Studi Komparasi Kompetensi Profesional antara Guru Tersertifikasi Melalui Portofolio dan PLPG
DOI:
https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p24-33Keywords:
Kompetensi profesional, portofolio, PLPG.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kompetensi profesional antara guru tersertifikasi melalui portofolio dan PLPG di SMP Negeri se-kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 90 guru dari 116 guru tersertifikasi melalui portofolio, dan 166 guru dari 283 guru tersertifikasi melalui PLPG. Teknik pengambilan sampel menggunakan cara simple random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket yang analisis datanya menggunakan uji-t sampel independen pada program SPSS 21.0 for windows dengan taraf signifikansi 5% untuk mencari perbedaan antar kelompok. Dari hasil analisis data diperoleh hasil nilai signifikan kompetensi profesional guru sebesar 0.00 < 0.05, maka h0 ditolak, yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara kompetensi profesional yang dipersepsi guru tersertifikasi melalui portofolio dan PLPG, dimana guru tersertifikasi melalui portofolio memperoleh skor lebih tinggi.
References
Firdusiyah, Vila. 2012. Studi Komparasi Kompetensi Antara Guru Tersertifikasi dan Tidak Tersertifikasi Mata Pelajaran Matematika Tingkat SMP Negeri di Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. [Online]. (http//:library.walisongo.ac.id, diakses tanggal 20 Januari 2016).
Habiburrahman. 2007. Keefektifan portofolio guru dalam meningkatkan kinerja guru di sekolah nasional BUIN Batu. Tesis. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Jawa Pos. 2015. Kompetensi Guru Sertifikasi Rendah. 23 Februari [Online]. (JawaPos.com, diakses tanggal 1 Februari 2016).
Kartowagiran, Badrun. 2010. Revitalisasi Sertifikasi Guru Untuk Mewujudkan Tenaga Kependidikan Profesional [Online]. (http://staff.uny.ac.id, diakses tanggal 30 April 2016).
Khodijah, Nyayu. Kinerja Guru Madrasah dan Guru Pendidikan Agama Islam Pasca Sertifikasi di Sumatera Selatan [Online]. (http://download.portalgaruda.org, diakses pada tanggal 20 Januari 2016).
Malkab, Marnih, dkk., 2015. The Implementer Disposition of Teacher Certification Policy in Indonesia. International Education Studies. . [Online]. (http://perpusnas.go.id, diakses pada tanggal 18 Februari 2016).
Mulyasa. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurita, Rista. 2014. Studi Komparatif Kinerja Guru Tersertifikasi Melalui Portofolio Dan PLPG di SMAN se-Kota Cimahi [Online]. (http://repository.upi.edu/13463/, diakses pada tanggal 20 Januari 2016).
Payong, Marselus. 2011. Sertifikasi Profesi Guru Konsep Dasar, Problematika, dan Implementasinya. Jakarta: Indeks.
Peraturan menteri pendidikan nasional nomor 16 tahun 2007 tentang standar kualifikasi dan kompetensi guru.
Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005 standar nasional pendidikan.
Peraturan Pemerintah nomor 74 tahun 2008 tentang guru.
Rojali & Romadon, Risa Maulana. 2013. Panduan Sertifikasi Guru Berdasarkan Undang-undang Guru dan Dosen. Jakarta: Dunia Cerdas.
Sagala, Syaiful. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Alfabeta: Bandung.
Sardjunani, Nina. 2009. Peningkatan Manajemen Guru, Pendidikan Keguruan, dan Reformasi LPTK. Deputi Bidang SDM dan Kebudayaan BAPPENAS.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprihatiningrum, Jamil. 2014. Guru Profesional Pedoman Kinerja, Kualifikasi, dan Kompetensi Guru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Undang-undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen.
Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Wahyudi, Imam. 2012. Panduan Lengkap Uji Sertifikasi Guru. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
The publisher publish and distribute the Article with the copyright notice to the JDMP with the article license CC-BY-SA 4.0.