Keefektifan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p41-54Keywords:
keefektifan, kepala sekolah, kinerja guruAbstract
Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam organisasi sekolah sangat penting karena peran strategis kepala sekolah ikut mempengaruhi kinerja guru dalam pelaksanaan kegiatan Proses Belajar Mengajar (PBM). Sebagai pemimpinan pendidikan, kepala sekolah memiliki tugas dan tanggungjawab yang cukup berat. Keefektifan kepala sekolah dalam menerapkan fungsi-fungsi manajemen adalah ketepatan penerapan kemampuan kepala sekolah dalam melakukan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian serta pendayagunaan seluruh sumber-sumber pendidikan baik ketenagaan, dana, sarana dan prasarana termasuk informasi secara optimal, yaitu menunjukkan sejauh mana kepala sekolah melaksanakan tugas pokoknya secara baik dan benar untuk mencapai tujuan. Kinerja guru sangat terkait dengan efektifitas guru dalam melaksanakan fungsinya. Keefektifan guru dalam melaksanakan fungsinya, adalah guru yang efektif; 1) memiliki pribadi kooperatif, daya tarik penampilan, minat besar, pertimbangan dan kepemimpinan, 2) menguasai metode mengajar yang baik, 3) memiliki tingkah laku yang baik saat mengajar, 4) menguasai berbagai kompetensi dalam mengajar.
References
Depdiknas RI. 2013. Undang-Undang no. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Citra Umbara. Bandung
Efendi, A.R. 1997. Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan untuk Peningkatan Kualitas Sekolah Dasar. Malang: IKIP Malang
Effendi, A.R. 1997. Dasar-dasar Manajemen Pendidikan untuk meningkatkan kualitas Sekolah Dasar. IKIP University Press. Malang
Fatah, N. 1996. Landasan Manajemen Pendidikan. PT Remaja Rosda Karya. Bandung
Mantja, W. 2002. Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran. Malang: Wineka Media Menyukseskan MBS dan KBK. PT Remaja Rosda Karya. Bandung
Mulyasa. 2003. Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks. Remaja Karya.Bandung
Nawawi, H. 1995. Kepemimpinan Efektif. Gajahmada University Press. Jogyakarta.
Pidarta, Made. I. 1990. Perencanaan Pendidikan dengan Pendekatan Sistem. Rineka Cipta. Jakarta
Purwanto, Ngalim. 2003. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. PT Remaja Rosda Karya. Bandung
Sagala, S. 2005. Manajemen Berbasis Sekolah dan Masyarakat, Strategi memenangkan Persaingan Mutu. PT. Mimas Multima. Jakarta
Supriyono, R. 2000. Sistem Pengendalian Manajemen. BPFE. Yogyakarta
Suryosubroto, B. 2004. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Rineka Cipta. Jakarta
Syafaruddin. 2002. Manajemen Mutu Terpadu, Konsep strategi dan Aplikasi. Gramedia Sarana Indonesia. Jakarta
Thoha, Miftah. 2000. Kepemimpinan dalam Manajemen. Radja Grafindo Persada. Jakarta
Tilaar, H. A.R. 2001. Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional. Indonesia Tera. Jakarta
Uno, Hamzah. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta
Wahjosumidjo. 1999. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
The publisher publish and distribute the Article with the copyright notice to the JDMP with the article license CC-BY-SA 4.0.