Manajemen Kurikulum Berbasis Entrepreneurship di SMA Muhammadiyah 9 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p55-67Keywords:
manajemen kurikulum, kurikulum berbasis entrepreneurshipAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (1) Perencanaan kurikulum berbasis entrepreneurship di SMA Muhammadiyah 9 Surabaya, (2) Pelaksanaan kurikulum berbasis entrepreneurship di SMA Muhammadiyah 9 Surabaya, dan (3) Evaluasi kurikulum berbasis entrepreneurship di SMA Muhammadiyah 9 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan memberikan pemaparan gambaran mengenai situasi yang diteliti dalam bentuk uraian naratif mulai dari tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penegasan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber data, triangulasi teknik, dan member check. Hasil penelitian dilapangan dapat dijelaskan sebagai berikut. (1) Perencanaan kurikulum berbasis entrepreneurship dimulai dengan menentukan struktur kurikulum yang akan menjadi dasarnya, setelah terbentuk struktur mulai dipikirkan konsep struktur tersebut yang terdiri dari latar belakang, tujuan, ruang lingkup, standar kompetensi, dan kompetensi dasar yang nantinya akan mengatur proses pembelajaran di SMA Muhammadiyah 9 Surabaya. (2) Pelaksanaan kurikulum berbasis entrepreneurship mempunyai pengaturan yang berjenjang pada setiap tingkatan kelas peserta didik sesuai dokumen kurikulum yang telah disusun, setiap proses pembelajarannya selalu diintegrasikan dengan aspek entrepreneurship dan beberapa ada yang menghasilkan produk sebagai capaian hasil belajar. (3) Evaluasi dilakukan dengan berpedoman pada sasaran mutu sekolah dan memperhatikan dimensi program dan pelaksanaan.
References
Alma, Buchari. 2009. Pengantar Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek) Edisi Revisi 6. Jakarta: Rineka Cipta, cet. 13.
Arikunto, Suharsimi dan Yuliana, Lia. 2008. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media
Badan Pusat Statistik. 2015. Februari 2015, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 5,81 Persen [Online]. (www.bps.go.id, diakses tanggal 28 Oktober 2015 Pukul 20.00 WIB).
Bafadhal, Ibrahim. 2006. Dasar-Dasar Manajemen & Supervisi Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Bumi Akasara
Djaman, Satori. 2000. Sasaran Pembangunan Pendidikan: Analisis Stakeholder Pembangunan Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Biro Perencanaan Sekretarian Jendral
Fattah, Nanang. 2001. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Fattah, Nanang. 2008. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Frinces, Z. Heflin. 2011. Be An Entrepreneur (Jadilah Seorang Wirausaha) Kajian Strategis Pengembangan Kewirausahaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hamalik, Oemar. 1993. Evaluasi Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Hamalik, Oemar. 2006. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Hamalik, Oemar. 2008. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Hamalik, Oemar. 2010. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Hasan, Hamid. 2009. Evaluasi Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Indonesia, Undang-Undang Dasar 1945
Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Indonesia, Undang-Undang Nomor 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Indonesia, TAP MPRS Nomor XXVI/MPRS/1966 tentang Agama, pendidikan dan kebudayaan Indonesia, Peraturan Pemerintah No 19 tahun 2005 tentang standar pendidikan nasionalIndonesia, Instruksi Presiden Republik Indonesia No 4 Tahun 1995
Kasmir, 2008. Kewirausahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Kosasih, Ahmad. 2013. Internalisasi Nilai-nilai Kewirausahaan Melalui Proses Pembelajaran Untuk Menumbuhkembangkan Kemandirian Usaha. Tesis tidak diterbitkan. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia. [Online]. (http://repository.upi.edu/, Diakses 16 November 2015 pukul 19.30 WIB).
Kristanto, Heru. 2009. Kewirausahaan (entrepreneuship): Pendekatan Manajemen dan Praktik. Yogyakarta: Graha Ilmu
Mardiatmo. 2008. Kewirausahaan. Surakarta: Yudhistira
Moleong, J Lexy. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Moleong, J Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Moleong, J Lexy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Moleong, J Lexy. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mulyana, Deddy. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mulyasa. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mulyasa. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2013. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
Nawawi, Hadari. 2005. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Purhantara, Wahyu. 2013. Analisis Kepemilikan Jiwa Kewirausahaan: Evaluasi Outcome Pendidikan Menengah DI Jawa. Jurnal Penelitian. Diterbitkan. Yogyakarta: STIE Mitra Indonesia Yogyakarta. [Online]. (journal.uny.ac.id, Diakses 09 Maret 2016 pukul 20.40 WIB).
Rasyid, Sudrajat. 2011. Kewirausahaan Santri Bimbingan Santri Mandiri. Jakarta: Citrayudah Alamanda
Rusman. 2009. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Rajawali Pers
S. Nasution. 1995. Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Sasongko, Agung. 2015. Jumlah Pengusaha Indonesia Hanya 1,65 Persen [online]. (http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/15/03/12/nl3i58 jumlah-pengusaha-indonesia- hanya-165-persen, diakses tanggal 17 November 2015 Pukul 19.35 WIB).
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatf, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2010. Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatf, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2014. Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suhanda, Andar dan Budiningsih, Asri. 2013. Perencanaan Kurikulum DI SMP NEGERI 3 SINGKAWANG. Jurnal Penelitian. Diterbitkan. Yogyakarta: PPs Universitas Negeri Yogyakarta. [Online]. (journal.uny.ac.id/, Diakses 09 Maret 2016 pukul 20.30 WIB).
Suharyadi. 2007. Kewirausahaan Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Dini. Jakarta: Salemba Empat
Sunyobroto, Sumardi. 1995. Metode Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Suryana, Yuyus dan Bayu, Kartib. 2010. Kewirausahaan. Jakarta: Prenada Media Group
Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Susilo, Joko. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Syaodih, Nana. 2001. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Syaodih, Nana. 2010. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Tim Depdiknas. 1999. Panduan Manajemen Sekolah. Jakarta: Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Trim, Bambang. 2010. Kids on Business: Vaksin Wirausaha untuk Ananda. Jakarta: PT. Tiga Serangkai Nusantara
Winarno, Agung. 2015. Model Pendidikan Kewirausahaan Adaptasi Kurikulum 2013 bagi SMK (Diskripsi Persiapan dan Hambatan Penerapan di Sekolah). Jurnal Penelitian. Diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang. [online]. (journal.um.ac.id/, Diakses 10 Maret 2016 Pukul 08.40).
Yin, Robert K. 2009. Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta: Penerbit Raja Grafindo Persada
Yuniati, Ratna. 2013. Program Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini Melalui Pendekatan Active Learning. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia. [online]. (http://repository.upi.edu/, Diakses 16 November 2015 Pukul 19.40).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
The publisher publish and distribute the Article with the copyright notice to the JDMP with the article license CC-BY-SA 4.0.