Manajemen Kurikulum Berbasis Entrepreneurship di SMA Muhammadiyah 9 Surabaya

Authors

  • Muhammad Dandi Subiantoro Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Karwanto . Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p55-67

Keywords:

manajemen kurikulum, kurikulum berbasis entrepreneurship

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  dan  menganalisis:  (1)  Perencanaan  kurikulum  berbasis entrepreneurship di SMA Muhammadiyah 9 Surabaya, (2) Pelaksanaan kurikulum berbasis entrepreneurship di SMA Muhammadiyah 9 Surabaya, dan (3) Evaluasi kurikulum berbasis entrepreneurship di SMA Muhammadiyah 9 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif  dengan  metode  studi  kasus.  Teknik  pengumpulan data  dilakukan  dengan  cara  observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan memberikan pemaparan gambaran mengenai situasi yang diteliti dalam bentuk uraian naratif mulai dari tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penegasan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber data, triangulasi teknik, dan member check. Hasil penelitian dilapangan dapat dijelaskan sebagai berikut. (1) Perencanaan  kurikulum berbasis entrepreneurship dimulai dengan menentukan struktur kurikulum yang akan menjadi dasarnya, setelah terbentuk struktur mulai dipikirkan konsep struktur tersebut yang terdiri dari latar belakang, tujuan, ruang lingkup, standar kompetensi, dan kompetensi dasar yang nantinya akan mengatur proses pembelajaran di SMA Muhammadiyah 9 Surabaya. (2) Pelaksanaan kurikulum berbasis entrepreneurship mempunyai pengaturan yang berjenjang pada setiap tingkatan kelas peserta didik sesuai dokumen kurikulum yang telah disusun, setiap proses pembelajarannya selalu diintegrasikan dengan aspek entrepreneurship dan beberapa ada yang menghasilkan produk sebagai capaian hasil belajar. (3) Evaluasi dilakukan dengan berpedoman pada sasaran mutu sekolah dan memperhatikan dimensi program dan pelaksanaan.

References

Afidah, Mutimatul. 2013. Manajemen Kidspreneur Center (pusat pembinaan kewirausahaan) dalam Membentuk Jiwa Entrepreneurship Anak Yatim di Yayasan Al-Madinah Surabaya. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Surabaya: Universitas Islam Negeri Surabaya

Alma, Buchari. 2009. Pengantar Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek) Edisi Revisi 6. Jakarta: Rineka Cipta, cet. 13.

Arikunto, Suharsimi dan Yuliana, Lia. 2008. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media

Badan Pusat Statistik. 2015. Februari 2015, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 5,81 Persen [Online]. (www.bps.go.id, diakses tanggal 28 Oktober 2015 Pukul 20.00 WIB).

Bafadhal, Ibrahim. 2006. Dasar-Dasar Manajemen & Supervisi Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Bumi Akasara

Djaman, Satori. 2000. Sasaran Pembangunan Pendidikan: Analisis Stakeholder Pembangunan Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Biro Perencanaan Sekretarian Jendral

Fattah, Nanang. 2001. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Fattah, Nanang. 2008. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Frinces, Z. Heflin. 2011. Be An Entrepreneur (Jadilah Seorang Wirausaha) Kajian Strategis Pengembangan Kewirausahaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hamalik, Oemar. 1993. Evaluasi Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Hamalik, Oemar. 2006. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Hamalik, Oemar. 2008. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Hamalik, Oemar. 2010. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Hasan, Hamid. 2009. Evaluasi Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Indonesia, Undang-Undang Dasar 1945

Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Indonesia, Undang-Undang Nomor 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Indonesia, TAP MPRS Nomor XXVI/MPRS/1966 tentang Agama, pendidikan dan kebudayaan Indonesia, Peraturan Pemerintah No 19 tahun 2005 tentang standar pendidikan nasionalIndonesia, Instruksi Presiden Republik Indonesia No 4 Tahun 1995

Kasmir, 2008. Kewirausahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Kosasih, Ahmad. 2013. Internalisasi Nilai-nilai Kewirausahaan Melalui Proses Pembelajaran Untuk Menumbuhkembangkan Kemandirian Usaha. Tesis tidak diterbitkan. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia. [Online]. (http://repository.upi.edu/, Diakses 16 November 2015 pukul 19.30 WIB).

Kristanto, Heru. 2009. Kewirausahaan (entrepreneuship): Pendekatan Manajemen dan Praktik. Yogyakarta: Graha Ilmu

Mardiatmo. 2008. Kewirausahaan. Surakarta: Yudhistira

Moleong, J Lexy. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Moleong, J Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Moleong, J Lexy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, J Lexy. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mulyana, Deddy. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mulyasa. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyasa. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2013. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Nawawi, Hadari. 2005. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Purhantara, Wahyu. 2013. Analisis Kepemilikan Jiwa Kewirausahaan: Evaluasi Outcome Pendidikan Menengah DI Jawa. Jurnal Penelitian. Diterbitkan. Yogyakarta: STIE Mitra Indonesia Yogyakarta. [Online]. (journal.uny.ac.id, Diakses 09 Maret 2016 pukul 20.40 WIB).

Rasyid, Sudrajat. 2011. Kewirausahaan Santri Bimbingan Santri Mandiri. Jakarta: Citrayudah Alamanda

Rusman. 2009. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Rajawali Pers
S. Nasution. 1995. Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Sasongko, Agung. 2015. Jumlah Pengusaha Indonesia Hanya 1,65 Persen [online]. (http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/15/03/12/nl3i58 jumlah-pengusaha-indonesia- hanya-165-persen, diakses tanggal 17 November 2015 Pukul 19.35 WIB).

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatf, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2010. Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatf, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suhanda, Andar dan Budiningsih, Asri. 2013. Perencanaan Kurikulum DI SMP NEGERI 3 SINGKAWANG. Jurnal Penelitian. Diterbitkan. Yogyakarta: PPs Universitas Negeri Yogyakarta. [Online]. (journal.uny.ac.id/, Diakses 09 Maret 2016 pukul 20.30 WIB).

Suharyadi. 2007. Kewirausahaan Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Dini. Jakarta: Salemba Empat

Sunyobroto, Sumardi. 1995. Metode Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Suryana, Yuyus dan Bayu, Kartib. 2010. Kewirausahaan. Jakarta: Prenada Media Group

Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Susilo, Joko. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Syaodih, Nana. 2001. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Syaodih, Nana. 2010. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Tim Depdiknas. 1999. Panduan Manajemen Sekolah. Jakarta: Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Trim, Bambang. 2010. Kids on Business: Vaksin Wirausaha untuk Ananda. Jakarta: PT. Tiga Serangkai Nusantara

Winarno, Agung. 2015. Model Pendidikan Kewirausahaan Adaptasi Kurikulum 2013 bagi SMK (Diskripsi Persiapan dan Hambatan Penerapan di Sekolah). Jurnal Penelitian. Diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang. [online]. (journal.um.ac.id/, Diakses 10 Maret 2016 Pukul 08.40).

Yin, Robert K. 2009. Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta: Penerbit Raja Grafindo Persada

Yuniati, Ratna. 2013. Program Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini Melalui Pendekatan Active Learning. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia. [online]. (http://repository.upi.edu/, Diakses 16 November 2015 Pukul 19.40).

Downloads

Published

2017-02-07

How to Cite

Subiantoro, M. D., & ., K. (2017). Manajemen Kurikulum Berbasis Entrepreneurship di SMA Muhammadiyah 9 Surabaya. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 1(1), 55–67. https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p55-67
Abstract views: 3761 , PDF Downloads: 5507