Corporate Vocational School: Strategi Antisipatif Menghadapi Pengangguran Lulusan SMK dalam Perspektif Bonus Demografi

Authors

  • Tarma . Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p1-6

Keywords:

Pengangguran, SMK, Corporate Vocational School

Abstract

Pengangguran merupakan salah satu ancaman menjelang fenomena bonus demografi. Institusi pendidikan vokasi bertanggung jawab mengantisipasi hal tersebut. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang diharapkan menjadi solusi, justru menempatkan lulusanya menjadi kontributor terbesar pengangguran sebesar 11,19% (data BPS tahun 2013). Pengangguran lulusan SMK disebabkan oleh kesenjangan antara tenaga kerja dengan kebutuhan penyedia lapangan pekerjaan. Untuk itu diperlukan "corporate vocational school", yaitu konsep sekolah kejuruan yang dimiliki perusahaan serta terintegrasi dan in line dengan manpower planning yang ada di perusahaan tersebut. Konsep "corporate vocational school" merupakan down grade dari konsep "corporate university" yang sudah lebih dulu eksis. Dalam corporate vocational school, bidang keahlian yang dipelajari sesuai dengan core business perusahaan. Kultur akademik terintegrasi dengan kultur kerja perusahaan. Model pembelajaran dirancang dengan work real life based. Standar lulusan sesuai dengan kriteria minimal atau job requirement dari posisi pekerjaan yang telah diproyeksikan sebelumnya. Sehingga lulusan dari sekolah ini langsung dapat diserap serta langsung tune in dengan pekerjaan.

References

Allen, M. (2010). The Corporate University Handbook. [Online]. Tersedia di http://www.globalccu.com/images2010/globalccu-ebooks/the-corporate-university-handbook.pdf.

Badan Pusat Statistik. (2014). Laporan Bulanan Data Sosial Ekonomi. Jakarta: BPS.

Dufour, B Dan Wargnier, J. (2010). Corporate University. Auchan: Crossknowledge Company.

Engkoswara Dan Komariah, A. (2010). Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Konadi, W Dan Iba, Z. (2011). Bonus Demografi Modal Membangun Bangsa Yang Sehat Dan Bermartabat. Majalah Variasi Vol. 2 No.6 Hal 18-23.

Rothwel, W.J Dan Kazanas, H.C. (2003). Planning And Managing Human Resources. Massachusetts: Human Resource Development Press, Inc.

Saud, U.S Dan Makmun, A.S. (2011). Perencanaan Pendidikan. Bandug: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2017-02-07

How to Cite

., T. (2017). Corporate Vocational School: Strategi Antisipatif Menghadapi Pengangguran Lulusan SMK dalam Perspektif Bonus Demografi. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 1(1), 1–6. https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p1-6
Abstract views: 657 , PDF Downloads: 990