Implementasi Tipe Student TeamsAchievement Divisions (STAD) sebagai Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Manajemen PAUD

Authors

  • Syunu Trihantoyo Program Studi Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p15-23

Keywords:

Student Teams Achievement Divisions, Pembelajaran Kooperatif, Manajemen PAUD

Abstract

Pada hakikatnya kegiatan belajar mengajar adalah proses komunikasi dan kerjasama. Dalam proses pembelajaran Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Prodi Manajemen Pendidikan diketemukan permasalahan berupa mahasiswa yang sulit memahami konsep Manajemen PAUD. Fokus penelitian ini adalah implementasi tipe STAD sebagai model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan pemahaman konsep Manajemen PAUD di Prodi Manajemen Pendidikan FIP Unesa. Subjek penelitian yaitu seluruh mahasiswa yang menempuh mata kuliah Manajemen PAUD Kelas A tahun ajaran 2014/2015. Rancangan penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan kegiatan pembelajaran Manajemen PAUD dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman konsep Manajemen PAUD yang dilakukan dengan tahapan: (1) presentasi kelas; (2) belajar kelompok; (3) kuis; dan (4) penghargaaan kelompok. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya persentase rata-rata pemahaman konsep Manajemen PAUD dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 62,5% pada siklus I, dan 87,5% pada siklus II.

References

Asrori, M. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika SD). Jakarta: Depdiknas

http://hdr.undp.org., (2014). Human Development Report 2014.
Lie, A. 2008. Mempraktikkan Cooperative Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta. Grasindo.

OConnel, S. 2007. Introduction To Problem Solving. Portsmouth: Heinemann.

Slameto. 1995. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto.1999. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Slavin, R. E. 2008. Cooperative Learning Teori Riset Dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003.

Wang, Tzu-Pu. 2009. Applying Slavins Cooperative Learning Techniques To A College EFL Conversation Class. The Journal Of Human Resource And Adult Learning, 5 (1), 112-120.

Wiyono, B. B. 2007. Metodologi Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan Action Research). Malang: FIP UM.

Wyk, M. M. 2012. The Effects Of The STAD-Cooperative Learning Method On Student Achievement, Attitude And Motivation In Economics Education. Journal Social Science, 33 (2), 261-270.

Downloads

Published

2017-02-07

How to Cite

Trihantoyo, S. (2017). Implementasi Tipe Student TeamsAchievement Divisions (STAD) sebagai Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Manajemen PAUD. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 1(1), 15–23. https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p15-23
Abstract views: 743 , PDF Downloads: 832