Implementasi Tipe Student TeamsAchievement Divisions (STAD) sebagai Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Manajemen PAUD
DOI:
https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p15-23Keywords:
Student Teams Achievement Divisions, Pembelajaran Kooperatif, Manajemen PAUDAbstract
Pada hakikatnya kegiatan belajar mengajar adalah proses komunikasi dan kerjasama. Dalam proses pembelajaran Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Prodi Manajemen Pendidikan diketemukan permasalahan berupa mahasiswa yang sulit memahami konsep Manajemen PAUD. Fokus penelitian ini adalah implementasi tipe STAD sebagai model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan pemahaman konsep Manajemen PAUD di Prodi Manajemen Pendidikan FIP Unesa. Subjek penelitian yaitu seluruh mahasiswa yang menempuh mata kuliah Manajemen PAUD Kelas A tahun ajaran 2014/2015. Rancangan penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan kegiatan pembelajaran Manajemen PAUD dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman konsep Manajemen PAUD yang dilakukan dengan tahapan: (1) presentasi kelas; (2) belajar kelompok; (3) kuis; dan (4) penghargaaan kelompok. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya persentase rata-rata pemahaman konsep Manajemen PAUD dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 62,5% pada siklus I, dan 87,5% pada siklus II.
References
Asrori, M. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika SD). Jakarta: Depdiknas
http://hdr.undp.org, (2014). Human Development Report 2014.
Lie, A. 2008. Mempraktikkan Cooperative Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta. Grasindo.
OConnel, S. 2007. Introduction To Problem Solving. Portsmouth: Heinemann.
Slameto. 1995. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto.1999. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Slavin, R. E. 2008. Cooperative Learning Teori Riset Dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003.
Wang, Tzu-Pu. 2009. Applying Slavins Cooperative Learning Techniques To A College EFL Conversation Class. The Journal Of Human Resource And Adult Learning, 5 (1), 112-120.
Wiyono, B. B. 2007. Metodologi Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan Action Research). Malang: FIP UM.
Wyk, M. M. 2012. The Effects Of The STAD-Cooperative Learning Method On Student Achievement, Attitude And Motivation In Economics Education. Journal Social Science, 33 (2), 261-270.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
The publisher publish and distribute the Article with the copyright notice to the JDMP with the article license CC-BY-SA 4.0.

