Uji persyaratan analisis data penelitian menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda karena penelitian ini mengguanakan dua atau lebih variabel independen, analisis Uji T untuk menjawab hipotesis satu dan dua serta Uji F untuk menjawab hipotesis ketiga. Data di analisis menggunakan program SPSS 21.0. Berdasarkan hasil analisis data pada uji T variabel kegiatan ekstrakurikuler secara parsial berpengaruh terhadap variabel prestasi belajar sebesar 0,021, serta variabel motivasi belajar secara parsial berpengaruh terhadap variabel kinerja guru sebesar 0,010. pada uji F menunjukkan nilai Fhitung sebesar 5,493. Nilai signifikan variabel kegiatan ekstrakurikuler dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar yang diperoleh adalah sebesar 0,005. Nilai signifikan ini lebih kecil dari nilai alpha yaitu 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, artinya kegiatan ekstrakurikuler dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Prambon Nganjuk. Adapun besarnya pengaruh motivasi kerja dan budaya organisasi terhadap kinerja guru yaitu sebesar 6,4%

References

<p>Ahmadi, Abu &amp; Supriyono, Widodo. (2004). <em>Psikologi Belajar</em>. Jakarta:PT Rineka Cipta.</p><p>Arumsari, Dian. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran dan Keterampilan Pengelolaan Kelas Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 5 Madiun, <em>Jurnal Akuntansi dan Pendidikan</em>, Vol. 6 (1) hal 13-25.</p><p>Emda, Amna. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran, <em>Lantanida Journal</em>, Vol 5 (2) hal. 93-196.</p><p>Djamarah, Syaiful Bahri. (2012). <em>Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru</em>. Surabaya: Usaha Nasional.</p><p>Islamuddin, Haryu. (2011). <em>Psikologi Pendidikan</em>. Jember: STAIN Jember Press.</p><p>Lestari, Ria Yuni, (2016). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Watak Kewarganegaraan Peserta Didik, <em>Jurnal Untirta</em>, Vol. 1 (2) hal. 136-152.</p><p>Makmun, Abin Syamsuddin. (2007). <em>Psikologi Kependidikan</em>. Bandung: PT Rosda Karya Remaja.</p><p>Monicca, dkk. (2015). Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi di Smk Palebon Semarang, <em>Jurnal Unnes</em>, Vol. 4 (3) hal. 414-426.</p><p>Nuryanto, Slamet. (2017). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler di SD Al Irsyad 01 Purwokerto, <em>Jurnal Kependidikan</em>, Vol 5 (1) hal 115-129.</p><p>Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 tahun 2014 Tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Menengah. <a href="http://www.dikdas.kemendikbud.go.id/">http://www.dikdas.kemendikbud.go.id</a>.</p><p>Prawira, Purwa Atmaja. (2012). <em>Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru</em>. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.</p><p>Prihatin, Eka. (2011). <em>Manajemen Peserta Didik</em>. Bandung: Alfabeta.</p><p>Rozaini, Noni &amp; Anti, Sandra Dewi. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Prestasi Belajar, <em>Jurnal Niagawan</em>, Vol 6 (2) hal. 1-6.</p><p>Siberman, Melvin L. (2016). <em>Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif</em>. Bandung: Penerbit Nuansa.</p><p>Sidik, Zafar &amp; Soebandi, (2018). Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa melalui kemampuan komunikasi interpersonal guru, <em>Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran</em>, Vol. 2 No. 1.</p><p>Slameto. (2010). <em>Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya</em>. Jakarta:Bumi Aksara.</p><p>Sugiyono. (2017). <em>Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&amp;D</em>. Bandung. Alfabeta</p><p>Tuu, Tulus. (2004). <em>Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Belajar</em>. Jakarta: Grasindo.</p><p>Widiasworo, Erwin. (2015). <em>19 Kiat Sukses Membangkitkan Motivasi Belajar Peserta Didik</em>. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.</p>Winkel. (2004). <em>Psikologi Pengajaran</em>. Yogyakarta: Media Abadi.

Downloads

Published

2019-10-01

How to Cite

Nofianti, A. (2019). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 2(2), 120–129. https://doi.org/10.26740/jdmp.v2n2.p120-129
Abstract views: 11030 , PDF Downloads: 10044