Keefektifan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru

Authors

  • Muhamad Sholeh Program Studi S3 Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p41-54

Keywords:

keefektifan, kepala sekolah, kinerja guru

Abstract

Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam organisasi sekolah sangat penting karena peran strategis kepala sekolah ikut mempengaruhi kinerja guru dalam pelaksanaan kegiatan Proses Belajar Mengajar (PBM). Sebagai pemimpinan pendidikan, kepala sekolah memiliki tugas dan tanggungjawab yang cukup berat. Keefektifan kepala sekolah dalam menerapkan fungsi-fungsi manajemen adalah ketepatan penerapan kemampuan kepala sekolah dalam melakukan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian serta pendayagunaan seluruh sumber-sumber pendidikan baik ketenagaan, dana, sarana dan prasarana termasuk informasi secara optimal, yaitu menunjukkan sejauh mana kepala sekolah melaksanakan tugas pokoknya secara baik dan benar untuk mencapai tujuan. Kinerja guru sangat terkait dengan efektifitas guru dalam melaksanakan fungsinya. Keefektifan guru dalam melaksanakan fungsinya, adalah guru yang efektif; 1) memiliki pribadi kooperatif, daya tarik penampilan, minat besar, pertimbangan dan kepemimpinan, 2) menguasai metode mengajar yang baik, 3) memiliki tingkah laku yang baik saat mengajar, 4) menguasai berbagai kompetensi dalam mengajar.

References

Atmodiwirio, Soebagio. 2000. Manajemen Pendidikan Indonesia. Ardadizya. Jakarta

Depdiknas RI. 2013. Undang-Undang no. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Citra Umbara. Bandung

Efendi, A.R. 1997. Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan untuk Peningkatan Kualitas Sekolah Dasar. Malang: IKIP Malang

Effendi, A.R. 1997. Dasar-dasar Manajemen Pendidikan untuk meningkatkan kualitas Sekolah Dasar. IKIP University Press. Malang

Fatah, N. 1996. Landasan Manajemen Pendidikan. PT Remaja Rosda Karya. Bandung

Mantja, W. 2002. Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran. Malang: Wineka Media Menyukseskan MBS dan KBK. PT Remaja Rosda Karya. Bandung

Mulyasa. 2003. Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks. Remaja Karya.Bandung

Nawawi, H. 1995. Kepemimpinan Efektif. Gajahmada University Press. Jogyakarta.

Pidarta, Made. I. 1990. Perencanaan Pendidikan dengan Pendekatan Sistem. Rineka Cipta. Jakarta

Purwanto, Ngalim. 2003. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. PT Remaja Rosda Karya. Bandung

Sagala, S. 2005. Manajemen Berbasis Sekolah dan Masyarakat, Strategi memenangkan Persaingan Mutu. PT. Mimas Multima. Jakarta

Supriyono, R. 2000. Sistem Pengendalian Manajemen. BPFE. Yogyakarta

Suryosubroto, B. 2004. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Rineka Cipta. Jakarta

Syafaruddin. 2002. Manajemen Mutu Terpadu, Konsep strategi dan Aplikasi. Gramedia Sarana Indonesia. Jakarta

Thoha, Miftah. 2000. Kepemimpinan dalam Manajemen. Radja Grafindo Persada. Jakarta

Tilaar, H. A.R. 2001. Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional. Indonesia Tera. Jakarta

Uno, Hamzah. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta

Wahjosumidjo. 1999. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2017-02-07

How to Cite

Sholeh, M. (2017). Keefektifan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 1(1), 41–54. https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p41-54
Abstract views: 10417 , PDF Downloads: 8976